PENGALAMAN OPERASI GIGI GERAHAM BUNGSU (Part 2)

Bismillahi'rahmanirahim.

Senin, 21 Mei 2018.
Pagi ini adalah jadwal saya untuk operasi kecil gigi geraham bungsu (lagi) atau disebut odontektomi.

Awalnya sih gigi bungsu kanan bawah saya tumbuh sekitar 5-6 minggu yang lalu lah. 2 minggu awal nggak ngerasa sakit. So, pede dong hatinya, ah kayaknya ini gigi tumbuhnya bagus. Jadi nggak perlu operasi lagi.
Ehh tahu-tahunya masuk minggu ketiga disuatu siang, kepala rasanya sakittttt pake banget. Pening nggak karuan.
Sampai-sampai saat malam tidur sama suami & lengan suami nyenggol bantal doang, alamak langsung emosi jiwa saya. Rasanya itu loh, ke-senggol dikit pengen langsung nonjok kepala sendiri / nimpukin bantal ke wajah suami.hehehe...

So, pada akhirnya diputuskan-lah untuk cek gigi di sabtu ceria. Kali ini saya pertama kali cek gigi ke Klinik Gigi senyum ceria di bilangan Bintaro. Info klinik gigi tersebut saya dapat dari rekomendasi grup whatsapp Bapak-bapak komplek.

Setibanya di Klinik gigi Senyum Ceria cabang Bintaro, saya dicek giginya & di foto rontgen mungil (hanya di foto area gigi bungsu, tidak seluruh gigi). Hasilnya, Bu Dokter menganjurkan untuk operasi cabut gigi geraham bungsu kanan bawah (langsung panas-dingin).

Setelah selesai pemeriksaan, saya diminta untuk ke bagian kasir. Selain melakukan pembayaran, juga menanyakan soal jadwal Dokter untuk tindakan operasi gigi saya nanti beserta biayanya. Dan jawabannya, saya akan dikabari via telepon sekitar 2-3 hari ke depan perihal jadwal Dokter & Biaya tindakan operasi.

Singkat cerita, di suatu malam, saya akhirnya dihubungi oleh Mbak-Mbak dari Kliniknya tersebut. Sudah happy-lah saya, saat operasi akan dijadwalkan hari sabtunya.
Tapi, saat saya mendengar angka nominal biaya operasi Gigi geraham bungsu yang cuman 1 biji DOANG, disebutkan bahwa biayanya adalah 7,2 JUTA!!

Astagfirullah'aladzim. Ebusedddddd... Langsung rasanya pengen protes ke si Mbak di ujung telepon. Alamak 7,2 jeti cyin! Dikira saya mau operasi usus buntu kali ya, cuman odontektomi 1 gigi sampe segitu biayanya.

Yasudahlah, langsung saja saya menolak dengan nada sopan, bahwa saya dalam keputusan tidak akan melakukan operasi odontektomi di Klinik gigi tersebut.
Sempat sih, Mbaknya menanyakan kenapa saya tidak jadi. Dan sekonyong-konyongnya saya menjawab dengan nada ramah,
"nga jadi deh Mbak. Biayanya mahal banget. Kalo segitu (7,2 juta) mending buat saya qurban nanti sapi seekor / kambing 2 ekor" wakakak....
Dan nampaknya si Mbak di ujung telepon seperti ingin ketawa tetapi ditahan.

Ya iyalah, 7,2 juta cuman buat operasi impaksi gigi 1 bi-ji do-ang!. Perasaan saya survey kesana-kemari, buat operasi gigi geraham bungsu per 1 giginya, kalau di :
  • RS sekelas RS.Santosa & RS.Boromeus Bandung : biayanya kisaran 1-5 sampai 2 juta saja. (siapa yang nggak kenal 2 RS swasta ternama di Kota Bandung tersebut).
  • RSGM UNPAD : Rp.450.000,- saja.
Nah ini, di Klinik Gigi ceria, harga cuman cabut 1 Gigi geraham 7,2 juta. *Tepok jidat*. Fix ini mah, idul adha Agustus nanti mau qurban sapi aja.amin. *toel suami*

Maka diputuskanlah oleh saya, Senin minggu depan akan pulang ke Bandung & kontrol langsung ke RSGM Unpad.

Fakta tentang gigi bungsu :
Gigi  bungsu tersebut merupakan gigi geraham / gigi molar ketiga permanen yang tumbuh paling akhir. Biasanya gigi bungsu tumbuh di usia 18 tahun sampai dengan usia 23 tahun. Dikarenakan tumbuh terakhir maka gigi tersebut akan kekurangan ruang untuk tumbuh dengan baik di rahang atas maupun rahang bawah. Keadaan ini disebut impaksi atau terpendam. Gigi impaksi bisa saja tertutup oleh jaringan lunak (gusi/mukosa mulut), tertutup oleh tulang alveolus, dan bisa tumbuh sebagian atau seluruhnya terpendam di dalam tulang (imbeded).
Kondisi ini tidak hanya terjadi pada gigi molar ketiga saja tetapi juga memungkinkan terjadi di gigi lainnya seperti gigi geraham kecil / gigi premolar, gigi taring / gigi caninus/ dan gigi seri / gigi insisivus.
Rumah Sakit Gigi dan Mulut
Universitas Padjajaran - Bandung

Proses operasi :

Walau November 2016 yang lalu, saya sudah punya pengalaman menjalani operasi odontektomi gigi geraham kiri bawah, tetapi sepertinya gigi kanan mengikuti jejak untuk harus dicabut kembali.

Sebelum tindakan operasi dimulai, saya disuntikkan obat bius lokal yang membuat mulut, gusi kanan menjalar hingga daun telinga kanan terasa baal, ditambah lidah kanan yang terasa seperti kesemutan.

Dan untuk odontektomi gigi bungsu kanan bawah saya kali ini, dilakukan oleh Ibu dokter cantik berkerudung. 

Awal tindakan saya disuntik obat bius lokal di beberapa titik area gigi yang akan dicabut. Dan saat proses pencabutannya kali ini, sang Dokter sampai dibantu oleh 2 mahasiswa Co-As. Yang 1 pegang sedotan air liur, yang 1 lagi.... jreng-jreng buat megangin kepala saya! 

Iyes kepala saya harus dipegangin biar nggak reflek geser-geser. Soalnya ternyata gigi bungsu saya amat sangat sulit dicabut. Sampe pake acara di bor berulang kali, dicungkil-cungkil, diketok-ketok, bahkan saya bisa ngerasain saat Dokternya harus pakai pose berdiri buat nyabut si gigi saya yang tertanam kokoh bin kuat sekuat semen tembok. Gonta-ganti alat tang juga karena saking amat susahnya diambil.
Bahkan sampe harus juga sang Bu Dokter berkali-kali pakai tenaga dalam buat bikin gigi saya oglek-oglek dulu (tarik kanan-tarik kiri) sampai akhirnya berhasil dicabut sampai akar-akarnya. ***antara pengen meringis tapi juga pengen ngetawain gigi sendiri yang sampe segitunya harus pake drama pencabutan*.


Pasca operasi :

Selesai operasi saya diberi resep antibiotics 12 butir untuk 3 hari (harus dihabiskan) & asam mefenamat yang diminum sebagai pereda rasa sakit.

Sekitar 1,5 jam berlalu, saya masih nampak ceria bisa ngobrol dengan kalimat tidak jelas. Masih bisa senyum walau sambil ngences. Ehhhh....setelah 1,5 jam berlalu & efek obat biusnya sudah mulai hilang, astagfirullah'aladzim ya Rabb.... sakitnya naudzubillah'imindzalik 😣

Kepala kanan samping dan atas seperti ditusuk-tusuk batang kayu, kemudian ditambah rasa sakit gigi di dalam mulut pasca operasi, rasanya jedut-jedut nggak karuan. Belum lagi air liur bercampur darah, bekas robekan gusi membuat lengkap sudah rasa sakit tiada tara yang saya rasakan seharian.

Pengennya cuman minum air. Manalagi Papaku yang sedari pagi menemani saya ke RSGM Unpad, pulangnya mampir dahulu ke rumah makan Gudeg Yu Nap dan membeli seporsi sayur krecek pedas untuk menu berbuka puasa. Alamak..... Makin-makinlah saya tergoda pengen makan sayur krecek pedas favorit saya.
Tapi, nasihat dari Bu Dokter, saya dianjurkan untuk jangan dulu makan makanan pedas dan panas. Karena malah membuat pendarahan tidak cepat berhenti. Disarankannya memakan makanan yang dingin, es krim juga justru diperbolehkan untuk membantu proses mempercepat pembekuan darah pasca operasi.

Belum lagi rasa sakit saya rasakan saat sore hari. Dimana waktu siangnya Saya sempatkan untuk tidur siang. Saat sedang lelap-lelapnya tertidur, sekitar jam 15.30 sore tiba-tiba saya terbangun mendadak dan merasakan rasa yang amat sakit di gigi dan kepala sisi kanan. Sampai-sampai Saya menangis dan hanya bisa tergolek lesu kesakitan di tempat tidur, sembari memanggil Papa untuk mengambil kompres es batu untuk pipi kanan saya.

Singkat cerita, ahirnya tiba juga bedug magrib berbuka Puasa. Ajaibnya nafsu makan saya meningkat. Padahal sebelum-sebelumnya, saya itu dalam sehari hanya makan seringnya saat malam saja sekalian menemani suami makan malam. Pagi dan siang justru saya tidak nafsu makan.

Tapi di kala gigi saya sakitnya ampun-ampunan, justru nafsu makan saya meningkat drastis. Dalam setengah jam saja, saya menghabiskan 2 porsi bubur polos dengan sedikit topping suwiran ayam. Padahal biasanya boro-boro makan bubur, apalagi 2 piring.hehehe... Kemudian dilanjut lagi dengan ngemilin es krim walls rasa cokelat serta pangsit goreng.hahahha... alamak, ini sih bukan doyan, tapi kelaparan campur nafsu makan bergejolak, mentang-mentang lagi di Bandung (surganya kuliner enak nan murah mursida cyin).

Malam harinya, saat sedang asyik nonton TV sama Papa, rasa sakit giginya datang kembali. Ampun, sudah nggak bisa lagi konsentrasi nonton, dan berakhir dengan gulang-guling di kasur sambil sesekali mengelus-elus pipi kanan yang nyerinya aduhai.

Semoga, besok rasa sakitnya sudah reda dan membaik. Dan mudah-mudahan dengan dibereskannya masalah gigi geraham bungsu saya kanan-kiri, bisa menjadi jalan lancarnya program hamil yang sedang saya jalankan. Jadi kelak saat nanti hamil (Amin) sudah tidak ada lagi masalah per-gigi-an, apalagi cabut-cabut gigi yang efeknya malah akan membuat kehamilan saya nanti tidak berjalan nyaman.

Tempat pendaftaran.
Buka dari pukul 08.00 pagi.

Keterangan tambahan :
  1. Operasi Odontektomi (operasi kecil gigi) dilakukan di : RS Gigi dan Mulut (RSGM Unpad).
  2. Alamat : Jalan Sekeloa, Bandung.
  3. Jam buka : pukul 08.00 pagi - 16.00 sore.
  4. Hari : Senin - Minggu (Minggu & Hari Libur tetap buka).
  5. Untuk kasus bedah mulut, layanan operasi dilayani hanya pada Hari : Senin s.d. Jumat.
  6. Untuk Sabtu & Minggu : hanya tersedia layanan Dokter Gigi umum & IGD.
  7. Biaya Pendaftaran : Pasien Baru Rp.5.000,- & Pasien lama Rp.2.000,-.
  8. Biaya odontektomi : Rp. 450.000.
  9. Biaya farmasi : Antibiotics + Asam mefenamat. Total Rp. 21.000 (saja).
  10. Biaya rontgen Gigi : Rp 70.000,- . Dan hanya menunggu 5-10 menit, hasil rontgen panoramic Gigi dapat langsung diambil.
  11. Untuk operasi gigi, tidak bisa dilakukan pada Hari H kedatangan, tetapi akan dijadwalkan terlebih dulu oleh Dokter Co-As, mengingat kuota operasi dalam sehari hanya 5 pasien. Sehingga, untuk kedatangan pertama kali berguna untuk pengecekan Gigi oleh Co-As / Resident / Dokter, serta melakukan Rontgen Gigi.
  12. Disarankan datanglah dari jam setengah 8 pagi untuk memgambil nomer antrian awal. Sehingga Kita tidak menunggu terlalu lama untuk dilakukan observasi Gigi.
  13. Di RSGM Unpad, tersedia pula layanan : tambal Gigi, cabut gigi, periksa gigi, pasang behel (kawat Gigi), dan tindakan operasi bedah mulut.
  14. Untuk pembayaran & pengambilan obat, dilakukan di lantai 2. Dan juga menerima pembuatan kuitansi untuk kebutuhan reimbursement.
Semoga, info diatas bisa memberi manfaat bagi teman-teman di Bandung dan sekitarnya, yang merasa gigi geraham bungsu tumbuh & perlu dicabut.
Semoga lekas sembuh.

