Top Social

Bebas Anemia In Harmony Clinic

Thursday, 9 June 2016

Picture source : http://www.empowher.com/mental-health/content/how-does-anemia-affect-mental-health
ANEMIA! 
Siapa yang tidak tahu anemia? Penyakit umum yang sudah menjadi penyakit trend di kalangan para pria dan wanita kantoran dengan waktu kerja padat tanpa mementingkan kesehatan, walau tidak dipungkiri untuk ibu rumah tangga, bahkan hingga anak sekolah pun sudah sering kita dengar terkena anemia. Anemia sendiri juga merupakan penyakit yang sering dirasakan oleh penduduk di negara berkembang.

Mungkin buat sebagian orang anemia hanyalah masalah kecil yang bisa diobati dengan istirahat sejenak. Tapi tahukah kamu apa itu Anemia sebenarnya dalam ilmu kesehatan, dan bagaimana mencegahnya agar kamu tidak terserang anemia dalam keseharian kamu?

Sebelumnya akan saya ceritakan apa Anemia itu sendiri. 
Anemia itu adalah dimana kondisi tubuh kita kekurangan sejumlah sel darah merah (hemoglobin), dimana menurut teori ilmu kesehatan, sel darah merah memiliki fungsi mulia untuk mengantarkan suplai oksigen dari paru-paru dan mengedarkannya ke seluruh tubuh kita. Tetapi, bila suplai darah merah tersebut berkurang, maka tidak heran bila kita akan merasakan tubuh kita menjadi cepat lelah, letih dan lesu. lesu, wajah terlihat pucat, gelisah dan bahkan hingga merasa sesak nafas. 

Biasanya penyebab umum terserangnya Anemia ini karena kita kekurangan asupan zat besi, kekurangan vitamin B12, vitamin C (vitamin C membantu penyerapan zat besi dalam tubuh), kondisi kekurangan asam folat, terlalu banyak mengkonsumsi kafein yang terkandung pada kopi, teh, dan anggur merah, atau bisa disebabkan juga karena terjadinya pendarahan di usus, reaksi transfusi darah yang tidak cocok, faktor genetik serta adanya gangguan sumsum tulang, gagal ginjal hingga penyakit kronis lainnya.
Biasanya mereka yang memliki tekanan darah rendah, cenderung terkena anemia dengan tekanan darah berkisar 90/80 mmHg. Sakit anemia ini kebanyakan terjadi pada wanita bila dibanding dengan pria. Mengapa? Karena hal ini dilatar belakangi bahwa wanita memiliki tingkat sensitif dan kecenderungan hormon yang seringkali mudah berubah disebabkan datang bulan, kehamilan dan asupan gizi yang kurang terpenuhi saat kondisi tersebut. Khusus bagi wanita yang mengalami perdarahan hebat saat menstruasi, maka disarankan untuk dilakukan pemeriksaan dan pengobatan segera agar tidak menimbulkan anemia kronis dan resiko lainnya.

Anemia sendiri tergolong penyakit yang tidak berat atau berbahaya. Hanya saja bila terkena anemia akan cukup menggangu aktifitas harian kita.
Jadi, bila anda ingin terjauh dari penyakit anemia, perhatikanlah asupan yang seimbang dan bergizi. Jangan lupa untuk mengkonsumi buah-buahan segar 1-2 hari sekali, agar badan anda selalu fit. 

Tidak lupa untuk selalu rutin untuk melakukan check-up kesehatan anda secara berkala di Harmony Clinic minimal 1 atau 3 bulan sekali agar anda tahu kondisi tubuh anda secara menyeluruh. Dan bila terdapat gangguan pada kesehatan Anda, Harmony Clinic dapat membantu untuk tindakan preventif (pencegahan) dan kuratif (pengobatan) dengan segera dan tepat dalam anamnesa dan tindakannya. 

Protected by Copyscape
3 comments on "Bebas Anemia In Harmony Clinic"
  1. Dulu aku ngiranya anemia tu cuma penyakit biasa yg bikin orang kliyengan aja gtu, dan kukira akan sembuh sendiri dgn istirahat. Baru tau ternyata kalau sangat berbahaya, utamanya kalau anemianya saat hamil. Moga gak pernah terulang lagi :D

    Salam kenal Mbak Lana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami-sami Mbak April, salam kenal kembali :)
      Semoga saling tukar info kesehatan, bisa bikin kita aware sama kesehatan diri dan keluarga.

      Delete
  2. Aku juga anemia, mudah sekali lelah, kepanasan malah pusing
    Iya, ngeganggu banget, padahal istirahat bentar atau minum hangat, sudah fresh lagi

    ReplyDelete

Hi there, thanks so much for taking the time to comment.
If you have a question, I will respond as soon as I can.

Don't be afraid to shoot me an email! If you have a blog, I will pop on by :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature