Program Hamil Bulan ke-4 : Promil vs. Penelitian

Tiba jua-lah perjuangan promil saya di tahun 2017, yang jujur saja kalau saya pernah / sempat 'bolos' dari Promil di bulan Desember 2016 yang lalu. Sampai pada akhirnya di awal 2017 saya bertekad Untuk ingin segera memulihkan kondisi emosi & mental saya setelah resign dari tempat kerja yang bikin saya remuk-redam per 31 Desember 2016 lalu.

Dengan keadaan saya yang terhitung awal tahun sudah beristirahat di rumah, sebuah kebetulan pun datang menyapa saya. Saya menjalin silaturahmi kembali dengan sahabat saya semasa duduk di SMA dulu, yaitu Teh Mila Wulandari (sahabat sejak SMA & kebetulan dia sama-sama PCOS fighter). Dari sinilah, perjuangan promil saya di tahun 2017 ini dimulai.

Singkat cerita, dikenalkan-lah saya (rekomendasi dari Mila) sebuah klinik khusus Fertilitas, yaitu Klinik Aster yang berada di RS Hasan Sadikin Bandung. Dengan berbekal whatsapp-an singkat perkenalan dengan salah seorang Dokter disana, saya ditawarkan untuk menjalankan sebuah penelitian khusus pasien yang di indikasikan PCOS dengan penyebab resitensi insulin (Mila pun sudah lebih dulu mengikuti penelitian ini 2-3 bulan sebelumnya).

Seperti yang tadi awal saya jelaskan, pertama kali saya datang adalah di pertengahan Januari 2017. Setelah melakukan perkenalan dengan Dr. Mulyanusa. A. Ritonga SPOG (K), saya dipersilahkan terlebih dahulu untuk di USG Transvaginal (lagi), selain itu diberi pengantar untuk melakukan medical check-up super lengkap di sebuah Laboratorium ternama di Bandung (dan itu semua gratis, di sponsori oleh pihak penyelenggara penelitian). 

Beberapa minggu berlalu. Sekitar 1 bulan dari pertemuan pertama, dan saya menerima whatsapp dari istri Dokter Mulya, yaitu  Dr. Ade Indra Ferrina. Dari hasil Lab yang super lengkap tersebut, di simpulkan-lah bahwa saya lolos masuk ke Tahap penelitian (maksudnya dari hasil Lab tersebut, saya masuk kategori yang bisa menjadi subjek penelitian yang diadakan oleh salah satu produsen obat-obatan ternama, dimana penelitian tsb dijalankan selama 6 bulan. Bila di tengah-tengah program tersebut pasiennya positif hamil, maka pasien di Drop Out dari penelitian tersebut (DO yang indah dong tentunya.... Drop Out karena positif hamil).

Hasil lab saya sendiri pun diantaranya :
  • Homa IR : diatas 2,1 (yang berarti cenderung mengalami resistensi insulin). Rsistensi insulin inilah menjadi faktor penyebab utama sel telur saya kecil-kecil/ PCOS.hikss....Maka dari itu masuk ke sample penelitian ini.
  • Hormon progesteron : hormon penghasil ASI di angka Normal (alhamdulillah).
  • Cek HB, glukosa, glukosa 2PP, kolesterol, dll : hasilnya bagus. 
  • Dan hasil lab lainnnya.
Setelah hasil Lab keluar dan dinyatakan lolos, pada kunjungan penelitian pertama saya diberi 2 buah obat yang berbeda. Saya konsumsi setiap hari tanpa terputus (untuk 28 hari). Dalam sehari saya akan minum 3 obat.
Awalnya saya sempat kaget bin ajaib. Tapi demi keinginan saya dan suami segera mendapat momongan, bismillah saya jalankan.

Ini tuh dokumentasi obat yang sebagiannya sudah saya konsumsi  jalan 2,5 minggu.
Jadi kebayang pas awal dikasih, udah segambreng aja obat yang dibawa pulang.ehehhe..


Untuk jelasnya, berikut Tahapan Promil saya & suami :
  1. Awal Oktober 2016 : saya promil ke Prof.Sofie, sel-sel telur saya yang paling besar pun hanya berukuran 1,4. Saya sempat menjalani promil hingga 4 bulan berjalan, dan akhirnya lelah (lelah biaya dan lelah sama Dokternya) hehehe....
  2. Pertengahan November 2016 : Saya cek HSG & suami cek sperma. Alhamdulillah, hasil pemeriksaan kami masing-masing dinyatakan sangat bagus & normal. Berikut cerita pengalaman saya.
  3. 14 Januari 2017   : (kunjungan ke-1). Saya kunjungan pertama ke Dokter Mulya untuk ikut promil di Klinik Aster. 
  4. 14 Februari 2017 : (kunjungan ke-2). Hasil Lab sudah keluar, saya dinyatakan lolos penelitian dengan HOMA IR diatas 2,1. Dan start mulai mengkonsumsi obat segambreng. Ukuran sel telur berkisar 5,4-5,7 mm (masih jauh dari normal yang seharusnya berukuran 15-20 mm).
  5. 15 Maret 2017 : (kunjungan ke-3). Alhamdulillah. Dengan teraturnya pola makan saya, diselingi terkadang jalan kaki pagi 30 menit, mengkonsumsi obat-obatan dengan teratur, tidak disangka, saat Dokter melakukan pemeriksaan USG Transvaginal, sel-sel telur saya yang kiri memang masih ada yang kecil-kecil, tapi yang kanan alhamdulillah akhirnya terlihat jelas Folikel Dominan (ujar Pak Dokter). Folikel dominan alias sel telur berukuran cukup besar 15,4mm dan siap untuk dibuahi. Alhasil sepulang dari pemeriksaan tsb, hati saya cerah-sumringah ingin segera mengabarkan pada suami. 
Folikel dominan (lingkaran hitam di tengah). Kata Dokter sih sudah siap untuk dibuahi

