Top Social

Beef Teriyaki lada hitam mix veggies

Wednesday, 23 August 2017

Alhamdulillah, buka puasa kemarin saya masak spesial untuk suami. Sebenernya udah rencana dari weekend kemarin sih. Dan baru di eksekusi hari Rabu kemarin, berhubung kebiasaan saya selalu merencanakan menu masak untuk 1 minggu. Dan jadilah untuk minggu ini, menu Beef teriyaki lada hitam ala Hokben masuk ke daftar menu yang dimasak oleh Memsye Lana.hihihi..

Nah yuk, cus kita tulis-tulis resep dan komposisi Beef teriyaki masakan saya :

A. Bahan utama:
  1. Daging sapi 1/4 kg (diiris tipis-tipis memanjang)
  2. Bawang bombay 1/2 (dipotong memanjang)
  3. Paprika hijau 1/2 potong (dipotong memanjang).
  4. Paprika merah / tomat merah 1/2 buah (dipotong memanjang / dipotong kotak-kotak)
B. Bahan rendaman daging sapi :
  1. Bawang putih 2 siung (dihaluskan/ diuleg)
  2. Jahe 2 cm (dihaluskan/ diuleg)
  3. Merica bubuk 1/2 sendok teh
  4. Garam secukupnya
  5. Gula pasir secukupnya
  6. Kecap manis 1/2 sdm
  7. Saori saos tiram 1 sdm
  8. Saori saos teriyaki 1 sdm (bisa diganti dengan saos rasa lada hitam/blackpepper)
  9. Penyedap rasa sapi/ ayam (optional)
C. Bahan pelengkap veggies (sayuran) :
  1. Kubis ungu / kubis putih. Potong tipis-tipis
  2. 1 buah wortel, potong memanjang seperti lidi
  3. 1 ikat bayam segar (di rebus sebentar)
  4. mayyonaise (sesuai selera)
D. Cara mengolah :
  1. Bumbu yang dihaluskan : Bwg. putih + jahe + merica + garam + gula pasir + penyedap.
  2. Bumbu campuran : kecap manis + saori saos tiram + saos teriyaki.
  3. Bumbu halus + bumbu campuran disatukan. Aduk hingga tercampur rata.
  4. Masukkan potongan daging sapi yang sudah diiris tipis ke dalam bahan rendaman.
  5. Marinate / rendam daging hingga bumbu meresap.
  6. Masukkan ke dalam kulkas selama 1-2 jam (30 menit juga bisa).
E. Cara memasak :
  1. Panaskan minyak. Oseng bawang bombay hingga aromanya tercium, kemudian masukkan daging yang sudah direndam sebelumnya.
  2. Saat daging sudah 3/4 matang, masukkan paprika hijau + paprika merah. Campur hingga merata.
  3. Sajikan dengan : nasi merah + bayam rebus + irisan wortel & kubis yang diatasnya diberi topping mayyonaise.
  4. Letakkan beef teriyaki diatas nasi. Sajikan hangat.
Dan alhamdulillah, dikasih nilai suami : Enakkkkkk. Bumbunya pas pake ideal. Nggak ada yang kurang sedikit pun. Padahal ini baru eksekusi pertam (sering sih masak ini dari remaja & dan baru kali ini masak menu ini untuk suami). 

So next, harus eksekusi menu varian baru lagi. Karena motivasi punya dapur sendiri (udah berasa kayak punya istana sendiri) plus suami bisa jadi ajang pencicip semua masakan ala Lana.hehehe...
Jangan bosen-bosen kasih nilai ya Pak suamiku.
2 comments on "Beef Teriyaki lada hitam mix veggies"
  1. Lanaaaa...tengah makan mampir blognya Lana..jadi lapeeeuur banget hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo Dira...nulis resep masakan andalannya juga dong, biar nanti Aku bisa coba-coba praktek :)

      Delete

Hi there, thanks so much for taking the time to comment.
If you have a question, I will respond as soon as I can.

Don't be afraid to shoot me an email! If you have a blog, I will pop on by :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature