FINANCIAL JOURNEY #3 : ASAM GARAM PUNYA 4 AKUN BANK

Bismillahi'rahmanirahim

Siang-siang gini tanggal tua mendekati gajian, jadi kepengen sharing cantik tentang 'FINANCIAL PLANNING' ah.
Terinspirasi karena siang ini ngobrol seru ngalor-ngidul sama sahabat nun disana tentang pengaturan keuangan ☺️
Nah, yuk Kita mulai sharing-nya.

FINANCIAL PLANNING PART #1.
*ceritaku.

Jadi ceritanya ada beberapa temen yang nanya tentang update gimana aku ngatur keuangan sekarang.
Nah berhubung pengaturan keuangan aku di tahun 2019 sudah ada perubahan, biar pembaca blog nggak bingung..., aku ceritain dulu ya pengaturan keuangan aku di awal-awal berumah tangga 😚.

Awal-awal menikah, saldo di tabunganku hanya tinggal Rp.400.000 dan semuanya aku sedekahin.
Jadi per Hari pertama jadi Wife, aku dan suami mengandalkan gaji bulanan. Dimulai dari 0 ceritanya, kayak prinsip pom bensin.hehe....

Dari awal menikah, aku punya 4 Rekening Bank. Terdiri dari :

(1). BANK MANDIRI :

Sejak pindah bekerja ke anak Perusahaan BUMN di kota Bandung, bikin keuangan aku mulai kocar-kacir. Yang sebelumnya bisa ngasih uang buat Papa dalam jumlah lumayan, tapi semenjak dipaksa calon Ibu mertua untuk resign, efek sampingnya jadi bikin nominal gaji aku menciut super drastis. Selain berkurang banyak nominal gaji yang diterima, aku nggak bisa lagi ngasih Papa uang, ditambah pula aku empot-empotan untuk nabung buat persiapan nikah.

Tapi apa daya, karena satu dan lain hal dimana aku terpaksa pindah ke perusahaan lain, akhirnya bikin aku juga harus buka Rekening baru di sebuah bank yang ditunjuk oleh Perusahaan sebagai bank yang mengurus payroll-ku tiap bulan.

Kala itu aku gajian setiap tanggal 25. Dan seketika saat gaji kerja sudah masuk Rekening, seluruh saldonya aku transfer semua ke BCA dan BRI.
Kenapa sih nga disimpen di mandiri aja, Lan?
Because I really really Hate Bank Mandiri so much 😒.

(2). BANK BCA

BCA ini sebenernya satu-satunya Bank kesayanganku. Karena aku bikin akun di Bank BCA semenjak kuliah (2004). Betapa senengnya saat itu saat jadi anak kuliahan dan punya kartu ATM bank BCA.hahaha....

Dari mulai awal kuliah, Lulus kuliah, masuk kerja, resmi jadi karyawan ibukota, sampai menikah pun, Bank BCA bener-bener setia nemenin dompet aku. Nomer Rekeningnya nggak pernah berubah.
Bahkan  saat uang gajian sudah masuk di Rekening Bank Mandiri pun, semua uang  pribadiku dipindah ke akun Bank BCA ini, termasuk untuk menabung uang milik sendiri + hasil jualan kecil-kecilan.

(3). BANK CIMB NIAGA :

Nah, membahas bank  1  ini, dibaliknya ada cerita menarik. Ini adalah akun Bank yang saya buka saat pertama Kali hijrah ke Lippo Karawaci. Bikin akun di bank ini ya tidak lain karena memang Perusahaan menggunakan jasa payroll memakai Bank Niaga ini. 
Dan emang keputusan tepat, bahwa tempat kerjaku dulu pakai Niaga, soalnya aku pribadi seneng banget pake akun Niaga.
Kenapa?
Karena fitur internet banking & mobile banking-nya super duper user friendly. Nyenengin deh buat pakainya. Nggak perlu remote token juga buat dibawa kemana-mana kayak Bank Mandiri dan BCA yang pake token. Repot cuy! Hahaha...

So, after menikah dan udah nggak gajian lagi melalui bank ini, makanya akun Niaga 1 ini diisi dengan saldo untuk nafkah bulanan (alias untuk belanja kebutuhan harian ; belanja bulanan rumah tangga, jajan berdua, uang travel Bdg-Jkt, disimpen disini.

(4). BANK BRI :

Sebenernya dulu dari jaman aku masih jadi anak TK imut-imut, Papa udah bukain aku Rekening di BRI. Sampai akhirnya ketutup sendiri.
Nah sejak kerja di ibukota, aku coba untuk buka Rekening BRI lagi, karena kebetulan Papa pakenya bank BRI. Makanya sengaja aku buka akun ini untuk nransfer kebutuhan Papa lainnya (belanja, isi kulkas, dll) walau nggak seberapa.
Yaaa jadi akun Bank BRI ini isinya nggak begitu banyak. Saldo uang lebih banyak aku simpan di BCA.

Selepas akhirnya Resign, finally akun bank Mandiri aku tutup selama2nya.
Dan officially akhirnya hanya punya 3 akun Rekening :

(a). Bank BCA : untuk kebutuhan pribadi.
(b). Bank BRI : untuk rutin tetep ngirim ke Papa.
(c). Bank CIMB NIAGA : untuk belanja harian & bulanan + tabungan Wajib rumah Tangga.

Setelah Papaku meninggal dan bersamaan dengan nemu 1 Bank dengan kecanggihan fiturnya, akhirnya saya rombak lagi Akun perbankan yg dimiliki 😅.

Apa aja sih yang dirubah untuk pengaturan keuangan saya baru-baru ini?

Jawabannya, akan aku tulis di postingan blog berikutnya ya :)

0 Comments

Hi there, thanks so much for taking the time to comment.
If you have a question, I will respond as soon as I can.

Dont be afraid to shoot me an email! If you have a blog, I will pop on by :)