Tapi mungkin Allah berkehendak lain. Perjuangan saya dan suami bulan ini belum membuahkan hasil, sehingga saya datang bulan. So, nampaknya bulan depan harus lebih giat lagi untuk hidup sehat. 
Untuk kunjungan berikutnya saya di jadwalkan ke Klinik Aster pada tanggal 11 April 2017. Semoga sel telur saya sudah membesar semua dan siap dibuahi.amin.
Besar harapan saya dan suami agar menjelang Bulan Ramadhan ini, kami dianugerahi buah cinta kami dan menambah rasa syukur kami kepada Allah SWT.amin.


Read more : Program Hamil Bulan ke-5 (Pemeriksaan Folikel Dominan-ovulasi)

13 Comments

  1. Aamiin, salam kenal mbak, saya pun sudah sering promil bahkan sudah pernah mencoba inseminasi, saya juga pcos, suami saya spermanya kutang gesit, sudah 8 taun kami promil dengan klinik dan dokter yang beda2, dokter kandungan spesialis subspesialis dan khusus infertil, udah di rsia semarang, bandung dan garut, sama lelah dengan biaya dokter karena program hamil tidak dicover asuransi atau bpjs, semangat mbak, kita juga lagi istirahat, hanya mengencangkan doa aja sekarang, kalau mau bisa baca pengalamanku juga pas promil di blogku mbak, siapa tau bisa saling menguatkan, dan kita tak sendirian menghadapi ujian belum adanya buah hati tercinta ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak vita. Kita sama-sama saling menyemangati & saling mendoakan.
      Memang terkadang ujian ini cukup berat buat kita seornag Istri. Tapi saya percaya, Semakin Allah menaikan kadar ujian bagi kita, Insya Allah semoga maknanya Allah Akan menaikan derajat kita sebagai umat-Nya lebih mulia. Amin :)

      Btw, Mbak pcos juga? Mungkin bisa join group Whatsapp Pcos fighter Di FB & Whatsapp.
      Kalo mau join group, monggo Mbak bisa emailkan nomer Whatsapp-nya...nanti saya minta admin group-nya untuk invite-in nomer WA Mbak Vita :)

      Delete
  2. Semangaaat mbak buat promil nyaa, semoga segera mendapatkan kabar baik menjelang Ramadhan ini. Aamiin. Salam kenal ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminn. Makasih Mbak Lucky.
      Semoga saya Dan suami bisa dapat hadiah Ramadhan tahun ini dikasih momongan :)

      Delete
  3. Semoga sukses ya mbak program hamilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminn.. terimakasih Mbak Antung atas support-nya :)

      Delete
  4. Lana, tetap semangat yaa. Aku juga hampir punya pengalaman yang sama. InsyaAllah usaha dan doa Lana diijabah Allah. Aamiiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnn. Makasih. Doakan ya semoga bisa diberikan segera momongan...menambah kebahagiaan keluarga kecil :)

      Delete
  5. Aku juga lagi pengen nambah anak. Tp utk yg kedua ini blm rejeki dari Allah, menstruasiku ga teratur justru setelah memutuskan nambah momongan krn anak pertama hampir 5taun. Padahal ga pernah KB. Apa mgkn asupan yg kurang baik ya mmg jarang masak sndr. Semangat ya mba semoga segera ada kabar baik

    ReplyDelete
  6. Saya menikah hampir 3 tahun dan sekarang baru hamil, tetap semangat Teteh.. semoga Allah mempermudah segalanya, sehat selalu ya aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Teh Sandra, terimakasih atas semangatnya.
      Semoga saya jg bisa segera menyusul dapat ticket H kayak Mbak.
      Amin yra..semoga Allah mudahkan ikhtiar kita :)

      Delete
  7. Saya pun udah mau 10 tahun, baru mau ke klinik Aster cz baru tahu dari tetangga baru.. Selama ini gatau kalau ada klinik khusus fertilitas..huhu😥 baru tahunya sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba boleh share rincian biaya saat konsul ke klinik aster? makasih mba

      Delete

Hi there, thanks so much for taking the time to comment.
If you have a question, I will respond as soon as I can.

Dont be afraid to shoot me an email! If you have a blog, I will pop on by :)