Featured Posts Slider

TIPS MEMBELI RUMAH PERTAMA UNTUK DIHUNI

Monday, 30 March 2020

 

 Alhamdulillah, akhirnya setelah 3,5 bulan keliling keluar-masuk komplek untuk pencarian rumah masa depan, finally alhamdulillah ketemu juga rumah yang sesuai kriteria masa depan. Cerita perjalanan bisa dapat rumah masa depan ini di dapat dengan perjuangan. Di mulai dari awal November 2019 & berujung di Januari 2020.

November 2019 : Usai beres urusan tahlilan, aku bersama suami hampir tiap weekend agendanya muterin Bintaro dengan bekal boncengan motor keluar masuk cluster lama maupun baru.

Keluar-masuk komplek. Sampe hobinya ngumpulin brosur perumahan beserta gambar denah & price list. Dari yang mulai kepanasan-kehujanan-keringetan-pantat tepos-sampe ketawa-ketawa

12 Januari :

Belum pada mandi hehe….

Minggu pagi kami iseng main ke Marketing Gallery Bintaro Jaya. Setelah ngobrol A-Z tentang rumah yang available, masih aja belum nemu yang sreg.

Eh cuman selang 5 hari berikutnya, tiba-tiba diinfoin oleh marketingnya Jaya Property, bahwa mereka akan membangun Cluster baru + harganya sesuai budget kami.

Auto langsung grecep beli 1 unit rumah dengan harga masih Pre-sale!.

 So, dari pengalaman singkat tapi berkesan itu...kali ini saya akan menguraikan beberapa Tips dalam membeli rumah pertama yang bisa jadi panduan kita terutama bagi yang baru saja menikah 1-3 tahun terakhir ini dan berencana membeli sebuah rumah pertama.

 TIPS MEMBELI RUMAH PERTAMA :

  1. Belilah rumah pertama-mu bersama pasangan melalui Developer terpercaya & sudah kompeten dalam bidangnya. Kenapa? karena Developer yang sudah terpercaya dan reputasinya baik, selain mereka menjamin lahannya sudah ter-tata dengan baik, pembangunan jaringan listrik juga sudah dijamin disediakan dengan baik, terutama kamu tidak akan kena tipu dengan pengembang abal-abal (toh karena mereka menjaga nama baik perusahaan mereka, jadi akan membangun sebuah kawasan hunian tidak main-main). Banyak kan tuh sekarang pengembang yang membawa uang calon buyer dan tidak dibangun-bangun lahannya. Adapula pengembang kecil yang memang pasti membangun cluster-nya, hanya saja sistim pembayarannya tidak bisa KPR, melainkan cash keras dengan sistem bayar 2 atau 3x. Kebayang kan hanya dalam 6 bulan kita harus menyediakan uang cash ratusan juta sendiri tanpa sistim KPR. Pengembang seperti ini bisa dibilang belum kuat dalam hal keuangannya, sehingga mereka belum berani mengambil resiko besar bertransaksi dengan Bank perihal KPR.
  2. Pastikan pihak Developer sudah menjalin kerjasama dengan pihak Bank terpercaya dan menyediakn fasilitas KPR dalam proses pembayarannya. Karena dengan kerjasama dengan Bank, legalitas mereka dalam membangun sebuah hunian juga bisa kita percaya.
  3. Amat sangat penting faktor Legalitas dan Sertifikat Tanah yang diterbitkan BPN atas lahan yang dijual oleh Developer sudah selesai (Sertifikat sudah dipecah) jadi kita pemilik resmi hunian yang akan kita beli (Dalam bentuk : SHM ; Sertifikat Hak Milik, IMB dan lingkungan). Bukan HGB (Hak Guna Bangun).
  4. Developer yang sudah punya nama dan terpercaya, mereka akan memakai material-material yang bagus dan kuat untuk digunakan untuk membangun. Tidak asal-asalan membangun yang penting laku terjual. Yang pada akhirnya 3-5-10 tahun ke depan, kita akan justru memngeluarkan banyak biaya untuk memperbaiki pondasi rumah, banyak keretakan bangunan, dan sebagainya.
  5. Dengan membeli rumah dari pihak Developer yang terjamin, maka kita akan memiliki kawasan yang tertata apik dengan landscape and fasilitas pendukung yang memadai.
  6. Dengan pembelian rumah pertama yang dipastikan kita akan menghuninya. Sehingga developer yang baik dan sudah terpercaya, mereka juga akan memastikan kondisi air tanah maupun instalasi PDAM terbangun dengan baik.
  7. Keamanan lingkungan meliputi security dan keamanan sekeliling komplek' cluster yang kita huni terjamin. 
  8. Dan terakhir, dengan kita memastikan membeli rumah pertama dari tangan Developer terpercaya, maka terjamin pula legalitas rumah bila ke depannya kelak rumah tersebut akan kita jual. Calon pembeli baru sudah akan tenang untuk membeli rumah kita karena surat-surat dokumen Legal rumah lengkap.

 Kriteria diatas tersebut bisa menjadi point-point penting kita dalam membeli rumah pertama yang dipastikan akan di huni.

 

 

Dan di bawah ini akan saya jabarkan lebih lanjut, alasan-alasan detail mengapa kita harus membeli rumah dari Developer yang sudah memiliki nama yang baik di kalangan masyarakat. Diantaranya :

  1. Membeli rumah melalui Developer memudahkan dan menghemat waktu serta energi. Kamu tidak perlu repot mencari tanah, dan tidak harus membangun dari nol. Rumah sudah jamin dibangun oleh developer.
  2. Developer yang baik, ia tidak hanya membangun dan menjual hunian, tetapi mereka juga akan menata desain Fasad rumah agar indah dilihat, mentata konsep perumahan yang baik seperti lingkungan, saluran pembuangan air dan jalur listrik.
  3. Sebuah Developer yang sudah di dukung dengan pihak Bank, maka dapat di kategorikan berstatus perusahaan pengembang yang baik & menjamin kepastian bahwa rumah akan terbangun semua.
  4. Legalitas seperti SHM dan IMB adalah hal yang paling krusial. Pastikan kita akan mendapatkan kedua dokumen tersebut sebelum transaksi. Banyak kita bisa jumpai diluaran sana sudah tinggal di rumah tersebut bertahun-tahun (bahkan 10 tahun lamanya) tetapi Sertifikat tanah belum di dapatkan warga.
  5. Rumah akan berdiri dalam waktu 10 s/d 20 tahun ke depan. Maka pemilihan Material yang digunakan untuk membangun hunian adalah hal amat penting,. Material baik maka akan bertahan lebih lama dan sedikit kerusakan, artinya biaya akan lebih sedikit untuk perawatan. Tidak hanya harga tanah namun harga material setiap tahun juga akan naik⁣.
  6. Pekerjaan rumah pun juga harus baik, mulai dari struktur sampai finishing dengan kesesuaian keteknikan, berdampak besar apabila dalam pembangunan ada salah perhitungan, dari amblas nya fondasi sampai retak mayor⁣.
  7. Air adalah sumber kehidupan, dan akan selalu di gunakan. Berpikirlah matang matang untuk hal ini, filter system cukup mahal dan ada kalanya rusak⁣.
  8. Pastikan developer anda memiliki hubungan yang baik dengan warga sekitarnya dan keamanan dapat terwujud.

Hal-hal diatas harus kita pastikan dilakukan dan dikerjakan oleh pihak Developer agar ke depannya kita memiliki hunian yang baik, kokoh, aman dan terjaga lingkungannya.

PERSIAPAN SURVIVAL KIT

Friday, 27 March 2020

How to prepare Corona Virus quarantine ? 

How to prepare Survival Kit ?

Pertanyaan yang selalu ada dibenak saya dan suami jauh sebelum kami menikah.

Mungkin karena efek bahwa kami berdua adalah pasangan pecinta film vampires, jadi sudah dari lama kami sudah merencanakan persiapan apa saja yang harus disiapkan bila kelak terjadi wabah atau keadaan genting yang memaksa kita untuk "survive".

Ditambah pula, sejak kami berdua menikah, makin menjadi perencanaan untuk menjadi seorang survivor. Walau pada awalnya, beberapa teman yang mendengar persiapan kami justru malah mentertawakan. 

But, see..... Ternyata prediksi kami tidak salah. Di kala saat itu rata-rata ide kami ditertawakan, tapi kini terjadi juga bahwa di dunia saat ini sedang masuk wabah pandemi bernama corona yang sudah cukup mengerikan dan merusak Tatanan politik & ekonomi dunia.

Hingga tidak mungkin, bila memang terjadi resiko yang buruk di negara kita ini, setidaknya saya & suami sudah bersiap lebih dulu dibanding lainnya.

So, kali ini saya akan membagikan apa-apa saja persiapan Serta barang yang harus disiapkan di kala situasi genting seperti ini.
Let's check this out.


Emergency To Do List :
  1. Bagi yang punya Dollar, simpan sebagian, sebagian tukarkan.
  2. Bagi yang punya Logam Mulia, simpan.
  3. Bagi yang punya perhiasan emas, jual & segerakan membeli Logam mulia, mata uang dinar maupun dirham.
  4. Rapihkan & kumpulkan semua dokumen penting kamu dan keluarga di 1 wadah berkas (akta kelahiran, Kartu keluarga, ijazah, sertifikat rumah, dll).
  5. Bagi yang ada dana tabungan dengan jumlah lebih dan sedang tidak akan dipergunakan dalam waktu dekat ini, segera pindahkan ke dalam 'DEPOSITO'. Jaman sekarang membuka deposito sudah mudah, tinggal membuka melalui m-Banking bank manapun yang kamu miliki tanpa harus mengantri.
  6. Siapkan dana Cash di rumah (simpan di tempat aman dan mudah diambil).
  7. Pastikan kamu sebar beberapa dana di dompet virtualmu untuk keperluan transportasi mencakup apapun.
  8. Jadikan rumahmu sebagai markas terakhirmu bersama keluarga bila keadaan negara chaos.


Dan bagi saya serta suami, kami pun menyiapkan 'Survival Kit' andai kata kami sudah berada di lingkungan tidak aman dan mengharuskan kami berpindah tempat.
Barang-barang apa saja yang dibutuhkan? 
Saya akan perinci satu-per satu dibawah ini.

30 items Survival Kit :

  1. Tumbler / botol air minum (berkali-kali pakai) dan food grade seperti merk Lock and Lock.
  2. Lighters, lilin & korek api (pemantik api dan korek api).
  3. Jas hujan.
  4. Tissue basah & tissue kering.
  5. Alat makan darurat (Tupperware lipat, sendok & garpu stainless).
  6. Pisau lipat.
  7. Plastik zip lock.
  8. Senter 
  9. Baterai
  10. Sikat gigi traveling
  11. Sabun & shampo cair kemasan travelling.
  12. Makanan kaleng siap makan.
  13. Kabel ikat elastics (yang biasa untuk pengikat helm motor).
  14. P3K : betadine, kapas, perban, alkohol, plester perban, plester luka (hansaplast), paracetamol, obat maag, obat diare, antibiotics.
  15. Permen.
  16. Permainan kartu.
  17. Tas ransel.
  18. Handuk kecil traveling.
  19. Kaos & celana luar ; mudah cuci-kering-pakai (sepasang 1 set minimal).
  20. Kaos kaki.
  21. Sewing kit (mini perlengkapan jahit standar ; gunting mini, jarum, peniti & benang).
  22. Topi.
  23. Super glue.
  24. Alat tulis & kertas notes.
  25. Aluminium foil (kertas almunium).
  26. Gula kemasan kertas sekali habis (merk gulaku memproduksi gula kemasan kertas).
  27. Masker wajah & plastik sarung tangan.
  28. Pembalut wanita.
  29. Gadget (seperti walkie-talkie) / tetap bawa HP dengan sedia powerbank serta kabel charge-nya.
  30. Minimal 1 lembar foto keluarga beserta nama lengkapnya masing-masing ditulis di belakang foto & nomer telepon anggota keluarga tsb.

SEKOLAHKAN ANAK DI SEKOLAH NEGERI Vs. SEKOLAH SWASTA

Thursday, 5 March 2020


Assalamualaikum wr.wb.

Pilih-pilih sekolah bagi ibu-ibu dengan rumah tangga menengah memang lumayan bikin pending kepala.
Kenapa nggak? Karena memilih sekolahan buat anak-anak bukan hal sepele, harus dipikir dengan baik-baik dan matang penuh analisa.

Nah berikut saya akan mengulas tentang dampak pemilihan sekolah Negeri VS. sekolah Swasta (menurut kacamata pribadi ya).

Anak lebih baik di sekolahin di Sekolah SWASTA ATAU Sekolah NEGERI ?

Kalau bagi saya mau sekolah negeri, sekolah swasta sama aja (untuk jangka pendek). Yang bedain cuman jam sekolah nya sama ekskulnya.

Kalau di negeri jam sekolahnya seimbang, anak masih punya waktu bermain pas weekend, karena nggak masuk sekolah, kita nggak merenggut hari mainnya bersosialisasi tanpa harus ia lelah mental belajar terus. Emang sarananya gitu-gitu aja, tp justru yang diperlukan anak ya seimbang antara belajar dan bermain fisik.


Kalau di swasta udah mah mahal, emang itu harga mahal sebanding sama sarana prasarana lebih keren, lebih wah lah, prestisius jg sbg suatu kebanggaan keluarga khususnya orangtuanya yang sanggup nyekolahin anaknya ke swasta yang bergengsi.
Eksul anak banyak variasi, cuman yaa itu weekend mereka akan masih disibukan dengan masuk sekolah setengah hari / pun nga masuk tapi eksul.

Belum lagi  sekolah senin-jumatnya bisa pulang sore karena siangnya masih ada kelas. Entahlah kelas tambahan/ ada jam tidur siangnya. Kasian anak diperas otak dari jam 7 pagi sampe jam 2 siang dengan kurikulum standard sekolah bule.

Paling keren yaa si anak bahasa inggrisnya markotop lah, tapi kasian...nya. tanya deh pas si anak udah SMA, tanya masa kecilnya pas SD menyenangkan ga, rata-rata mereka malah ngeluh sabtu masih masuk sekolah Karena eksul/ kelas tambahan, moment main galah asin, ucing kup. Bahkan main bola dari sabtu pagi di lapangan komplek sama temen-temen sebayanya nggak pernah dia alami gara-gara sekolah swasta.

So, bagi saya.....mau itu ntar mampu kek/ nga, saya pribadi sih bakalan tetep masukin anak ke SD SMP negeri. Jangan kita jadi orgtua yang merenggut keceriaan masa kecilnya, kelincahan mereka bermain sepulang sekolah (bukan sepulang sekolah malah kecapean fisik iya, ngepul otak berasap juga). #miris .

Urusan ntar anaknya prestasinya malah kurang dibanding swasta, biarin.
Dunia mereka kelak saat kuliah akan berkembang.
Jongkrokin aja ntar pas SMP-SMA Les bahasa inggris, bahasa itali kek. Jangan Kita jadi tipikal orang tua yang merenggut usia mereka dan tumbuh kembang dengan belajar terus.

