Rekomendasi Dokter Kandungan di Bandung


Selamat sore Mommies dan calon Mommies (amin).

Kali ini saya akan sedikit sharing tentang Nama-nama Dokter handal dan ternama di Bandung khusus Spesialisasi Kandungan dan juga fertilitas. Dan untuk informasi perihal nama-nama Dokter ini saya tulis berdasarkan informasi yang sudah terdapat di internet & saya tambahkan pula dari hasil saya mendapat informasi dari teman-teman seperjuangan (yang sedang Program hamil) dan juga dari pengalaman saya pribadi bertemu dan melakukan pemeriksaan dengan beberapa Dokter di kota Bandung.

Dalam pemilihan Dokter Kandungan, tidak bisa seperti kita mendadak mengunjung Dokter Umum disaat kita demam tinggi. Karena kita ketahui bersama bahwa Dokter umum tersebar cukup banyak di RS, klinik bahkan laboratorium. Sedangkan untuk Dokter kandungan sendiri, kita harus melakukan pemilihan dengan seksama. Kenapa? Karena Dokter Kandungan akan menjadi teman setia kita di kala kita menjalani moment paling berharga bagi seorang wanita yaitu 'Program Hamil / pun proses Kehamilan'. Untuk hal satu ini, keseriusan dan kejelian kita dalam memilih Dokter handal amat sangat penting demi keselamatan dan kesehatan kita serta janin kita tentunya.

Selain itu, selama 9 bulan kita mengandung, kita harus terus berhubungan dengan dokter kandungan tersebut. Oleh sebab itu dalam memilih dokter kandungan harus yang dapat membuat kita merasa nyaman, informatif dan sangat membantu kita (khususnya kita yang mengandung anak pertama).
Nah, berikut saya sharing rekomendasi beberapa dokter kandungan yang berada di Kota Bandung.

1. Dr. Sofie Rifayani, SpOG
Dr. Sofie merupakan dokter senior dan sudah berpengalaman. Beliau juga adalah Seorang Profesor lulusan FK UNPAD. Selama saya menjalankan Program Hamil bersama beliau, beliau cukup ramah, murah senyum, dan senang bila kita rajin mengikuti saran hidup sehat dari Bu Dokter. Selain itu cukup komunikatif dan cukup teliti. Fyi saja, beliau seorang muslim yang kalau dari info tetangga saya, beliau rajin mengikuti ke pengajian. Bagi saya yang di didik oleh Ayah untuk selalu berpegang segala sesuatunya pada agama, membuat hati saya makin cocok dan mantap memilih Dokter Sofie sebagai dokter untuk program hamil saya.
Ditambah lagi dengan ke-profesionalitas-an beliau, ada saja selipan wejangan agama dimana kita selain dianjurkan hidup sehat tetapi juga tetap berdoa dan meminta kepada Allah SWT.
Dokter Sofie sendiri juga Pro ASI, sering memberikan saran agar kita semangat memberikan ASI eksklusif setelah melahirkan.
Untuk tempat prakteknya & karakter beliau selama berinteraksi dengan pasien, silahkan cek di link Program Hamil ini.

2. Dr. Med. Tarmin Soetandi, SpOG. 
Tempat prakteknya di apotik Revita Jl. Cihampelas (seberang Hotel Grandia) dan termasuk Dokter Senior, sama dengan Dokter Sofie dan Dokter Maximus. Dokternya baik banget, teliti, kalem, santai tidak membuat kita panik. Harus sabar nunggunya karena pasiennya banyak banget. dr. Tarmin sangat pro normal. dr. Tarmin sangat di rekomendaasi untuk wanita yang ingin program hamil, beliau juga dikenal bisa menyembuhkan kista tanpa harus dioperasi.

3. Dr. Hanny Rono Sulistyo, SpOG
Tempat prakteknya di RSB Hermina, di RS Sentosa. Dr.Hanny terkenal sebagai dokter yang baik, ramah, santai komunikatif. Pasiennya sangat banyak sehingga kita harus mengantri lama untuk konsultasi. Beliau sering memberikan nasihat, sering mengingatkan untuk sholat (bagi yang muslim) dan suka memberikan bacaan doa untuk kesehatan bayi. Saat kontrol beliau menggunakan USG 4D. Tidak memberikan banyak pantangan, yang penting kita senang dan sehat. Pada saat proses persalinan dr. Hanny akan berdoa dan memandu kita untuk berdoa juga, ini yang membuat kita merasa tenang sehingga persalinan terasa lancar. Untuk persalinan dr. Hanny sering menggunakan metode balon untuk mempercepat bukaan.   

4. Dr. Mulya A Ritonga, SpOG (K)
Bagi yang mengikuti cerita perjuangan Promil saya di klinik Aster, pasti saya sangat sering menyebut nama Dokter Mulya. Beliau adalah Dokter (spesialist Obygn) yang memiliki pengalaman mumpuni dalam mengobati pasien dengan PCOS syndrome seperti saya. Saya mengikuti promil bersama beliau dengan program penelitian. Dimulai sejak pertengahan Januari 2016 saya menjalankan Promil dengan fokus dan tidak berganti / berpindah ke Dokter lain, karena sejak pertama konsul awal, saya sudah sangat sreg dengan pembawaan beliau yang sangat jelas dalam menerangkan, tidak terburu-buru, ucapannya selalu memberi sisi positif agar kita tidak cepat menyerah, murah senyum, dan terutama Beliau sangat pakar dalam menangani kasus PCOS. Itulah alasan kuat saya ajeg untuk Promil dengan beliau.

5. Dr. Maximus Mudjur, SpOG
Tempat prakteknya di Jl. Cilaki dan poli kandungan RS Boromeus (pagi). Dokternya ramah, suka menyapa pasiennya duluan. Tempat prakteknya yang di Jl. Cilaki bagus banget, suasananya kayak tempat spa, ada musik-musik klasik yang membuat kita jadi rileks. Beliau jarang memberikan obat yang macam-macam termasuk obat anti mual sekalipun. Dr. Maximus pro normal, IMD, dan ASIX sejak bayi lahir. Jika pasiennya banyak bertanya beliau cukup kooperatif menjawabnya.

6. Dr. Widiyastuti, SpOG
Tempat prakteknya di Kimia Farma, Merdeka dan RS Melinda. Dr. Widiyastuti orangnya ramah, saat menjelaskan sangat detail. Walaupun pasiennya banyak dan ngantrinya sangat lama, dia tidak terburu-buru. Untuk USG, dia lebih concern ke detak jantung, plasenta, dan ketuban. Hal ini yang kadang tidak dilakukan oleh dokter yang lain. Dr. widiyastuti ini pro normal dan IMD, selalu memberikan motivasi agar bisa normal tidak memaksakan untuk sesar, dia hanya menyarankan sesar untuk kasus tertentu. 

7. Dr. Hanom Husni Syam, SpOG, Mkes
Tempat prakteknya di RSIA Hermina dan RSB Melong Asih. Dokternya masih muda, ganteng, sangat ramah dengan pasiennya. Dia tidak pernah men-judge pasien dengan diagnosa yang tidak-tidak. Dalam hal pemberian obat dan vitamin semasa hamil, dia sangat teliti dan sangat memikirkan ibu dan perkembangan bayi di dalam kandungannya.

8. Dr. Tina Dewi Judistiani, SpOG
Tempat prakteknya di Hermina. Orangnya baik, ramah, sangat informatif banyak menjelaskan hal-hal yang kita tidak ketahui tanpa kita tanya terlebih dahulu, saat menjelaskannyapun cukup detail akan tetapi terkadang terlihat jutek. Selain sebagai dokter beliau juga seorang dosen jadi menjelaskan jelas dan logis. Berbeda dengan dokter yang lain, Dr. Tina memberikan hasil USG nya dua lembar. Dr. Tina pro ASI, IMD, ASIX.

9. Dr. Surjati Gartini SpOG
Tempat prakteknya di RS Hermina dan RS TNI-AD Sariningsih. Orangnya sangat ramah, keibuan, murah senyum, sabar dan baik banget tetapi tegas, disiplin, rapi dan tidak bermain-main dengan pekerjaannya. Kalau ada perawat yang ngaco, beliau tidak segan-segan untuk membentak yang bersangkutan.

10. Dr. Supriadi Gandamihardja, SpOG
Tempat prakteknya di Kimia Farma Cihampelas dan RS Santosa. Dokternya sangat baik dan kalem. Tidak terlalu banyak ngomong, jadi kita harus aktif bertanya dulu baru dia menjawab. Dr. Supriadi tidak suka menakuti pasien, dia juga tidak banyak memberikan obat hanya sesuai dengan kebutuhan pasiennya. 
  
