Top Social

Resep ayam Bonchon ala Korea

Friday, 23 September 2016

Ayam Bonchon kw ala Chef Nyonya Lana.

Ceritanya mau pamer..hwehehe..
2 bulan lalu baru praktek untuk pertama kalinya bikin ayam Bonchon kw, karena suami tercinta lagi ketagihan makan ayam Bonchon (saya juga doyan sih).hehe..
Sebenarnya ingin posting, tapi selalu lupa terus, dan hari ini karena rasa lapar dan bingung mau makan enak apa weekend kali ini, dibukalah album Wisata kuliner saya dan suami dan ketemulah dengan gambar melezatkan satu ini.

Dengan segenap bumbu dadakan di lemari tanpa persiapan, padahal ayamnya juga 'sedikit' udah rada bau karena sempet diluar kulkas 4 jam, tapi berhasil juga bikinnya (dan jadinya nga bau).

Pas ngeliat suami makan ayam Bonchon kw bikinan Nyonya untuk pertama kalinya, rada dagdigdug...dan...allhamdulilah berhasil katanya!!!
Kulit ayamnya yg lepas saat dimakan, rasanya, teksturnya mirip sama Bonchon asli, tinggal kurang 'rada lama dikit' ngungkep bumbu saus lapisan luarannya. Seharusnya masih aku udek-udek di teflon 10 menit lagi biar ngeresep garing bumbunya. (*next deh...praktek lg pake wings chicken).

Dan ini resep ayam bonchon-nya ya.

Bahan-bahan :
  • 1/2 kg sayap ayam potong jadi 2 bagian
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1/2 sdt bubuk merica
  • garam secukupnya
  • 3 siung bawang putih, di cincang halus
  • 2 sdm saus tomat
  • 1 sdm saus tiram
  • 4-5 sdm saus sambal
  • 2 sdm madu
  • 1 sdt air jeruk lemon
Tahap pertama :
1. Sayap ayam yang sudah di cuci bersih, lalu dipotong 2 dan diberikan perasan jeruk nipis, diamkan 10 menit agar meresap. Setelah itu lumuri dengan garam dan bubuk merica.
2.  Setelah itu campurkan tepung maizena di ayam dengan di tekan-tekan dan masukkan ke dalam kulkas. Diamkan sekitar 20-30 menit agar tepung menempel. 

Tahap kedua :
1. Siapkan baskom. Campur Tepung terigu 500 gram + tepung maizena 100 gram + merica bubuk + kaldu bubuk 1 bungkus (kalau saya pakai royco rasa sapi 1 bungkus kecil). Aduk semua bahan dengan merata.
2.  Di tempat terpisah, siapkan air matang di mangkok.
3.  Ambil saya ayam dari dalam kulkas dan campurkan ke dalam campuran tepung. Gulirkan ayam tersebut hingga tercampur tepung.
4. Satu per satu ambil sayap ayam, masukan ke mangkok berisi air tadi lalu kembalikan ke mangkok tepung kering. Guling-guling kembali dan remas/tekan terigu yang menempel pada ayamnya.
5.   Lalu goreng di minyak panas dengan api sedang.
6.  Tiriskan ayam dan diamkan selama 10 menit hingga minyak ayam terlepas.
7.  Goreng ulang lagi ayam yang sudah ditiriskan tadi untuk kedua kalinya, goreng di api sedang hingga warna goldnya keluar dan terasa kering dan garing. Lalu angkat dan tiriskan.

Tahap ketiga :

1.  Sambil menunggu ayam gorengan kedua mengering, di wajan terpisah, tumis bawang putih hingga harum, masukkan saus tomat, saus tiram, saus sambal, madu, merica, gula + garam (beri garamnya sedikit saja karena sudah diberikan madu dan saus tiram yang rasanya sudah manis & gurih), kemudian aduk rata.
2.   Langkah terakhir, masukkan ayam yg sudah digoreng 2x ke dalam saus diatas. Tambahkan air jeruk lemon dan aduk rata kembali hingga madunya tercampur rata di seluruh permukaan ayam goreng.
3.  Angkat dan sajikan selagi hangat dengan nasi putih ataupun kentang goreng.
Tips : karena seharusnya ayamnya direndem jeruk lemon, tp lemonnya nggak ada, jadi sempet aku rendem pake nutrisari jeruk yg nangkring di kulkas. Alhasil rasanya malah wenakkkkk...


Post Comment
Post a Comment

Hi there, thanks so much for taking the time to comment.
If you have a question, I will respond as soon as I can.

Don't be afraid to shoot me an email! If you have a blog, I will pop on by :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature