Top Social

FINANCIAL JOURNEY #2 : FINANCIAL ADVICE

Monday, 27 November 2017



FINANCIAL ADVICE FOR MARRIED COUPLES

Perjalanan keuangan Rumah-tangga itu memang bisa menguras energi dan perasaan, karena setelah saya dan suami menikah dan menata keuangan mulai dari Nol (ya, 24 jam setelah kami menikah, saldo di ATM saya hanya 400 ribu rupiah saja & saya sedekahkan semuanya). Walhasil Rumah tangga kami dimulai dari Nol (seperti prinsip Pom bensin). Dan saya serta suami hanya mengandalkan gaji bulanan.

Untuk yang bertanya, "loh Lana, kan pasti setelah menikah, dapat uang cecepan amplop dari para tamu undangan resepsi?"
Yap. Dari resepsi pernikahan Saya & suami, sudah pasti tentunya kami dapat amplop cecepan dari para tamu undangan yang total jumlahnya lumayan besar. Tetapi seluruh uang cecepan tersebut (amplop para Tamu) kami serahkan seluruhnya ke orangtua kami.
Jadi, setelah kami menikah....ya memang hanya gaji kerja bulanan saja yang kami andalkan untuk menyambung hidup berumah-tangga dari Nol.

Maka sejak itulah, saya berprinsip dan menjalankan konsep Keuangan rumah tangga yang dipercayakan oleh suami kepada saya, dengan menggunakan Rumus "Hemat Pangkal Kaya". 
Bersyukurnya saya, suami sangat tidak rewel dengan kebiasaan saya memasak masakan rumahan.

Setiap bulan kami hanya punya porsi secukupnya untuk hidup, hampir seluruh pendapatan ditabung dan dijadikan investasi / tabungan wajib. Dengan kata lain, kami selalu berusaha agar setidaknya 50% dari pemasukan yang di dapat dari gaji, kami tabungkan ke Rekening Bank, dan tidak akan kami pergunakan untuk pengeluaran rutin bulanan, melainkan untuk hal-hal urgent ataupun untuk dana liburan (honeymoon) akhir tahun, atau travelling entah kemana.

Itulah kenapa, pada tengah tahun maupun akhir tahun, saya sendiri atau bersama suami bisa Staycation sejenak di Hotel sembari liburan akhir pekan, atau travelling keluar pulau maupun backpacker-an keluar negeri jika dana mencukupi.

Buat kami, yang berumah-tangga dari titik Nol, tidak mengandalkan orangtua, prinsip mengatur keuangan dengan terperinci dan menggunakannya se-efisien mungkin, menjadi jurus jitu kami bisa mencukupi kebutuhan kami termasuk hiburan dan liburan.

Jadi, kali ini saya akan sedikit berbagi tips n trik penggunaan keuangan Rumah tangga yang saya kelola. Semoga bisa sedikit membantu :