11. Dr. Tono Djuwantono, SpOG
Tempat prakteknya di RS Limijati. Dokternya sangat enak diajak ngobrol, sangat helpful . Beliau juga spesialis obgyn fertilitas, biasa menghadapi pasien yang sulit mempunyai keturunan.

Semoga informasi yang tidak seberapa ini, bisa sedikit bermanfaat bagi kita semua yang sedang mencari info Dokter handal untuk Program hamil maupun perawatan kehamilan serta untuk mempersiapkan kelahiran kita kelak.





OPEN PO BUKU MERINDU
Bagi yang ingin memesan Buku ini silahkan email ke : lannatika@gmail.com

37 Comments

  1. Woaa tfs ya meskipun saya sekarang di Cimahi, move on dari Bandung^^ Alhamdulillah selalu dapet Dokter yang tenang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama :)
      Wahh orang Cimahi ya. Hehhe..
      Salam ya untuk Ibu Itoch, Ibu walikota tercinta hehehee..

      Delete
    2. Untuk d cimahi promil yg recommend kmana ya

      Delete
  2. Untuk Dr.Anna Fachruriyah Sy kurang rekomended..Klo buat Sy mah dktetnyad agak galak..hari ini Sy nyoba kesana berdasarkan rekomendasi nya.. ternyata oh ternyata..sampai di akhir kalimat kalinka negatif masih keluar dari dokternya Hehe..Klo buat Sy mah kurang cocok...kapok kesana lagi..dah dua kali ke Hermina Arcamanik dapat 2 dokter kandungan yg Blum cocok di hati..jadi balik lagi ke RS bersalin Kartini bersama dokter Oni yang kalem dan menenangkan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh makasih banyak ya Mbak atas info, koreksi, Dan testimonial-nya.
      Nanti Saya coba edit kembali artikel ini kalau begitu.

      Pengalaman Mbak ini jg bermanfaat bagi kami-kami para istri dan wanita yg juga sama2 sedang berjuang program hamil :)

      Jangan patah semangat ya Mbak, Saya jg pernah seperti Mbak, harus bertemu dengan Dokter yg kurang sreg dulu, sampai pada akhirnya bertemu Dokter yg adem ๐Ÿ˜Š

      Delete
    2. Dr. Oni galak sama aku, jadi ke Hermina atau KMC kalau konsultasi...

      Delete
    3. Saya lahiran dengan dokter anna.. mulai dari promil, alhamdulillah baik.. asyik, mau menjawab pertanyaan walaupun pasiennya selalu ngantri panjang.. positif vibes, apalagi suaminya jg dokter anak.. jd konsul perihal promil, awal semester, sampai sudah melahirkan pun, dan pasang IUD, beliau cukup kooperatif.. tidak banyak pantangan jg.. kesan yang berbekas sekali saat proses lahiran di ruang bersalin, ada perawat/bidan yang nyeleneh ga sesuai prosedur dan negative vibes sampai stress di sana, pas dokter anna dtg lgsg ditegur di tempat. Bahkan dengan tegas memberikan arahan pada saat saya sudah bukaan terakhir. Jahitan saya rapih tdk ada infeksi, menengok jg pasca melahirkan tidak pernah sebentar ke kamar.. saya di RS Hermina Pasteur dulu 2016-2017

      Delete
  3. kalau pengalaman saya dengan dr.Tina Dewi di hermina pasteur dokternya bikin nyaman pembawaannya (berasa ibu sendiri) tapi menurutku agak kurang informatif, kalau ga ditanya beliau ga akan kasih tau, dan kemarin kontrol tuh cenderung terburu-buru pas aku dan suami tanya ini itu "iya udah yah" gt haha
    Jadi harus bawel nampaknya kalau mau dapet info lebih karena menurutku penjelasan beliau seadanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena banyak antrian pasien Kali ya / keperluan urgent mendadak. Hehehe...

      Kadang memang pencarian Dokter yang bisa sreg, harus melalui beberapa kali kunjungan. Tapi adakalanya Kita jg perlu memperhatikan kesan pertama bertemu Dokternya.hehe...

      Semoga ke depannya, segera dapat Dokter yg cocok dan sreg ya :)

      Delete
  4. Recomended dokter buat promil yg bagus yg mana?
    Dan harganya terjangkau hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke Dokter Mulya. Beliau praktek di Klinik Aster - RS.Hasan Sadikin.

      Bisa coba cari nomer tlp kliniknya, dan bisa tanya2 jadwal praktek Dokternya :)

      Delete
  5. Setuju sama comment sebelumnya. Untuk dr Anna Fachruriah ga recommended. Awalnya tau beliau dr review orang2. Semua bilang bagus dan akhirnya memutuskan kesana. Kesan pertama okelah ramah, tp lama2 jd judes. Kata2nya bukannya bikin hati tenang malah bikin nyesek.

    Intinya dia ga bisa mendeteksi kehamilan ektopik yg sy alami (kasus sy hamil di luar kandungan) padahal waktu itu usia kandungan sudah 8w. Dia bilang sy ga hamil dan malah nyalahin hasil tespek (pdhl sy cek lab jg) yg suka salah ngasih info.

    Yah moso gitu, dokter terkenal dimana2 ga bisa ngedeteksi hal kayak gitu. Malah ngadu domba tespek. Kan lucu. Gara2 ga ketauan, 4 hr setelah periksa itu sy masuk RS dan harus operasi laparatomi karena janinnya keburu pecah.

    Yah begitulah, balik ke pilihan masing2 sih. Tapi buat sy, balik lagi ke dia itu BIG NO! Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba Tia atas sharing pengalamannya. Bisa jadi salah satu acuan testimoni pengalaman utk temen2 Kita yang sama2 sedang promil dan mencari Dokter yg tepat :)

      Delete
  6. Kalau aku recomend bgt dr widyastuti beliau dr yg ke ibuan... Ketika saya drop menanti sang baby dan program dgn beliau.. Beliau selalu menguatkan saya secara agamis.. Dari tdk mgkn memiliki baby sampe akhirnya punya 3 berkat doa dan support dr wid...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga biasa ke dr wid, hhhee. Asalnya ke dr anna, tp kurang cocok, dan pernah salah usg

      Delete
    2. Aku juga sama dr widyastuti...baik banget dokternya...aku lahiran sm beliau

      Delete
  7. Halo mbak lana,senang bisa membaca tulisan2 mbak..oh iya maaf mau tanya utk dr.Mulya sendiri apakah beliau pro normal apa gimana? Krn sy sedang program sama beliau, mohon dijawab yaa.. Makasih ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Pina. Alhamdulillah terimakasih kalau tulisan saya ini bisa memberi sedikit manfaat :)

      Ohh iya perihal Dokter Mulya, jujur saya pribadi baru promil saja dengan beliau mbak, dan belum sampai tahap melahirkan.

      Jadi utk bisa jawab pertanyaan pro normal/ tidaknya, saya belum tau Mba, karena belum pernah lahiran dengan beliau.

      Tapi yg saya tau dari pengalaman temen2 pcos saya yg mengikuti promil penelitian, hingga hamil & melahirkan ditangani dr.Mulya, insya Allah dr.Mulya sangat teliti, telaten, sangat perhatian dgn kondisi pasien ibu hamil, penjelasannya detail, pemeriksaannya tidak diburu2, insya Allah sepertinya Beliau pro-normal ☺️.

      Oiya Dokter lain yg pro-normal & memegang teguh IMD salah satunya jg Prof.Sofie, mba.

      Delete
  8. Mba mau tanya klo dihermina arcamanik dr kndungan yang baik hati siapa y mba mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf. Kalau untuk yang di RS Hermina Arcamanik, Saya nggak punya Nama Dokter yang saya ketahui.

      Delete
  9. Setuju dengan komen sebelumnya.Untuk Dr. Anna Facruriyah sptnya kurang recomended. Saya pernah punya pengalaman kurang menyenangkan dengan pernyataan hasil diagnosa beliau. Sampai saya mencari second opini ke dokter lain.Saya kangen banget sama Dr.Surjati. Dokter yang ramah, baik, detail,dan teliti. Pengen konsul lagi ke beliau tapi sayang sdh pindah praktik dari Hermina.

    ReplyDelete
  10. Dr.Supriyadi Gandamihardja is best spog ever..hahahaha.....dr sempet keguguran..hamil dan lahiran anak pertama..dan sekarang otw mau lahiran anak ke 2...hahahaha...

    Dokternya santai ... bener bgt yg diulas..ga suka nakutin pasien..tp secara ga langsung beliau prepare semua supplement ataupun obat nya yg menunjang..ke pasiennya bikin santai...

    Di wa juga beliau selalu bales...ahhh suka sekali....

    Pro normal banget....kece pokoknya..

    Tapi maaf agak kurang setuju ttg dr.maximus...beliau terlalu saklek..kadang malah ngebuat psikologi si pasien down duluan dan stress..ini sih pengalamanku sendiri dan beberapa teman yg pernah ke dr.maximus yahh...

    ReplyDelete
  11. Kalau menurut saya dr Anna Fachruriah gak rekomen bgt,
    Pertama kali cek kehamilan sama dokter ini karna hasil tespek positif (posisi saya baru pertama hamil dan blm ada pengalaman apapun) , dan sampe rumah sakit saya di usg dibilang tidak hamil, karna gak ada penampakan janin..

    Saya berulang2 dibilang tidak hamil dan jangan percaya hasil tespek, dan hari itu sy cm di usg dan konsultasi mengenai itu..

    2 minggu setelah kejadian itu, tiba2 saya keluar flek dan darah yg awalnya saya kira darah menstruasi, lalu sy coba cek ke dokter lain, ternyata itu bukan darah menstruasi tp saya keguguran.. dan usia kandungan sy ke detect sudah berjalan 4week..

    Baiklah, mungkin itu sedikit pengalaman aja sih sama dokter ini.. semoga gak kejadian sm yg lain, lehih baik lita cari info dr bbrp dokter yg berbeda.. :)

    ReplyDelete
  12. Kalo boleh tau untuk sekali konsultasi dan pengecekan siapkan budget paling banyak brp yah utk list dokter di atas? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Kalau biaya, tergantung tempat USGnya.
      Standar kalau di Klinik biasanya kisaran 250-350.
      Di RS kisaran 350.000.

      Tapi ada juga Dokter diatas yg sekali datang langsung narik biayanya 800.000-1 juta lebih.

      Atau kalau mau awal2 periksa, bisa ke Klinik Aster RS Hasan Sadikin. Itu khusus dokter2 obygn. Dan harganya masih terjangkau Karena RS daerah.

      Delete
  13. Malam mba lana, salam kenal ya. Q senang bgt bisa baca cerita mba lana soal perjuangan pcos nya menuju hamil aamiin. Q jg pasien pcos mba, hiks. Bener bgt yg ditulis mba lana, saat di usg tranv ketemu sel telur da yg besar kanan dan kiri tuh rasanya udh senaaang bgt, berasa bln besok berhasil hamil gitu ya. Q udh 4thn lebih berjuang kemana" dari dokter sampai shinsei, tukang urut sampai akhirnya balik lagi ke dokter. Itu kadang lelah, sedih gitu ngeliat org lain gampang bgt hamil. Hehe. Tp pas baca tulisan mba lana tentang kemungkinan klo pcos bisa hamil kembar itu bikin q tuh semangat dan yakin gitu semoga Allah SWT kasih kita yang spesial bonus anak yg sehat lebih dr 1. Aamiin. Selalu tulis perkembangan promilnya ya mba. Saling medoakan semoga pejuang garis 2 dan pcos bisa berhasil hamil alami dgn sehat. Aamiin ya allah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat Pagi.
      Salam kenal kembali :)
      Sama..saya juga sudah 4 tahun menanti, ternyata Allah masih lebih sayang saya dengan tetap menggali pahala sabar.
      Semoga kelak tahun ini Allah karuniakan untuk Kita buah hati yang sehat jasmani rohani, baik imam islamnya, sholeh-sholehah, pintar dan cerdas. Aaminn ya rabal'alamin ๐Ÿ˜Š

      Tetep semangatttttt untuk kita ๐Ÿ˜Š๐Ÿค—

      Delete
  14. Yg paling recomendasi buat promil dr. Mana mba? Mohon infonya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Untuk Dokter yang paling reccomended, maaf saya nggak bisa tahu tepatnya siapa.
      Karena setiap masing2 individu Dokter kan punya metode & keunggulannya masing-masing.

      Dan di list diatas, tidak semua Dokter saya datangi (daftar nama Dokter diatas based on pengalaman sendiri & kumpulan hasil sharing banyak teman2 pcos fighter).

      Kalau saya pribadi yaa baru mencoba ke 2 dokter (area Bandung ya), yaitu Prof Sofie & Dokter Mulya.
      Dari kedua Dokter diatas, saya prefer Dokter Mulya.

      Tapi semua kembali ke sreg dan cocoknya masing-masing pasien ya :)
      Semoga lancar Promilnya.

      Delete
  15. Prof sofie is the best lah, teliti, sabar, jujur, komunikatif, bikin nyaman. Dua2nya anak saya lahiran sm beliau. Yg kedua justru sy yg minta caesar krn trauma induksi 12jam pas anak pertama pdhal beliau ttp sarankan normal hehe sampai kb pun msh sama beliau, recommended banget

    ReplyDelete
  16. kalau buat saya dr. Hanny Rono best., krn dari awal saya hamil ke beliau beliau itu sangat menenangkan g banyak pantangan makanan asalkan makanan itu Sehat dan Halal. hhehehehe" dokternya sangat pro normal dan tiap kontrol selalu diingatkan untuk baca Al-quran dan banyak berdoa. Dokternya praktek di RS. Melinda 1, RS.Santosa sama RS. Borromeus. Jadi Kangen periksa ke beliau nnti next anak ke 2. ^_^

    ReplyDelete
  17. Mba lana, maaf jadi sekarang gimana kabar promilnya? Apa masih di dr.mulya? Saya kebetulan PCOS juga sudah 6 thn, inginnya dpt dokter wanita mba๐Ÿ˜”,tapi kok cari yg rekomend buat program hamil susah ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Defie,

      Maaf Saya baru balas.
      Sekarang saya coba promil kembali di luar kota (luar bandung, kebetulan sekarang sudah pindah ke jakarta).

      Dan karena ini pandemik, tapi usia sudah cukup bertambah menua, penantian juga sama sudah 6 tahun berjalan, akhirnya Bismillah tetep dipaksakan untuk promil di tengah pandemi.
      Karena kami nggak mau buang-buang waktu.

      Mungkin bisa dicoba survey dlu datang ke Morula di bandung (di daerah pasirkaliki kalau ga salah, Mbak) ๐Ÿ™‚

      Delete
  18. Hay kak lana..kalo boleh saran dokter kandungan disekitar cimahi yg rekomened dokter siapa ya? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Uswah,

      Wah mohon maaf sekali, kalau di daerah cimahi, Saya pribadi kurang tahu.
      Tapi di cimahi kalau ga salah ingat dekat Unjani (Baros) ada klinik Ibu dan Bayi kan ya (sebelah SMP 7 cimahi kalau ga salah ingat).

      Monggo coba kesana dulu saja, tanya-tanya & catat jadwal Dokternya, serta biayanya.

      Delete
  19. Saya hamil udh 37 week, dari 1-12 week di melinda ditangani oleh dr. Susan,dan sy merasa yakin bgt dgn beliau, tp krna asuransi kantor limit nya takut ga cukup utk melahirkan disana, sy jd pindah ke hermina pasteur, dan sy dpt dokter Anna Fachruriyah, sejauh ini memang tidak ada pengalaman buruk, cuma menjelang persalinan begini & liat review ko jd degdegan gini yaa tiba2 ragu๐Ÿ˜• kira2 ada yg pernah persalinan dgn dokter anna yg lainnya gmn? Tlg bantu sy utk meyakinkan persalinan dgn beliau akan baik2 aja๐Ÿ™๐Ÿป

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Siti, salam kenal.
      Maaf baru balas, karena jarang buka blog.
      Untuk yakin / tidaknya, jujur saya tidak bisa kasih masukan yg terbaik.Itu semua kembali kepada masing-maing kepercayaan Mbak dan suami terhadap Bu Dokter yang menangani proses kehamilan selama ini hingga persiapan persalinan.

      Yahh jika waktunya masih memungkinkan, bisa juga untuk jaga-jaga 1-2x kontrol ke Dokter lain di RS yang sama dengan Dokter Obygn Mba sekarang.

      Jadi bila nanti tiba2 dalam keadaan mendadak lahiran dokter Mbak sedang tidak ada jadwal, bisa digantikan dengan Obygn lain pilihan Mbak dan suami.
      Semoga saran ini bisa sedikit membantu & lancar serta sehat-selamat yaa nanti proses kelahirannnya. aamin.

      Delete

Hi there, thanks so much for taking the time to comment.
If you have a question, I will respond as soon as I can.

Dont be afraid to shoot me an email! If you have a blog, I will pop on by :)