42 Comments

  1. Terimakasih banyak. Sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo!. Sami-sami. Alhamdulillah kalo artikel pengalamannya membawa manfaat :)

      Delete
  2. kak mau sharing nih, setelah operasi geraham bungsu bagian kiri, 2 tahun kemudian, gusi kiri bawahku sakiiit banget, ternyata ketusuk2 geraham bungsu atas yang nggak punya lawan saat mingkem. jadi dia turun dan panjang ke bawah karna gravitasi. Nusuk2 sampai gusiku hampir bolong, nggak bisa ngunyah sama sekali. sehingga harus dicabut padahal sehat2 aja giginya :")

    2 minggu setelahnya, gusi kanan bawah ketusuk2 geraham bungsu kanan atas. jadi harus dicabut juga :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walahhh..kok bisa ya.
      Tapi pernah baca-baca artikel kesehatan Gigi, ada juga sih kasus Gigi bungsu bawah dicabut, nggak lama Gigi bungsu atas jadi tumbuh ke bawah efek gravitasi. Dan dikarenakan si Gigi bungsu atas nga ada tempat permukaan rata saat sedang mengunyah (karena Gigi bungsu yg bawah sudah dicabut) makanya doi (si Gigi bungsu atas) bisa tumbuh liar. Makanya disarankan utk dicabut semua Gigi geraham bungsu mau yg atas maupun bawah.

      Tapi kalo di kasus-ku sendiri sih, ini saya Gigi geraham bungsu kanan-kiri bawah sudah dicabut dua2nya. Alhamdulillah yg geraham bungsu atas kanan-kiri nga manja. Sejauh ini Gigi bungsu atas keduanya belum pernah ngerasa sakit.

      Mudah2an sih nga kejadian deh yg Gigi bungsu atas. Mudah2an tumbuh normal aja, biar nga ada acara operasi2 odon lagi. Hayati lelah mangap soalnya.hehe... :D

      Delete
  3. Untuk biaya operasi nya 450ribu kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, hiaya operasi2 odontektomi-nya hanya 450.000.
      Nanti hanya ditambah uang pendaftaran 5.000 + sama obat pereda nyeri & antibiotics nggak nyampe 30.000 kok.

      Cuman tips-nya 1 : datang saja jam setengah 8, lalu ambil nomer antrian cepet2. Agar dapat giliran rontgen Gigi pagi. Lebih untung lagi kalau dapat juga jatah operasi2 hari itu juga.

      Delete
  4. Halo Kak, mau tanya utk harga 450 rb itu dokter spesialis? Pembayaran bs pakai CC?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Untuk tindakannya dilakukan langsung oleh Dokter gigi asli (pastinya oleh Dokter Gigi spesialist & di dampingi oleh para Dokter Co-As sebagai asistennya).
      Yahh itung2 mereka nambah pasien kasus gigi sebagai prasyarat pendidikan coas-nya.

      Saya kurang tahu bisa pakai cc/tidak.
      Saran saya cash saja, Namanya juga RS pendidikan. Biar juga nga ribet & cepet Bayarnya.

      Delete
  5. mau tanya donk . itu 450k untuk 1 gigi ? jadi klo 2 900k ?

    ReplyDelete
  6. Waaah ceritanya mirip dengan saya :D tapi saya eksekusinya di RSGM UGM mbak jaman kuliah dulu dan kayaknya cuma keluar duit gak sampe 300r deh soalnya ada asuransi dari kampus yang mengcover odontektomi juga.

    Akibat geraham bungsu bawah kanan dicabut, beberapa bulan lalu geraham bungsu atasnya berulah mbak. Kata dokter sih dia ini makin turun kebawah gara2 gak punya pasangan, jadi kalo lama-lama dibiarin ntar kasian gusi bawahnya dihantam sama gigi. Untungnya bagian geraham bungsu atas ini bisa dicabut biasa gak perlu odontektomi karena tumbuhnya lurus gak nabrak2

    ReplyDelete
  7. Kak makasih banyak ya tulisannya sangat informatif. Punten aku mau tanya nih :-D berarti untuk tindakan operasinya persiapannya hanya rontgen aja ya kak tanpa cek2 yang lain kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum. Halo, sami-sami. Alhamdulillah kalo tulisan saya bermanfaat 😊.

      Iya bener. Sebelum tindakan operasi odontektomi, dilaksanakan dahulu rontgen Gigi.
      Kenapa? Untuk mengecek keadaan anatomi Gigi dulu. Jadi Dokter nanti bisa tau pasti harus melakukan tindakan pencabutan Gigi bungsunya seperti apa, persiapannya apa.

      Tapi ada juga, yang dibarengi tes lab darah, misal yg baru saja hamil, keguguran, sedang hamil. Utk melihat nilai darah trombosit, leukosit-nya :)

      Agar mencegah pendarahan hebat, pasca operasi Gigi.

      Delete
  8. Pengalaman saya tidak sakit sama sekali mb , saya operasi di jogjacuma habis operasi bengkak sedikit sama selama semalem rasa nya pgn ngecas terus air liur dan darah tu banyak ngt di mulut aku sampe aku ludahih di kaos aku terus aku usaapin ke sekitar mulut aku hehe aku sampe habis 5 kaos cuma buat ngelapi air ludah nya itu hehe..2 hari amu dah bisa makan nasi walapun pelan2 .dah seminggu dah normal lagi walapun luka belum nutup sempurna ,aku operasi di bedah mulut di jogja ,kisaran harga 800-1000 oyah aku dulu gratis soal nya yg bayarinbak nya yg lagi pd koas ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah alhamdulillah kalau tidak sakit. Gratis pula.hehe...
      Iya benar ada sedikit bengkak, tapi berangsur2 kempes. Yang penting jaga Dulu asupan dan teratur minum obatnya.

      Sekarang sudah lega kan giginya, udah ga nyut2an + sakit kepala..

      Delete
  9. Teh, mau tanya, itu daftar nya gimana? Apa langsung datang aja ke RS nya? Atau ambil antrean online pake whatsapp udh bisa skr? Kan udh 2020? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, nah kalo ttg antrian online, maaf Kakak gatau. Kan terakhir kesana 2018.

      Mungkin ada temen yg kuliah di FKG unpad/ IG RSKGM..coba kepoin aja dulu.

      Atau kl Ada waktu kosong, datang Pagi, tanya2 dlu.

      Kalau saya waktu itu datang jam setengah 8 pagi ambil nomer antrian.
      Jd pas jam 8 Pagi, Langsung cepat daftar, kebagian Dokter jaga pagi.

      Apalagi Kan Harus antri lagi kl nanti diminta rontgen gigi. Cepet kok rontgen giginya.

      Delete
  10. Astagfirullah membaca artikel ini kayaknya ngilu banget aku malah gigi graham bungsu ada 4, kanan atas, bawah dan kiri atas bawah . Dan harus operasi besar tapitsebelah kanan atas, bawah gi sakitnya ya ??_- 😭 yg cuman 1 aja skit nya nauzubillah 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saranku mending satu sisi dulu. kenapa?
      Agar sisi Gigi lainnya utk nanti membantu mengunyah makan, Kita tetep harus masuk asupan makanan kan 😊.

      Dan kalau empat2nya juga budget pasti terlalu mahal.
      Mungkin bisa disiasati bulan ini Gigi sisi Kanan, bulan depan sisi kiri.

      Selain Kita siapkan mental hugs siapkan budget.

      Semoga lekas pulih ya.
      Tenang aja, kl di RSGM yg melakukan tindakan operasinya Dokter spesialis langsung. Insya Allah terpercaya. Anak2 ko-as hanya mendampingi dan membantu Dokter giginya.

      Delete
  11. Itu yang sedang saya rasakan teh, ampun, si bungsu ngadat ini teh,, setelah baca artikel nya malah takut buat angkat giginya, tpi sekarang sama aja sakit gk bisa makan lagi,nominal untuk pengangkatanya jga lumayan huhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi menurut saya jangan ditunda2.
      kalau sekarang sakit gigi bungsunya sudah mereda malah bagus, berarti siap utk di odontektomi.

      Apalagi ini berhubungan dengan syaraf loh di gigi, kalo ditunda2, nanti pas misal saat lg sibuk kerja/ acara keluarga penting, giginya malah kambuh, malah bikin nggak enjoy jalanin acaranya. kan lebih berabe efeknya :)

      Siapin aja 500-600.000 untuk dananya.

      Delete
  12. Kok takut ya teh :( berapa bulan setelah saya urus2 skripsi saya, saya ingin melakukan oprasi gigi gerhham

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya jangan ditunda2.
      kalau sekarang sakit gigi bungsunya sudah mereda malah bagus, berarti siap utk di odontektomi.

      Apalagi ini berhubungan dengan syaraf loh di gigi, kalo ditunda2, nanti pas misal saat lg sibuk kerja/ acara keluarga penting/ bahkan pas mau wisuda hayoo, giginya malah kambuh, malah bikin nggak enjoy jalanin acaranya...kan sayang,, padahal lagi moment penting.

      istilah ajaran orgtua sih, "Jangan menunda-nunda yang bisa dikerjakan sekarang, kalau tidak mau menyesal. Karena penyesalan datangnya di akhir".

      Siapin aja 500-600.000 untuk dananya.

      Delete
  13. Gigi bungsu saya juga tidur, harus diangkat. Tapi dijakarta ga ada yg semurah ini 😭😭 masa saya harus ke bandung untuk cabut gigi😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran.
      Mungkin bisa googling / tanya-tanya dulu temen yang lagi kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi UI. Disana pasti ada tuh kayak RSKGM-nya atas nama pendidikan kampusnya.

      Biasanya sih kampus2 gede yang ada FKG, pasti ada juga tempat untuk praktek para dokter gigi Co-As. nah lumayan, selain kita ngebantu para Co-As dapat kredit nilai + harganya harga institusi pendidikan, jadi terhitung murah (dibanding ke RS bisa 1,5-2,5 juta belum termasuk biaya rontgen gigi).

      Oiya jangan khawatir, walau mereka co-as, nanti yang melalukan operasi odontektomi kita adalah Dosennya kok, alias Dokter gigi spesialis beneran, para co-Asnya mendampingi dan membantu.

      Semoga berhasil hunting infonya ya :)

      Delete
  14. Bismillaah
    Mba sy juga disuruh operasi sama dokter tp saya takut, gigi bungsu sy ada yg tidur. Sy ada 4 gigi bungsu, tp yg tidur ada 2 tapi gasuka sakit ya walopun begitu ktanya ttp hrs dicabut. Intinya jgn nggu sakit gitu, pas baca part pasca operasi mba nya kayanya sakit pisan :(( kalo boleh tau itu berapa hari mba berlangsungnya ? Makasiiih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo assalamualaikum.

      Oh kata Dokternya bener itu.
      Memang baiknya di operasi odontektomi saat gigi sedang tidak dalam keadaan Sakit/ rewel.
      Kalaupun memang belum berani ke-empat2nya dan biaya juga lumayan ya, saran saya Dua dulu saja & 1 sisi dulu (misal Kanan atas dan Kiri atas).

      Kenapa?
      Agar yg sebelah sisi lainnya bisa digunakan untuk mengunyah makanan dengan baik.

      Untuk Sakit pasca operasi Gigi bungsu, seinget saya :
      - pasca operasi cabut, hanya bengkak. Tp langsung minum obat yg diresepkan ya walau belum nyut2an & masih ada efek kebal/ Baal dari obat bius lokal.

      - tunggu sekitar 50 menit pasca odontektomi, langsung duarrr Sakit mulai nyut2an, tp udah ketolong karena pas keluar ruang operasi Kan minum obat penahan rada Sakit yg diresepkan dokter Gigi.

      - disambi minum air es ya, tapi jangan pake sedotan. Langsung pelan2 Dr gelas sedikit demi sedikit. Kenapa? Untuk membantu darah cepat beku di daerah/ area pencabutan.

      - bisa lanjut tidur siang dulu saja istirahat.

      - biasanya kl efek obat sudah hilang, akan Sakit banget2 sampe kepala nyut2an. Nikmatin saja sambil tetep minum obat ya sesuai arahan Dokter. Sudah mendingan, tetap makan yg super lembut kayak bubur tanpa topping, minumnya air es.

      - seingat saya, Sakit nyut2an-nta berangsur sekitar 4-5 Hari, tapi balik lg tergantung Kita men-treatment Gigi Kita sendiri selama pasca operasi. Kalo makannya bener yg lunak lembut, minum air es, nga makan yg bertekstur keras, insya Allah Luka area operasi pencabutan cepat mengering jahitannya (kurang lebih 7-10 Hari), dan bisa lanjut datang lg ke dokter Gigi utk cabut benang jahit sesuai arahan sebelumnya.

      - saranku selama 10-14 Hari mending tetap makan lunak, walaupun sakit gigi pasca operasi sudah berangsur hilang.

      Semoga lekas sembuh ya.
      Ingat... mending di operaso sekarang, agar kelak saat Kita hamil, Gigi bungsu tidak rewel.
      Kebayang lg hamil, Sakit gigi...duhh Kan kl lg hamil jangan cabut Gigi.

      Delete
  15. OMG.baca komenan yg cabut bungsu bawah kanan kiri, trs bungsu atas jdi turun krn gravitasi, danmemang sebaiknya 4 gigi bungsu dicabut , olalaaaa ,luar biasaaaa mengapa harus ada ujian seberat ini, sbnrnya sdg ga sakit gigi , namun sering slilitan alias makanan nyelip di antara bungsu dan graham. Huaaa... andaikan saja itu gigi bs lepas sndiri pakai obat 😂 dan lagi dsni hrganya 1 gigi 2-2.5 jt, apakabar 4 gigi, 10 jt 🤩. Rontgen nya 325k. Cucmey

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, coba dicari universitas di kota kamu yang ada Jurusan Dokter giginya.
      Biasanya bila ada, nanti kan di universitas tsb ada program Co-AS, otomatis para dokter muda yang Co-As butuh pasien2 sakit gigi beneran untuk jadi bahan praktek (tapi tentu saja untuk tindakan operasi odontektomi ini) pasti akan dilakukan dan diawasi penuh Spesialis DOkter gigi beneran (Dosennya).

      Biasanya biayanya akan jauhhhh lebih murah dan manusiawi, dibanding ke Rumah SAkit resmi.

      Delete
  16. Hallo kak.
    Aku juga sama kak permasalahan nya malah ada gigi bungsu.
    Kalo sekarang harganya tetep sama gak ya?
    Dan bisa gak dicabut sekaligus 4gigi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo juga :)
      Untuk harga sekarang, saya kurang tahu tepatnya.
      Coba bisa nanti tanyakan langsung by phone atau coba searching Instagram' akun medsosnya, siapa tau ada kontak yg bisa dihubungi untuk menanyakan perihal biaya.


      Oiya. saran saya jangan ke-4-4nya gigi ya.

      Misal 2 gigi dalam 1 sisi dulu (misal kanan dulu), agar sisi gigi yang lain bisa digunakan untuk mengunyah makanan dan menjaga antibodi kita selama pemulihan pasca operasi odontektomi (kan masih perlu makan obat, makan bubur,kalo dicabut 4 gigi sekaligusnya, saya amat sangat tidak menyarankan).

      Dan saran saya lainnya, jika gigi sudah tidak sakit, segera ke RSKG ya.
      Karena syarat operasi odontektomi dilakukan, bila gigi bungsunya sedang tidak sakit.
      Justru kalau sedang sakit malah gawat/bahaya dilakukan pencabutan karena mengenai syaraf penting mulut.

      Delete
  17. sama saya juga tumbuh sakit dari 2016 samapai sekarang 2020 td sudah ke dokter gigi

    oprasi kecil cabut gigi biaya nya 4jt kanan kiri bawah

    tambah biaya adm dan obat

    untuk jateng di klinik binasehat. yah belum ada biaya terpaksa saya hanya perikasa dan minta obat saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, coba dicari universitas di kota kamu yang ada Jurusan Dokter giginya.
      Biasanya bila ada, nanti kan di universitas tsb ada program Co-AS, otomatis para dokter muda yang Co-As butuh pasien2 sakit gigi beneran untuk jadi bahan praktek (tapi tentu saja untuk tindakan operasi odontektomi ini) pasti akan dilakukan dan diawasi penuh Spesialis DOkter gigi beneran (Dosennya).

      Biasanya biayanya akan jauhhhh lebih murah dan manusiawi, dibanding ke Rumah Sakit resmi.
      Lekas pulih ya & jangan ditunda-tunda, atau kelak akan makin parah.

      Delete
  18. 2015 pas hamil anak pertama sy numbuh gigi bungsu di kiri bawah. Tp baru kerasa sakit akhir2 ini di 2020 saat hamil anak ketiga, yg ternyta sy baru tau kalo gigi bungsu itu sdh berlubang besar krn sulit dibersihkan. Huhuhu. Di masa pandemi dan saat hamil tua, sptnya menunggu bbrp bulan lg utk dicabut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo
      Kita senasib kak.
      2017 lalu pas saya hamil anak ke2 jg numbuh gigi bungsu atas bawah sebelah kanan.
      Baru kerasa sakit 4th kemudian (th 2021). Tau" keropos pd mreteli masa' 😭
      Lg pandemi pula pengen cabut gigi mikir biaya jg.
      Udah si anak" pd ga bisa pisah sama emaknya.

      Delete
  19. Assalamualaikum kak, kak mau tanya gigi geraham kakak yang atas itu sudah mulai turun ke bawah apa belum ya kak? Maaf ya kalau pertanyaan saya agak nyeleneh 🙏🙏

    Soalnya gigi geraham saya yang dibawah kanan kiri itu mau di operasi juga kak, kalau gigi geraham yang atas belum. Terima kasih🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Alhamdulillah sih sejauh ini gigi geraham saya yang atas kanan maupun kiri nggak ada yang rewel.

      Dan terakhir cek ke Dokter pun, gigi bungsu kiri sama sekali aman tentram.
      Mudah-mudahan di waktu ke depan juga nggak akan mengganggu.

      Delete
  20. Makasih bgt pengalamannya bermanfaat bgt.
    Saya yg lg menderita krn gigi geraham bungsu kanan atas kropos 😭
    Sakiitttttt .. ini kayaknya gusi saya yg lg sakit jg.
    Klo cuaca lg dingin atau hujan tuh nyutnyutan.
    Ini buat mringis doang ge linu bgt rasanya.
    Pengen cabut gigi tp biaya mahal lg pandemi pula. Pendapatan lg turun drastis huehue😭😭

    ReplyDelete
  21. Assalamu'alaikum Teh. Wah berasa sakit nya juga pada saat membaca cerita Teteh di Operasi. Kalau Saya Gigi Geraham Bungsu yang di bawah yang bermasalah sebelah kiri dan sebelah kanan. Tetapi Dokter Bedah Mulut saya disini, mengatakan Gigi Geraham Bungsu yang sebelah kiri itu Posisi nya dalam sekali. Sulit untuk di Operasi. Makanya saya masih berpikir pikir untuk melakukan Operasi.

    ReplyDelete
  22. Bingung ya . Istri saya juga mau rencana cabut gigi bungsu, tapi anak masih nyusu, gk bisa ditinggal plus pandemi gini jd ragu2.. Gmn ya?? liat istri sakit gigi kasian...
    Operasi gitu apa pake tes swab juga?

    ReplyDelete
  23. Teh, maaf mau tanya.. Pasca cabut jahitan, apakah gusinya berlubang gitu? Aku ada lubang teh, jd kayaknya memang nggak dijahit keseluruhan. Aku jg gak tau knp. Tapi jadi sering kemasukan makanan, dan itu bikin ngilu huhuhu. Klo dari pengalaman teteh gmn? Numbuh jaringan gusi yg baru setelah brp lama ya? Makasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Annisa.
      Sejauh ini, nggak tumbuh jaringan gusi baru sih. Lebih tepatnya kayaknya tumbuh untuk menutup lubang dari hasil gigi yang diambil / di operasi.

      Dan alhamdulillah sejauh ini, nggak ada keluhan di bagian Gigi bungsu yang di odontektomi.

      Saran Saya, coba bisa kontrol ulang,tapi ke Dokter gigi yg lain, agar dapat second opinion. Mungkin bisa jg nanti tanya Dokternya, apa perlu di rontgen Gigi ulang.
      Semoga membantu.

      Delete

Hi there, thanks so much for taking the time to comment.
If you have a question, I will respond as soon as I can.

Dont be afraid to shoot me an email! If you have a blog, I will pop on by :)