8 cara menjadikan kamu seorang Blogger

8 CARA UNTUK MENJADIKAN KAMU SEORANG BLOGGER PROFESIONAL




1. MENULIS KONSISTEN

ME-NU-LIS! Semua orang dipastikan bisa menulis. Tapi untuk bikin kamu konsisten dalam menulis, tentu gampang-gampang susah, bahkan terdengar membosankan. Tapi logikanya, kalau artikel kamu yang cukup baik itu, tapi hanya kamu tulis dan share di blog dalam sebulan hanya 3-4 artikel, saya beranijamin kalau kamu tidak kan terlihat sebagai Bloggr profesional, tetapi lebih kepada iseng bikin dear diary
Intinya adalah, konsisten dan berkomitmenlah dalam menulis dan menelurkan sebuah artikel dengan isi yang berbobot.


2. BERTEMAN AKRABLAH DENGAN SEO

Kamu pasti tahu kan siapa Google?!? Google itu ibarat Doraemon-nya SEO. SEO tidak harus rumit untuk kita bentuk. Buat saja judul postingan kita yang mudah untuk dikaitkan dalam pencarian mesin Google, seperti : (berbagi resep membuat cake cokelat?) Pikirkan tentang apa yang kamu cari jika kamu sedang mencari resep kue cokelat. Pasti kamu langsung akan mengetikkan 'resep kue cokelat'.
Kemudian, tambahkan dalam sebuah paragraf tentang posting juga.

3. GET ON SOCIAL MEDIA

Bermainlah dengan akun medsos kamu. Bisa dengan men-share artikel kamu, menggunakan hashtag, atau memberi link di instagram kamu setelah meng-upload foto menarik. 

4. JADILAH KOMENTATOR

Anggap kamu adalah komentator sebuah acara. Keluarkan komentar kamu, jangan mendiam membisu hanya melakukan blogwalking saja. Serius, ini mungkin saja hal terbaik yang dapat kamu lakukan. Saya menyebutnya jatuh ke lubang kelinci. Mulailah menulis komentar di salah satu blog, mengklik ke blog lain (baik melalui mengklik salah satu link komentar-pembuat, atau melalui blog roll). 

5. BUATLAH KONTEN YANG SERING DIBAGIKAN

Saya yakin kamu pernah melakukannya sendiri sebelumnya; menemukan sebuah posting-an blog yang benar-benar menarik, berguna, bahkan lucu, dan kemudian kamu share di medsos kamu / ke teman-temanmu. Bayangkan jika yang dibagi adalah konten blog tulisan kamu sendiri, pasti selain senang juga bangga dong!

6. KETUK PINTU 

Hubungi beberapa blog favorit kamu dan tanyakan apakah mereka memperkenalkan posting tamu? Dengan cara itu pembaca mereka akan mengenal Anda, dan mungkin ingin mengenal Anda lebih baik pada blog Anda.

7. BUATLAH TANTANGAN

IDE! Buatlah tantangan baru dan unik bagi para pembaca Blog kamu. Ini bisa menjadi tantangan blogging, atau bisa menjadi sesuatu hal yang baru, seperti tantangan Foto A Day (buatan saya). Dengan adanya tantangan tersebut, membuat banyak orang yang memiliki minat photography  selain memperkenalkan hasil karya, juga membuat teman-teman baru melalui berbagi foto. 

8. MENCIPTAKAN FACEBOOK MENJADI 'RUMAH KEDUA'

Jadikan Facebook menjadi salah satu pilihan 'rumah' artikel yang kamu buat untuk menjadi terasa 'homey'. Dengan bantuan daftar teman yang kamu punya, artikel kamu akan lebih diingat oleh teman-teman dekat kamu. Terlepas dari siapa kamu, tidak terlalu terkenal di kalangan teman kamu, tapi dengan menaruh 'sesuatu yang cantik' di facebook kamu, setidaknya akan membuat teman baru akan lebih berminat mengenal diri kamu dan 'rumah Blog' kamu lebih jauh.

15 Comments

  1. Menjadi seorang blogger memang kudu rajin nulis dan konsisten. Harus jeli dalam merangkai kata hingga tulisan kita tetap menarik sampai kata terakhir. Bete bgt kalau baca blog yg bosanin wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget. Tapi kembali lagi sama 'ide'. Kadang yah namanya ide Banyak, tapi Pas dihadapkan sama keyboard langsung mati Gaya..hehhee...

      Jadi memang saat Ada use them blog, bisa kita tulis dulu Di notes hp 😊

      Delete
  2. Newbie langsung catet dan absen di sini. TFS ya, salam kenal :)

    ReplyDelete
  3. Thanks!!!...I love your writing style :)...Salam kenal ya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh alhamdulillah kalo suka :)
      Salam kenal juga...

      Delete
  4. Aku lagi berusaha konsisten menulis nih hihi

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
  5. Hi Lana,

    Aku baru mulai blogging lagi.. bener banget masalah terbesarku konsistensi.. bwt aku paling bisa nulis 1 blog post/ week, ini aja udah lagi aku usahakan banget untuk konsisten 1 post/week. Emangnya idealnya 1 minggu itu berapa post ya?

    Thanks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Karina :)

      Sebenarnya sih nga ada rumus 'patokan' pasti harus posting artikel berapa/ hari.
      Hanya saja, bila blog usianya masih muda (masih 6 bln), disarankan memang selama 3 bln berjalan setidaknya 1 post/ minggu.

      Hal tsb untuk membantu alamat blog kita di "lock di mesin pencarian Google".

      Dan rumus pasti lainnys, setiap bikin Judul blog post: jangan panjang2.hehehe....
      Sertakan pula keyword di dalam judul, agar kalau orang2 googling, bisa nyangkut di blog kita.

      Delete
  6. Kangeeeeeeennnn Lanaaaa, blognya makin kerennn euuuy. Blogger pertama yang bikin saya tertarik memperbaiki tampilan blog yaaa Lana Louie hehehe. Thank you for writing a lot of things who make me feel alive 😍.

    Lama gak gangguin komen disini hihihiiii. Misa youuu Lanaaa 😘😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo jenk Dira.
      Eike juga kangennnn nempel kepoin blog diraindi 💕

      Kapan night Kita collabs. Direncanain dari tahun lalu, tapi belum jadi-jadi buat eksekusi.hihihi...

      Keep in touch ya jenk.😘

      Delete
  7. Makasih sharingnya mbk. Izin bookmark. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
  8. Thank you for sharing Mbaaak :)
    This is super useful for me as newbie ehhehe padahal udah 2 tahun www.dessydonat.com tapi kok DA PA mampet aja gitu di 1, hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Salam kenal :)
      Ayo ayo blog-nya mulai lelebih disayang Dan dipercantik lagi.

      Semisal mumpung masih awal 2018, utak-atik ganti template blog biar ada suasana baru. Mudah2an jadi mood booster nulis blog-nya lebih rajin 😊

      Delete

Hi there, thanks so much for taking the time to comment.
If you have a question, I will respond as soon as I can.

Dont be afraid to shoot me an email! If you have a blog, I will pop on by :)