  • Belanjakan uangmu untuk kebutuhan pokok (makan, minum dan kualitas istirahat untuk jangka panjang seperti membeli bantal, guling, seprai dengan kualitas bagus).
  • Jangan pernah malu dan malas untuk belanja di mang sayur & memasak seminggu 5x (senin-jumat).
  • Tidak perlu beli pakaian & aksesoris yang ujung-ujungnya hanya kamu simpan di lemari. Belilah pakaian yang memang jangka waktu pemakaiannya long term (awal beli memang cukup mahal, tapi membuatmu tidak membeli baju baru dalam 1 tahun bahkan lebih).
  • Paksakan untuk saving (menabung) 50% dari total penghasilan suami+istri / salah satunya bila istri tidak bekerja.
  • Kalau memang tidak bisa saving sebesar 50%, pastikan tetap disiplin untuk menabung setiap bulannya dengan Nominal yang tetap setiap bulannya. Dan hanya boleh dipergunakan untuk hal-hal yang urgent / liburan.
  • Selalu miliki 1 Rekening (1 akun bank) untuk Penyimpanan Dana Darurat. Bisa dalam bentuk 1 akun Rekening terpisah dengan akun Rekening lainnya yang sering kita pergunakan untuk belanja harian (tidak disatukan dengan kartu ATM untuk pengeluaran kamu sehari-hari). Untuk jelasnya, saya bahas di sini Financial Journey #1 
  • Jangan mudah tergoda dengan barang-barang ber-Label 'Sale /Diskon'. Karena pada akhirnya kebutuhan paling utama manusia hanyalah makanan dan tempat tinggal yang layak (tidak kehujanan, tidak kepanasan). Selebihnya hanyalah 'kepengen ini-itu" yang ujung-ujungnya hanya kita letakkan di pojok kamar, digantungan lemari. Dan semua hal / barang-barang tersebut bukanlah hal-hal prioritas bagi saya dan suami. 
  • Untuk dana transportasi, bisa kami tekan dengan menggunakan motor pribadi (tidak memakai mobil/ taksi). Lumayan, selain bisa menikmati angin segar, juga mengajarkan kami untuk hidup sederhana, secukupnya saja.
  • Bila menginginkan beli barang-barang dengan harga sekali gesek lumayan menguras dana bulanan (seperti membeli rak dapur, kursi, lemari) maka kami akan menggunakan pos Dana Darurat (tabungan Wajib), dan bagaimana pun caranya, bulan depan jumlah tabungan yang dimasukkan harus lebih sehingga menutupi dana jebol yang bulan kemarin kami sempat pergunakan.
  • Untuk budget peralatan lenong buat saya seperti bedak, lipstik dan sebagainya, alhamdulillah tidak menguras. Mungkin dikarenakan saya sendiri juga tidak terlalu suka untuk ber-make up cetar. Bagi saya, kulit yang sehat adalah kulit yang jarang terpapar alat lenong. Cukup bedak tipis, sedikit sepuhan blush on tipis, lipstik yang tidak mencolok, eye shadow warna senada dengan blush on, sudah membuat suami saya bilang bahwa istrinya 'Cantik". 
  • Jangan pernah perhitungan saat belanja buah-buahan & juga vitamin. Karena kesehatan Kita & pasangan adalah prioritas utama. Lebih baik Kita lebihkan 100-200 ribu rupiah untuk pos pembelian buah-buahan serta vitamin dalam sebulan, dibanding harus mengeluarkan sekian juta untuk rawat jalan hingga rawat inap di RS.
  • Jika Kita memiliki Asuransi Kesehatan yang sudah di cover oleh perusahaan tempat kerja, maka jangan di sia-sia-kan. Gunakan manfaat Asuransi Kesehatan yang di dapat, dengan semisal pergunakan untuk check up kesehatan maupun check-up kontrol Gigi rutin secara berkala.
  • Saya & suami masing-masing memegang kartu kredit sendiri. Tapi kartu kredit ini hanya kami pergunakan untuk membeli Tiket penerbangan dan membayar Hotel (dimana selalu diberi keringanan potongan/ Discount bagi Nasabah bank-bank tertentu bila menggunakan Kartu kredit dari produk Bank tersebut). Dan keesokan harinya saat Tagihan keluar, langsung kami lunasi dengan m-banking.
  • Kartu kredit yang masing-masing kami miliki pun berfungsi sebagai 'ATM Darurat'. Yang bila semisal saya & suami sedang berada di kota / Negara yang berbeda, sedangkan ada anggota keluarga kami masing-masing yang tiba-tiba masuk RS, maka penggunaan kartu kredit amat membantu  untuk meng-handle jenis-jenis pembayaran darurat seperti itu.
  • Kami membiasakan agar tidak pernah berhutang! Ya, bisa dibilang kami berdua tidak suka dengan berhutang. Itu kenapa semaksimal mungkin bila kami menginginkan sebuah barang tertentu dengan harga lumayan tinggi, kami akan menabung dahulu 1-2 bulan agar pada bulan berikutnya kami bisa membeli barang tersebut secara cash. Tips lainnya, kamu bisa keepin website / akun media sosial tersebut, dan biasanya dalam bulan-bulan tertentu biasanya toko mereka melakukan sale besar-besaran (misal : menjelang Hari Raya, menjelang natal, diskon tengah tahun, diskon akhir tahun, dsb).
  • Dari hidup hemat & bijak dalam menggunakan uang itulah, maka seminggu sebelum gajian, dimana di saat orang kebanyakan bokek, justru kami masih bisa menikmati jalan-jalan dan sesekali wisata kuliner, ngemil J.CO selusin berdua, ngadem siang Hari di cafe atau nonton bioskop. 

Dari awal bulan pertama pernikahan, saya sudah membuat sebuah Format Excel di laptop & mencatat seluruh pengeluaran kami berdua secara aktual dan detail. Dari situ saya bisa melihat & mengetahui bahwa ada pengeluaran yang bisa saya cut karena sebenarnya tidak perlu & bisa dimasukkan ke pos Tabungan / pos pengeluaran lainnya.

Bagi yang ingin minta format Excel Pencatatan Keuangan Rumah Tangga yang saya pergunakan selama ini, silahkan bisa tulis email kamu di kolom comment di bawah ini / bisa kirim email ke saya. Nanti akan saya kirimkan format excel-nya.

Semoga tips dan trik sederhana ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang bingung mengatur perencanaan keuangan Rumah tangga, terutama bisa berguna untuk para Newly weds (Pengantin baru, karena Ujian Pernikahan dimulai setelah kamu menjadi Suami dan Istri). Enjoy the rules and be happy.
Post Comment
Post a Comment

Hi there, thanks so much for taking the time to comment.
If you have a question, I will respond as soon as I can.

Don't be afraid to shoot me an email! If you have a blog, I will pop on by :)

Custom Post Signature

Custom Post Signature