Iya Pinter dapat, tapi pemalu/ minus sosialisasi/ berkacamata karena main gadget/ depan komputer mulu padahal masih kelas 5 SD. Kita orangtuanya yang dosa!

Urusan anak ntar Pinter, tiap anak punya kelebihan masing-masing.
PR Kita sebagai garis terdepan anak, yang harus tau minat anak.
Ntar pas di dunia kerja nggak akan tuh ditanya SD-nya dimana, SMP-nya swasta dimana, kagakkkkk buibu.
Pas kerja nanti, yang ditanya sama HRD rata-rata skill bahasa mereka, cara mereka MANDIRI, bisa beradaptasi & bersosialisasi (nah itu dari kecil Kita beri HAK mereka untuk bermain, bersosialisasi dengan teman2 sebayanya) ; bukan malah kita kungkung di sekolahan mulu.
Lama-lama jangan salahin sang anak IQ emang bagus, tapi EQ atau minimal Adab santunnya kelak di masa depannya minus karena ada hal masa kecilnya yang kurang.

Maaf kepanjangan 😊
Kesel aja sama buibu di perkotaan yang sok pamer anaknya sekolah swasta yg sebulan SPPnya 12 juta, daftar masuk sumbangan 48 juta, tapi giliran pas ada acara warga, arisan kek, kerja bakti kek, panitia agustusan kek, panitia anak muda ngurusin qurban idul adha RW kek, yakin sang anak tersebut bakalan nggak mau ikutan dengan keinginan-kesadaran diri sendiri (nggak disuruh/ diperintah), yang ada bakalan ada sederet alasan dari otak mereka untuk nggak ikut kegiatan lingkungan.
Jenis anak seperti itu bisa disebut minus Adab, nggak mau bersosialisasi dengan tetangga, apalagi tata krama nyapa tetangga, yang ada mereka pendiam, introvert, yang ujung-ujungnya kayak punya tetangga yang nggak mau bertetangga.

Rata-rata Pula, anak yang kayak gitu, terkadang nggak jauh-jauh beda sama tipikal kedua orang tua/juga salah satu orangtuanya yang dominan yang dimana orangnya kaku, tertutup.
Yahh kalaupun orangtuanya ramah, tapi sombong, suka ngomong tinggi, nggak pernah mau ngadain arisan di rumahnya, sosialisasi sama tetangga seperlunya doang, sisanya ngerem kayak di kerangkeng di rumahnya sendiri (cuman kerja-pulang-buka pintu-tutup pintu).m
Beuhhh males punya tipikal tetangga kayak gini.

Padahal di dalam ajaran agama islam, saudara terdekatmu adalah tetanggamu.

Kebayang... ntar meninggal, males buat ngelayat tipe keluarga, orgtua, anak yang pasif kayak gini. Walau Kaya, walau anaknya pinter kek, cerdas kek, juara dimana-mane, tetep BERTETANGGA itu yang dilihat, dipandang adalah Adab-nya, santunnya, luwesnya bersosialisasi di lingkungan tempat tinggalnya.
Bukan jejeran piala dan nilai 100 di selembar raport!.
Asli rapot dan piala nggak akan dibawa mati.
Paling cuman dikenang pas diomongin prestasinya semasa hidup.
Tapi tetangga akan lebih mengenang kebaikan kita bertetangga. Itupun kalo tetangga ngeh prestasi dan piala apa aja.


Tapi tetangga akan lebih mengenang kebaikan Kita bertetangga semasa hidupnya.

P.s. :
Belum lagi yang namanya pasangan nggak mau kalo cuman punya anak 1 orang, minimal 2 anak.
Siap-kah dengan biaya sekolahan untuk adik-adiknya kelak?
Nggak jauh beda, rata-rata kalau kakaknya di swasta, yaa adiknya di swasta.

Yaa maka jangan kaget, bakalan ada pengeluaran yang kaget juga double, atau triple.
Belum lagi embel-embel sumbangan sekolah, eksul, study tour, naiknya biaya sekolah, dll, dsb.

Kalau nggak ada masalah biaya, sanggup bayarnya yaa silahkan, lanjutkan sekolahkan anak ke swasta dengan segala efek kelelahannya & kelak mereka di masa tumbuh-kembang dan berdampak saat dia berperilaku di lingkaran sosial.

Uang memang bukan segalanya.
Tapi jaman sekarang, segalanya butuh uang.
Maka pintar-pintarlah & bijaklah terutama dalam mengeluarkan uang, khususnya bagi tumbuh-kembang anak dari ia kecil, untuk mempersiapkan masa depan mereka, bukan hanya pendidikan tapi juga nilai Adab dan Tata krama yang terpenting.

Bagi umat Islam, DAHULUKAN ADAB BARU ILMU.
Bukan ilmu dulu baru Adab. Bila iya, siap-siap kelak engkau menguburkan dirimu sendiri.

JALAN JAJAN DI YOGYAKARTA

Friday, 21 February 2020

Akhirnya setelah cukup lama vakum nggak nulis, barusan usai shalat maghrib tiba-tiba kangen lagi nulis di blog kesayangan.
Walau ini tergolong cerita liburan beberapa waktu lalu, tapi setiap mengingatnya, cukup bikin saya kangen ini kembali lagi kesana.

Ya. Akhir tahun lalu (Desember 2019) dengan rencana cukup matang, usai urusan tahlilan setahunnya Papa dilaksanakan, saya dan suami akhirnya sepakat menghilangkan penat, lelah dan kurang piknik ini dengan trip sederhana murah-meriah ke Yogyakarta! yeayyy.

Tanpa pikir panjang, saya meng-iya-kan ajakan suami untuk liburan ke Yogya dalam rangka akhir tahun 2019. Ceritanya sih karena sudah 2 tahun kami nggak kemana-mana selain hanya di Bintaro dan paling-paling sesekali rutin pulang ke Bandung menjenguk orangtua. Selebihnya ya hidup sederhana di Bintaro sembari menabung demi bisa (cicil rumah) niatnya sih.hehe.... 

Dan kali ini ini saya akan membagikan keseruan kami liburan di Yogyakarta selama 4 hari 3 malam.


Sudah dari seminggu sebelum keberangkatan, saya sudah mulai cicil packing-packing baju kami berdua (maklum) nyuci-nyetrika sendiri.hihi..

Dan saat malam keberangkatan, kami naik dahulu KRL ke stasiun Gambir. Kebetulan kami dapat tiket kereta yang malam, niatnya sih agar bisa istirahat tidur malam di kereta (perjalanan sekitar 10 jam ya Jakarta-Yogya), sehingga tiba di stasiun Tugu Yogya sekitar 04.30 shubuh. 

Perjalanan kami alhamdulillah lancar, dan sesampainya di stasiun Tugu masih tanpak lenggang suasananya. Setelah pukul 06.00 pagi dan sudah cukup terang, kami titip dahulu koper besar kami ke penitipan di stasiun, dan kami sengaja mencari sarapan pagi disekitaran luar area stasiun. Pagi itu suami menemukan soto yang tidak jauh letaknya dari seberang Malioboro.

Sempat pula kami berjalan pagi di Malioboro dan merasakan pagi disana. Dengan badan sudah cukup lengket keringetan, bertemulah kami dengan kedai es krim dan mencoba beristirahat sejenak. Tak lama kami melanjutkan jalan kaki kami menelusuri pinggiran Malioboro yang dimana para pedagang masih banyak yang belum berjualan, dan ada pula yang masih membuka terpal jualan.

Mungkin karena kelelahan dan pegalnya kaki, akhirnya tidak terlalu jauh menjajaki Malioboro, kami putuskan untuk kembali ke stasiun pukul 10.00 pagi, mengambil motor dan check in hotel, dan ki ini kami booking penginapan di Viure Guest House, via aplikasi traveloka. Yaa setidaknya kalaupun belum bisa check in, niatnya saya akan menunggu di lobby penginapan, sedangkan suami mengambil motor di tempat sewa motor.


Hari pertama kami berlibur di Yogya hanya kami habiskan dengan kuliner. Setelah siang check in, mandi dan beristirahat sejenak, sorenya kami jalan-jalan sore menjelang malam ke daerah Malioboro kembali untuk mencicipi wisata kuliner nasi angkringan.


Wahh....jangan ditanya, walau kami lokal, tapi porsi internasional xixixi... alias malam itu kami pesan makanan porsi setengah gunung, saking lapernya. Walau pesan nasi kucing dan segala macam varian per-sate-an, habis Rp.100.000 lebih hahaha... Kebayang nggak sebanyak apa kami mengambil porsi nasi kucing dan teman-temannya.
Lanjut malam makin gelap, tapi Yogyakarta Makin membuat kami senang menjelajahi Kota yogya. Yah hitung-hitung honeymoon sambil refreshing sederhana.

Saya dan suami sengaja bermotor malam ria menikmati langit yogya yang sedang cerah, tidak hujan, anginnya hangat. Sampai akhirnya karena tidak ada rencana, kami belok ke arah Alun-alun Yogya.

Wihiiii.... Seru, meriah. Banyak warna-warni Kendaraan unik di Alun-alun. Awalnya sih ragu, tapi karena penasaran dan senengnya ngeliat kerlap-kerlip Kendaraan unik yang digoseh kayak sepeda tapi gemerlap lampu dan musik, akhirnya saya tertarik menaiki ini. Dan Karena lagi musim liburan, harga sewanya Rp.100.000,- . Walau lumayan mahal, tapi kapan lagi kan saya dan suami cekakak-cekikik ketawa seru nge-goseh sambil ditemani lagu Tulus dan kerlap-kerlip lampu hias kendaraan.


Alhamdulillah... Hari pertama kami kuliner malam angkringan, menikmati keramahan Alun-alun sambil menaiki mobil hias, dan di tutup dengan makan angkringan lagi dengan menu jagung bakar dan roti bakar.

Postingan selanjutnya saya akan ceritakan pengalaman liburan hari kedua di Yogya yang tak kalah serunya.

MEMAHAMI STRATEGI SETAN

Monday, 16 December 2019


#kajiandhuha
بِسْمِاللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ.

161219
Ustadz Aam Amiruddin
Masjid Al-Murabbi, Bandung.

TEMA : "MEMAHAMI STRATEGI SETAN".

Assalamualaikum wr.wb.

Setan itu dalam QS.An-Nass: 4-5 bisa juga tampak. Setan ambil dari kata Syaitona (syaiton = membengkokan orang lain).

مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ.

min syarril-waswāsil-khannās.
dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi,

الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ.
allażī yuwaswisu fī ṣudụrin-nās.
membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,.


[ QS.Al-Araf : 16-17 ] :
ṣirāṭakal-mustaqīm (Iblis) menjawab, “Karena Engkau telah menyesatkan aku, pasti aku akan selalu menghalangi mereka dari jalan-Mu yang lurus (16), kemudian pasti aku akan mendatangi mereka dari depan, dari belakang, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (17) ".

"STRATEGI SETAN MENJERUMUSKAN MANUSIA".

[ QS.An-Nur:21 ] :
"Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Barangsiapa mengikuti langkah-langkah setan, maka sesungguhnya dia (setan) menyuruh mengerjakan perbuatan yang keji dan mungkar. Kalau bukan karena karunia Allah dan rahmat-Nya kepadamu, niscaya tidak seorang pun di antara kamu bersih (dari perbuatan keji dan mungkar itu) selama-lamanya, tetapi Allah membersihkan siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui".

✓ Fahsa : dosa yang melibatkan orang lain.
✓ Munkar : dosa yang bisa dilakukan sendirian.

📌 (STRATEGI SETAN) :.

  1. Tah'wif : menakut-nakuti. (Takut karena manusiawi, takut karena pertolongan Allah).
  2. Adawah : menanamkan permusuhan & kebencian ; dengki.T
  3. Tamanni : memperdaya manusia dengan angan-angan (khayalan). [QS.An-Nisa:119].T
  4. Tazzin : membungkus kemaksiatan dengan kenikmatan. [QS.An-Nahl:63].W:
  5. Waswas : membisikan keraguan saat mau melalukan kebaikan. Membisikan sesuatu yang membuat anda tidak berbuat.



Bandung,
161219.

MENIRU PARENTING ALA RASULULLAH

Wednesday, 16 October 2019

Bismillahi'rahmanirahim.
Kajian Dhuha
081019

Syeikh Ahmad Al Misry @ahmad_almisry

Masjid Asy-Syuhada, Tangerang Selatan.


Tema : "MENIRU PARENTING ALA RASULULLAH".

بِسْمِاللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


Amal yang Saleh lebih baik dan lebih kekal. 
Anak, istri, harta bisa jadi nikmat, harta, perhiasan dan bisa jadi pula petaka.

Nabi SAW memiliki 7 anak. Dan anak bungsunya adalah Fatimah. Fatimah R.A. meninggal dunia di usia 29 thn, tepatnya ia meninggal dunia 6 bulan setelah Rasulullah wafat.


Bagi Islam bila seorang wanita melahirkan :

• Anak laki-laki : maka perintahkan keluarlah ia ke dunia & Jadilah penolong Ayahnya.

• Anak perempuan : keluarlah ke dunia & Ayahnya-lah yang akan menjadi penolongnya.


( PRINSIP & METODE DALAM PENDIDIKAN ANAK ) :

  1. At-Tarbiah bil QudwahMendidik anak dengan memberi contoh yang baik.
  2. At-Tarbiah bil'adah : Mendidik anak agar membiasakan hal-hal yang baik. Contoh : membiasakan putranya diajak ke mesjid, membiasakan anak tidak berbohong dgn orangtuanya berkata jujur. Saat adzan berkumandang, ajak putri Kita shalat bersama, tidak mengambil hak/ barang orang lain. Dll.
  3. At-Tarbiah bil'adza : Memberi nasihat. Mendidik anak mandiri. Kedisiplinan itu adalah peraturan, Bukan hukuman (contoh: sejak kecil ajarkan anak membereskan tempat tidurnya sendiri).
  4. At-Tarbiah bil'muqob : Ada Pengawasan. Jangan kira anakmu adalah anak suci. Anak mudah mendapat pengaruh buruk dari luar.
  5. At-Tarbiah bil'uquwbah : Hukuman. Hukuman untuk anak2 Bukan kekerasan tetapi menahan yang ia miliki (mengambil mainannya, menahan uang jajannya,dll).

QnA :

Di dalam ajaran Agama Islam, di dalam Al-Qur'an, ADOPSI itu di Haramkan.

Tidak ada istilah adopsi dalam Islam.

Bila tetap ingin mengangkat anak, maka rawatlah, didiklah seperti anak kandung sendiri, tapi Nasabnya tetap ke Ayah & Ibu kandungnya. Surat2 legal seperti Akta Kelahiran dll masih atas nama Ayah-Ibu kandungnya (bukan nama Kita).


Tapi tidak apa2 bila masih mau mendidik, merawat bahkan kelak menikahkan-nya saat ia dewasa, pahala mengalir pada kita dengan penuh kemuliaan, tetapi nasabnya masih kepada Ayah kandung asli.


Bintaro,

Masjid Asy-Syuhada, Tangerang selatan
IG : @mt.asysyuhadaa

MENGENAL ALLAH


Bismillahi'rahmanirahim.


Kajian Maghrib
051019
Ustadz Rizki Marwan Umar, Lc.
Masjid Ash-Shaff @masjidashshaff



Tema : "MENGENAL ALLAH".



بِسْمِاللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ



Dalam QS. AL-IKHLAS dijelaskan :



“Katakanlah (wahai Muhammad) bahwa Allah yang Maha Esa.”
Allahu somad artinya adalah bahwa Allah merupakan tempat atau Tuhan untuk bergantung dari segala sesuatu yang ada di alam semesta.
Lam yalid walam yulad artinya adalah Dia (baca: Allah) tidak beranak dan juga tidak diperanakkan.
walam yakullahu kufuwan ahad artinya adalah bahwa tidak ada seorang (atau makhluk) pun yang setara (sebanding) dengan-Nya".



Dalam ayat ini dijelaskan bahwa Allah SWT adalah :
Tidak seperti makhluk-makhluk yang Ia ciptakan, melainkan Ia adalah Tuhan yang justru menciptakan serta memiliki kendali akan apa yang telah terjadi dan apa yang akan terjadi kepada makhluk-makhluk yang telah Ia ciptakan di seluruh Alam semesta.



DZAT Allah : dalam artian Allah itu Esa, Tunggal, tidak beranak & tidak diperanakan.



SIFAT Allah : dalam artian Tinggi. Dijelaskan bahwa Allah Maha Tinggi (Sempurna). Dengan segala kekuasaan yang dimiliki. Sang Maha Pencipta dan Pemilik Alam semesta beserta Arsy dan seluruh isinya.



Diterangkan pula di dalam (QS.An-Nahl : 50) :



يَخَافُوْنَ رَبَّهُمْ مِّنْ فَوْقِهِمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ .



yakhāfụna rabbahum min fauqihim wa yaf'alụna mā yu`marụn.
"Mereka takut kepada Tuhan yang (berkuasa) di atas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan (kepada mereka)".



Jadi jika ada makhluk Allah (manusia) bertanya bagaimana Rupa, bentuk, Sifat Allah?
Jawablah dengan, ...
"wahai temanku, engkau sudah menyalahi Akidahmu. Tidak mengikuti Alhluh'sunah sebagaimana ajaran yang diajarkan oleh Nabi & para sahabatnya".



Karena sesungguhnya Sifat dan zat Allah adalah Hal ghaib yang tidak perlu dicari kebenarannya. Dan Janganlah kamu menyamaratakan isi Al-Qur'an & Al-Hadist sesuai akal.
Karena akal memiliki batas, sedangkan Sifat Allah tanpa batas, Allah Maha Sempurna dengan Kemuliaannya (tidak ada yang menandinginya).


Bintaro, 051019
Masjid Ash-Shaff.
Ustadz Rizki Marwan Umar, Lc.

Ustadz yang highly reccomended 😊👍🏻.

MENITI SHIRATAL MUSTAQIM


Bismillahi'rahmanirahim.
Kajian Dhuha
011019
Ustadz Rizki Marwan Umar, Lc.


Tema : "MENITI SHIRATAL MUSTAQIM".


بِسْمِاللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

TANDA-TANDA HAMBA YANG DISAYANG ALLAH :

1). Allah beri ketenangan yang mudah dan murah.
2). Allah menaikan derajat orang yang beriman & berilmu dengan sekian derajat.
3). Orang yang menghadiri Majlis ilmu, maka Malaikat menaunginya dengan rahmat, dan Malaikat memanggil teman2nya untuk datang mendoakan orang tsb.


7 GOLONGAN YANG DINAUNGI DI PADANG MAHSYAR :
1). Pemimpin yang Adil.
2). Orang yang terpaut hatinya dengan masjid.
3). Pemuda yang tumbuh & berkembang taat kepada Allah SWT.
4). Orang2 yang berinfaq dengan tangan kanannya, hingga tangan kirinya tidak mengetahuinya.
5). Orang2 yang sendirian, tiba2 airmatanya jatuh karena mengingat Allah.
6). Orang2 yang mencintai karena Allah & membenci karena Allah.
7). Orang2 (Pria) yang diajak berzina tetapi ia menolak karena Allah.


Hidayah memiliki 2 makna :
a. Hidayah dalam arti ILMU.
(Petunjuk utk mengetahui kebenaran).
b. Hidayah dalam arti TAUFIK.
(Kekuatan utk melaksanakan kebenaran).


(QS. Al-Qasas : 56 ) :
"Sungguh, engkau (Muhammad) tidak dapat memberi petunjuk kepada orang yang engkau kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang Dia kehendaki, dan Dia lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk".

(QS. Asy-Syura : 52) :
"Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu (Muhammad) ruh (Al-Qur'an) dengan perintah Kami. Sebelumnya engkau tidaklah mengetahui apakah Kitab (Al-Qur'an) dan apakah iman itu, tetapi Kami jadikan Al-Qur'an itu cahaya, dengan itu Kami memberi petunjuk siapa yang Kami kehendaki di antara hamba2 Kami. Dan sungguh, engkau benar2 membimbing (manusia) kepada jalan yang lurus,".


Dalam shalat memiliki makna :
"ya Allah tunjukkan aku ke jalan yang lurus, berikan kemudahan dalam menjalankannya, hindarkan penyelisihan dalam menjalankannya".

• Dalam artian :
- al-magdud : kemurkaan.
- dholim : sesat -- bagi orang nasrani (beramal tapi tidak berilmu).
- dholim : sesat -- bagi orang Yahudi (berilmu tapi tidak beramal).


Tujuan Akhir Shirathal Mustaqim :
Tertera dalam QS.Yunus : 25.

TANDA HATI YANG SELAMAT


Bismillahi'rahmanirahim.

Kajian Dhuha
Ustadz Aep Saepullah Ibnu Ahmad, Lc.



Tema : "TANDA HATI YANG SELAMAT".


بِسْمِاللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


(QS.Asy-Syuara : 88-89) :

Allah SWT menyebutkan : dalam Hari Kiamat kelak Tidak akan bermanfaat Harta dan anak kecuali orang2 yang datang menghadap Allah dengan Hati yang selamat. Maka :

Anak & Harta bisa menjadi Penyelamat jika anak & hartanya memberikan kebaikan untuknya.


(QS.Al-Araf : 179) :

"Dan sungguh, akan Kami isi neraka Jahanam banyak dari kalangan jin dan manusia. Mereka memiliki hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka memiliki mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengarkan (ayat-ayat Allah). Mereka seperti hewan ternak, bahkan lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lengah".



(QS. Al-Hajj : 46) :
"Maka tidak pernahkah mereka berjalan di bumi, sehingga hati (akal) mereka dapat memahami, telinga mereka dapat mendengar? Sebenarnya bukan mata itu yang buta, tetapi yang buta ialah hati yang di dalam dada'.

BAGAIMANA MENJAGA HATI KITA AGAR SELAMAT ?

.

(1). Hati yg selamat adalah hati yang beriman pada Allah. Men-Tauhidkan Allah SWT.

(2). Selamat dari segala macam ke-Bidah'an diantaranya :
     - dapat membedakan maksiat & Amal shaleh.
     - dapat membedakan taat & ketidak-taatan.
(3). Selamat hatinya dari maksiat. Seperti : marah, hasad, iri, dengki, tamak (sibuk mengumpulkan harta).


PENYAKIT HATI MUNCUL KARENA 4 HAL :

(1). Karena kebanyakan bicara, bisa mengeraskan hati.

(2). Karena banyak makan, bisa menumpulkan hati.

(3). Karena banyak memandang, bisa merusak hati & agamanya.

(4). Karena banyak (berlebihan majlis ; berkumpul ; bergaul) bisa merusak hati.

Dan kunci itu semua adalah dengan ber-Istiqomah (bersungguh-sungguh belajar Agama).


Bintaro, 250919.

Ustadz Aep Saepullah Ibnu Ahmad,Lc.

MENJAWAB MASALAH HIDUP


Bismillahi'rahmanirahim.
Kajian dhuha
170919
Ustadz Hilman Fauzi.
Masjid Asy-Syuhada

Tema : "MENJAWAB MASALAH HIDUP"

.بِسْمِاللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

CIRI-CIRI WANITA YANG TERMASUK AHLI SURGA :

1). Wanita yang sabar.
Siti Khadijah. Sabar memiliki suami yang sholeh, yaitu Rasulullah SAW yang dihina, dicaci orang2 jahiliyah dan istrinya Bersabar.

2). Wanita yang sabar karena Iman.
Asyiah. Sabar memiliki suami yang tidak shaleh seperti Firaun.

3). Saat dia menjadi anak yang sholehah.
Fatimah Az-zahra Binti Muhammad SAW. Is menjaga dirinya, kehormatannya, dan selalu hormat kepada orangtua dan lainnya.

4). Wanita yang hidup sendiri Dan menjaga dirinya.
Maryam Binti Imran. Walau ia seorang janda yang dihina, dimaki, tetapi ia tetap menjaga dirinya. Dan Allah menghadiahkan Nabi Isa a.s. yang sholeh.

4 JANJI ALLAH BAGI UMAT-NYA YANG BERSABAR :

1). Sakinah. Allah akan beri ia ketenangan.
2). Allah akan berikan rahmat dalam hatinya.
3). Allah tidak pernah salah memberikan masalah.

Diterangkan dalam Al-Qur'an :

(a). Qs. al-Ankabut Ayat 2.
"Setiap Muslim diuji dengan masalah. Maka harus sabar. Dan dengan pahala sabar, surga akan membuka gerbangnya untukmu".

(b). Qs. Al-Anbiya : 35.
"Dan kami akan menguji kamu sekalian dengan kebaikan, keburukan serta fitnah".

(c). Qs. al-Baqarah : 286.
"Tidak mungkin Allah menguji kita, tidak sesuai kemampuan masing2 hamba-Nya".

(d). Qs. al-Baqarah : 45.
"Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Dan (salat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk".

Bintaro, 170919.
Masjid Asy-Syuhada
@mt.asysyuhadaa .

Custom Post Signature

Custom Post  Signature