Top Social

Inner Healing for my soul

Friday, 23 September 2016
Dimulai semenjak hari Sabtu (minggu kemarin) saya pelan tapi pasti sudah berniat untuk melakukan self therapy. Self therapy disini dalam artian : 'berdamai dengan masa lalu'. Berdamai dengan masa kecil Lana yang tidak lengkap seutuhnya saat sedang dalam tahap tumbuh-kembang'.

Jangan tanyakan masa kecil apa saja yang sempat saya lewati. Hampir semua yang saya alami dulu mendominasi memori Lana kecil dan melahirkan kesimpulan bahwa Lana dewasa belum berdamai dengan Lana kecil.



  1. Di saat semua teman-teman di jemput oleh orangtua di sekolah, dan saya pulang sendiri.
  2. Di saat pertama kali Lana kecil mendapat menstruasi dengan 'kepolosannya', tidak ada yang memberitahu apa itu arti 'darah' yang menempel di underwear.
  3. Di saat kenaikan kelas dan orangtua diminta hadir untuk mengambil raport, dan rapot saya pun diwakilkan diambil oleh Ibu tetangga depan rumah.
  4. Di saat saya mengikuti kemping Pramuka sewaktu SD, semua teman-teman diantar orangtuanya, dan saya sendiri.
  5. Di saat saya mengikuti lomba, anak-anak yang lain diberi support dengan ditemani lomba, dan saya sendirian bersama Bapak guru wali kelas.
  6. Di saat saya akan di wisuda, jangan tanya betapa iri-nya saya pada teman-teman yang ditemani kedua orangtuanya dengan perasaan penuh bangga (tapi setidaknya saya bahagia, di hari wisuda, sejak shubuh saya ke salon sendiri, dan jam 7 pagi Papa mejemput saya di salon. Saat melihat putrinya yang sudah selesai dandan dan sanggulan, wajah Papa terkesima dengan betapa cantiknya putri kesayangannya mengenakan kebaya putih).
  7. Dan di saat saya untuk pertama kali meninggalkan kota Bandung dan berkarir di Ibu kota, saya pun pergi sendiri membawa beberapa koper dan menaiki travel sendirian dan mencari kost-an dibantu oleh Kakak perempuan dan pacar (yang kini menjadi suami).
  8. Dan terberat, saat saya akan menikah. Momen persiapan yang membuat saya merasa menjadi calon pengantin multitasking (serasa jadi calon pengantin iya, menjadi Ibu sang calon pengantin Wanita juga iya & bahkan merasa juga jadi Ibu calon pengantin Pria-nya).
Dari semua itu, semua perjalanan saya selama 21 tahun ditinggal Mama, membuat saya yakin bahwa (belum) ada 1 pun mimpi besar saya terwujud. Apapun yang sedang dan telah saya lakukan di masa lalu, itu semua saya lakukan dan laksanakan atas perintah dan tanda bakti saya kepada Papa--satu-satunya orangtua yang saya miliki hingga saat ini beliau berusia 74 tahun tanpa pendamping hidup. Tapi dari semua itu saya tetap berusaha untuk bersyukur dengna hal-hal baik yang saya dapatkan selama ini.

Dan tampaknya sebulan setelah ulang tahun saya 1 bulan lalu, saya seperti diberi tamparan oleh diri saya sendiri, bahwa (mungkin) ini saatnya, saat dimana usia saya sekarang menginjak 31 tahun adalah waktu yang pas untuk saya menemukan kebahagiaan saya, jati diri saya sendiri yang belum pernah saya kenal sebelumnya.

Semalam saya sempat berbincang dengan suami saya dengan pertanyaan-pertanyaan yang keluar dari kepala saya :
  1. Saya itu ke depannya akan menjadi apa
  2. Apa cita-cita saya? Karena pilihan jurusan perkuliahan & cita-cita karir saya di masa muda sudah tidak bisa saya kejar karena terhalang umur dan waktu tidak bisa mundur ulang kan?
Semakin usia bertambah, semakin waktu berjalan, membuat saya beberapa hari terakhir ini untuk sejenak melakukan terapi 'mendiamkan semua yang ada di sekeliling saya'. Ibarat sih seperti yang tergambar di beberapa film, dimana saat saya bergerak tapi saya bisa memberhentikan sejenak alam / lingkungan sekitar. Disitu saya bisa memperhatikan orang lain berjalan, air mukanya, buku yang sedang ia baca.

Sepertinya saya butuh hal itu saat-saat ini untuk membuat saya mengeyampingkan sejenak rasa lelah fisik dan mental saya yang sudah menumpuk dan sebentar lagi akan meledak.
Dan di saat momen itu datang, saya berharap semua berjalan dengan tenang tanpa ada 'drama' lainnya dari keluarga, karir dan mertua. Wish me luck!

Enjoy your days!
Post Comment
Post a Comment

Hi there, thanks so much for taking the time to comment.
If you have a question, I will respond as soon as I can.

Don't be afraid to shoot me an email! If you have a blog, I will pop on by :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature