Featured Posts Slider

JANGAN ANGGAP IBU MERTUA SEBAGAI IBUMU SENDIRI

Thursday, 10 October 2019
pic source : republika

Bismillahi'rahmanirahim. Assalamualaikum.
Hahhhh....cukup lama juga ya saya nggak menulis di blog kesayangan. Terakhir saya posting tulisan pun di bulan Juli lalu. Berarti sudah 2 bulan lebih saya tidak menyentuh blog. Bukan...bukan karena malas menulis, justru lagi keranjingan mengikuti Kajian di kota tempat tinggal sekarang, dan hasil sepulang kajiannya, ulasannnya saya tulis di Instagram pribadi agar untuk catatan dan pengingat pribadi serta sharing ilmu kajian islami dengan teman-teman di instagram. (Next....nanti saya tulis ulang ya isi kajian yang sudah saya dapatkan, bertahap berbentuk postingan dengan Kategori : 'Kajian Islami').

Nah, dan siang ini sesaat setelah usai shalat dzuhur tiba-tiba saja hati saya tergerak untuk menulis sebuah tema menarik. ya! Bagi saya sangat menarik hehehe.... Tidak lain dan tidak bukan adalah "Jangan Anggap Ibu Mertua Sebagai Ibumu Sendiri".

Based on true story nih. Emang bener loh. WHY?
Nah kita bahas ya di artikel ini, kenapa sih saya menyarankan dengan gamblang bahwa kita para wanita yang sudah menikah, jangan pernah menganggap Ibu mertua sebagai Ibu kita sendiri. Berikut saya jabarkan keajaiban dunia ke-8 ini hihihihi....



1. IBUKU YA IBUKU. IBU MERTUA YA IBU MERTUA

Di dalam pernikahan, otomatis saat kita menikahi sang pujaan hati, kita akan bertambah 1 ibu, dan disebut dengan sebutan Ibu mertua. Memang mau diajaran suku dan bangsa manapun kita harus hormat kepada Bapak & Ibu mertua. Tidak ada yang salah dengan keharusan yang tidak tertulis itu, karena pada dasarnya pun kita selalu diajarkan oleh Ibu dan Bapak Guru sejak di bangku SD bahwa kita harus menghormati orang yang lebih tua. 

Cuman dalam kasus Ibu mertua ini, dalam kita bersikap, tidak perlu-lah kita sampai sungkem membungkukan badan bahkan mencuci kaki mertua. Kenapa? Karena beliau bukanlah ibu kandung kita, bukan Ibu yang melahirkan kita.
Sewajar-nya saja untuk bersikap. Bila memang karakter mertua tidak patut untuk kita ikuti bahkan perintahnya tidak layak untuk kita laksanakan, maka berdiamlah & jangan ikuti (bila memang bertentangan dengan hati nurani kita). 

Seperti apa sih contoh hal-hal yang bertentangan itu, yang membuat kita tidak perlu mengikuti perintah Ibu mertua? Berikut saya ulas yaa di point-point berikutnya.


2. KEBIASAAN KELUARGA (HABIT)

Seperti kata pepatah, 'Buah Tidak akan Jatuh Jauh dari Pohonnya'.
Dengan kata lain, kebiasaan suami kita tidak akan jauh dari kebiasaan ibu-bapaknya. Begitupula Ibu mertua kebiasaannya tidak akan jauh dari orangtuanya (nenek-kakek suami). 

Bagi saya pribadi, sejak masih kecil saya selalu diajarkan kedisiplinan, kebersihan, terutama kerapihan.  Tetapi berbeda dengan mertua yang istilahnya lebih selow. Tidak terlalu teratur, terkadang lebih suka mepet-mepet waktu (dan nurun ke putranya a.k.a suami sendiri yang sukanya terkadang mepet waktu bila mau ada rencana pergi ke suatu tempat). Dari segi kebersihan yaah standar walau bila dibandingkan dengan standar kebersihan saya yang Grade 9.hahaha...

Belum lagi ini yang terpenting, soal kerapihan. Terus terang beda sekali dengan kerapihan yang diajarkan oleh orangtua saya. Dimana sejak kecil saya sudah diajarkan untuk rapih dan apik dalam menata rumah, meletakan barang-barang. Tapi seketika dikala masuk ke dunia rumah mertua, warna-warni dimana-mana, kalau bahasa sundanya 'pabalatak'. Membuat jiwa Decluttering dan Organizing saya bergejolak. Nggak kuat ini mata melihat keberagaman benda dan peletakan barang yang ada di seluruh penjuru mata angin.
Rasa-rasanya saya seketika ingin berubah menjadi Marie Kondo versi kearifan lokal!

Yaah jadi saya biasanya hanya senyum dan membiasakan mata ini terdiam dan tangan tidak gatel untuk membereskan. Cukup duduk manis dengan senyum terdatar.


3. KARAKTER DUNIA TERBALIK

Pernah dengar-kah kisah mertua dan menantu yang selalu cekcok dalam urusan sepele?
Jawabannya : BANYAK cyin!! hahahaha...
Coba bayangkan (bandingkan) dan pasti banyak teman-teman yang meng-iya-kan.

Kita sudah menikah, dan kita tinggal di rumah orangtua. Sabtu pagi kita bangun pagi, belanja sayuran ke mang sayur yang bertengger depan rumah, masuk rumah, masak bersama ibu tercinta sambil ketawa haha-hihi, itupun dengan bonus belum mandi. Selesai masak, sambil makan pagi, kadang yang masih hobi nonton Doraemon, bisa sambil leyeh-leyeh depan TV nonton Doraemon. Bagi anak lelaki, makan sambil baca koran. Itupun selesai makan, piringnya yang nontonin kita baca koran sampai piringnya kering. Bonus kita bisa baru mandi jam 10 / 11 pagi. Dan orangtua tidak protes, asalkan rumah & tanggung jawab sudah beres.

Coba bandingkan dengan di rumah mertua.
Kita menantu wanita sudah menikah, dan kita tinggal di PMI (Pondok Mertua indah). Mau suami bangunnya siang, kita para menantu perempuan hukumnya HARAM bangun siang ya buibu. Itupun juga udah diburu-buru mandi habis subuhan. Beranjak dandan tipis & bertengger di pagar nunggu mang sayur buat masak/ ke pasar.

Ehhhh pas paginya mau masak, nggak bisa tuh ketawa haha-hihi sama Ibu mertua. Rasanya tegang kayak mau UMPTN / UN. Kita mau motong perbawangan dahulu, ehh Ibu mertua nyuruh yang lain. Kita masukin bumbu apa, ehh mertua langsung nyamber ngelarang kita masukin bumbu itu, harus yang bahan lainnya dulu. Belum lagi bonus kita mau masak apa & sudah belanja bahan seabrek, ehh tau-taunya Ibu mertua mau masak menu lain.

Pernah juga pengalaman saya pribadi.
Ceritanya mau masak menu sayur asam, sambal, ayam goreng dan teman-temannya. Sejak kecil saya diajarkan oleh Ibu kandung bahwa komposisi sayur asam terdiri dari : labu siam, daun tangkil, melinjo, daging sapi, irisan bawang putih-bawang merah, cabe hijau besar, asam jawa serta irisan tipis cabe rawit. Sedangkan bagi ibu mertua isiannya sayur asem saja sudah beda. Walau sepele, bisa jadi bikin kita menantunya kikuk bin serba salah. 
Belum lagi ditambah obrolan santai di meja bisa berubah jadi Kultum (Kuliah Tujuh Menit bersama Mamah Mertuah bukan Mamah Dedeh) hihihi... Entah itu tentang isian masakan, menunya, kesalahan menantu masukin bahan, bonus wejangan panjang. 

Maka setelah sekian tahun bercengkrama di dapur dengan Ibu mertua, akhirnya saya menemukan TIPS JITU tentang per-makanan bila ke rumah mertua :
  1. Jangan pernah masak di rumah mertua. Tapi belilah di luar. Belinya sekalian yang di tempat makan, resto rada mendingan punya nama (bukan warteg). Setidaknya tingkat kehigienisan & rasa masakannya terjaga. 
  2. Kalaupun ke dapur rumah mertua, cukup kerjakan : cuciin piring, gelas, sendok dan sebangsanya bekas suami makan. Yaa bonus mungkin nyuciin tumpukan piring bekas makan adik ipar dan mertua.
  3. Kalau minum, ambil gelas sendiri. Selesai minum cuci sendiri...walau disitu ada ART-nya.
  4. Salah satu wasiat pesan dari almarhum Papaku dikala Papa masih ada. Papa selalu bilang, kalau putrinya ini ke rumah mertua, sudah bawakan saja (belikan) untuk mertua : masakan matang yang dibeli di resto yang baik & higienis (bukan warteg/ jajanan pinggir jalan) ; bawakan jajanan tradisional yang dibeli di toko kue, atau bawa buah-buahan dengan bentuk parsel. Bisa juga makanan yang disukai mertua ; adik ipar / bawa buah tangan dari kota asal kita tinggal. Dijamin, setelah saya coba, alhamdulillah nggak kena getok mertua.hwehehe....


4. KELUAR RUMAH

Nah ini dia tips paling awal atau paling mentok kalau sudah terjadi perang dunia ke-3 di PMI (Pondok Mertua Indah). Jangankan perang dunia, kadang kalau kita para istri bercerita keluh-kesah tentang perlakuan Ibu mertua pada kita istrinya ini, kebanyakan para suami selalu menyangkal alias nggak percaya sepenuhnya dengan istrinya. Atau bisa juga percaya tapi setengah-setengah, dan ujung-ujungnya hanya keluar dengan kalimat pamungkas suami, "yaudah, Mama sabar ya sayang, ibu gitu kan juga artinya sayang, kita yang muda sabar aja".

Sabar. Dah itu intinya. Sedangkan terkadang namanya manusia, sabar itu ada batasnya. Sesabar-sabarnya istri, dan seimut-imutnya istri (ehhh...), terkadang memang ada saja perlakuan/ perkataan yang sadar ataupun tidak disadari oleh Ibu mertua, dan itu cukup menyayat-nyayat hati sang menantu perempuan.

Jadi, kalau memang boleh saya sarankan, bagi kalian yang akan menikah, baru menikah/ baru hot jeletotnya jadi Newly weds....keluarlah dari rumah. Keluarlah dari rumah orangtua maupun rumah mertua dari 24 jam setelah Anda menjadi suami-istri.

Kenapa sih musti tinggal beda atap dengan ortu / mertua?

Dari puluhan alasan, tujuannya hanya 1, yaitu Me-minimalisir konflik antara Mertua versus Menantu. Dari jaman Firaun hidup sampai Patung Pancoran di cat ulang, selalu ada saja clash antara Mertua vs. Menantu. Sebaik-baiknya Mertua, sesolehah-solehahnya menantu, akan selalu timbul konflik bila kita seatap.
Diibaratkan bila kita dan suami seatap dengan orangtua & mertua...ibarat kata di dalam 1 rumah, terdapat 2 RATU. See...yang satu Ratu Ibu Suri yang memegang semua kekuasaan seisi istana (rumah), yang satu lagi RATU newbie yang harus dibentuk karakternya bersama suami.

Saya Haqul yakin bila ada rumah tangga yang seatap dengan orang tua maupun mertua, dan rumah tangga yang mandiri hidup terpisah, pasti akan terlihat jelas lebih kokoh & mandiri rumah tangga pasangan yang pisah rumah dengan mertua.
Kenapa ? Karena dengan kita dan pasangan hidup mandiri, kita bisa belajar mengenal 2 karakter berbeda, mempelajari karakter pasangan dari 2 kepala berbeda, dan tentu jadinya membentuk karakter rumah tangga dengan kompromi bersama pasangan. Bukan malah berkompromi dengan 'Ratu' yang lain. Sedangkan suami pasti tidak ada masalah karena karakter ia di rumah orangtuanya tidak perlu disesuaikan dengan kita istrinya.

Tapi kasus ini beda, bila dihadapkan dengan kita mendapat suami yang anak tunggal/ orangtua suami tinggal 1...yang otomatis kita istri harus tinggal & merawat Ibu mertua. Kalau itu, sudah jelas akan beda lagi persiapannnya, otomatis pula beda tekanan batinnya wahai Marimar.hehehe...


5. SYARAT MUTLAK MEMILIH (IBU) MERTUA

Sejatinya tidak ada syarat mutlak sih. Walau diluaran sana tanpa ada syarat tertulis, ada juga tuh Syarat Mutlak memilih calon Mantu dimata Ibu Mertua. Diantaranya :
  • Menantu perempuan harus pintar masak. Sepintar sang ibunda memasak selama ini untuk putra kesayangannya.
  • Menantu dengan penampilan yang enak dipandang, yaa kalaupun tidak cantik, tapi ayu, manis dan super enak untuk dikenalkan ke khalayak sanak-saudara, kerabat-handai taulan-tetangga.
  • Berasal dari keluarga/ keturunan yang setara (sepadan). Kalaupun tidak sepadan, tapi setidaknya dari keluarga baik-baik garis turunannya dengan prasyarat bibit-bebet-bobot minimal se-level/ 1 level dibawah.
  • Menantu harus menuruti perintah, perkataan, khendak dari Ibu mertua selaku orang yang wajib dihormati diatas segala-galanya. 
  • Bila Ibu mertua sudah berkata A kepada putranya (which is suami kita), maka suami harus mengikuti perintah sang Ibu. Bila putranya tsb tidak melakukannya, ia akan kembali ke pasal paling agung, yaitu dengan berkata, "Mama kan mengandungmu, yang bawa-bawa kamu 9 bulan di dalam perut, yang ngelahirin kamu, dst". Otomatis walau kehendaknya menyalahi prinsip rumah tangga kita, tapi kita dan suami harus tetap menjalankannnya.
Nah, itu sedikit syarat mutlak Non-tertulis memilih menantu.

So, sepertinya berarti kita para wanita layak pula dong membuat syarat tidak tertulis memilih mertua. Dan dari hasil fit n proper test alias curcolan para istri se-geng, di dapatkanlah rangkuman syarat-syarat memilih mertua, diantaranya :
  • Mertua yang demokratis. Tidak men-judge menantu hanya karena 1-2 ataupun 3 kekurangan yang dimiliki menantunya sejauh kekurangan tersebut tidak fatal & tidak mengakibatkan celaka.
  • Mertua diharapkan jangan pernah ikut campur urusan keluarga menantu bila tidak diminta saran/ masukannya (apalagi kalau nanyanya tentang warisan/ harta menantu. Ooghh...nope!).
  • Jangan pernah memaksakan kehendak Mertua terhadap menantu, bila sekeyakinan menantunya tsb, ia tidak suka, tidak nyaman untuk melaksanakan apa yang dikehendaki oleh mertuanya.

Dari kelima prasyarat diatas-lah, maka sejatinya kembali lagi menjadi 1 rangkuman, "Jangan Anggap Ibu Mertua Sebagai Ibumu Sendiri".
Karena sejatinya BEDA. Beda karakternya, beda sikapnya, beda jalan berpikirnya, beda menganalisa suatu masalahnya, beda mengambil keputusan, beda sumber asal-usul orangtuanya, beda didikannya beda kebiasaannnya, dan yang terpenting BEDA pandangannya terhadap kita!. Secantik-cantiknya, sekaya-kayanya, sesolehah-solehahnya, sepintar-pintarnya menantu wanita, akan tetap memiliki jabatan di tengah keluarga intinya sebagai MENANTU. 

Maka beruntunglah kamu-kamu para menantu idaman yang juga memiliki Ibu mertua idaman yang penuh kasih sayang dan merangkul. Seberuntung Annisa Pohan memiliki Ibu mertua seperti Ibu Ani Yudhoyono. Terlihat di kala Ibu Ani wafat, terlihat jelas sebesar apa rasa kehilangan Annisa terhadap Ibunda suaminya. Masya Allah.

Tapi tetap saya tak bosan mengingatkan. Bersikap baiklah kepada Bapak & Ibu mertua dengan sebaik-baiknya. Dan bila di kemudian hari terdapat berbeda pendapat/ keyakinan kita (menantu vs. metua), maka diskusikanlah dengan suami untuk mencari jalan keluar yang terbaik.
Dan bila rumah tangga kita mendapat suatu masalah, jangan pernah menceritakan kepada orangtua/ mertua (kecuali bila sudah harus orangtua turun tangan memberi saran).

Selamat menempuh hidup baru bagi yang akan menjalankan Pernikahan.
Dan bagi yang sudah menikah, jangan pernah lupakan orangtua kita sendiri walau kita sebagai istri diperintahkan ikut dengan suami. Karena sehebat-hebatnya suami....orangtua sendiri adalah yang selayaknya kita hormati, kita ayomi, kita sayangi diatas segalanya.

"Semoga Allah SWT selalu menaungi rumah tangga kita dengan rahmat, berkah dan kasih sayang-Nya untuk kita semua. aamiin ya rabal'alamin".

FINANCIAL JOURNEY #4 : JENIUS BTPN. SEJENIUS MANFAATNYA

Wednesday, 24 July 2019


Artikel sebelumnya : Financial Journey #3 (asam garam punya 4 akun Bank)

Tulisan ini adalah artikel lanjutan dari artikel Financial planning sebelumnya.
Dan kali ini aku mau membedah sebuah aplikasi baru yang baru hadir 2 tahun terakhir ini di Indonesia. 

Apa lagi kalau bukan aplikasi Jenius keluaran Bank BTPN.

Apa sih Jenius?
Jenius adalah aplikasi perbankan digital revolusioner yang yang dilengkapi dengan kartu debit Visa dan Gerbang Pembayaran Nasional untuk membantu penggunanya melakukan aktivitas finansial seperti menabung, bertransaksi, atau mengatur keuangan dengan lebih mudah, cerdas, dan aman. 

Kenapa kali ini aku ngebahas salah satu aplikasi dari Bank yang mayoritas menangani dana pensiunan?
Jawabannya, saya ulas di bawah ini.

FINANCIAL PLANNING PART #2.
*ceritaku.

Nah, sampailah aku di kuartal kedua di tahun 2019. Saat mau pulang kembali ke Jakarta, saya dan suami melipir dulu ke Mall Ciwalk sejenak sambil menunggu jam keberangkatan moda travel. Sampai akhirnya tanpa sengaja, bertemulah kami dengan booth Jenius-BTPN di mall Ciwalk. 

Beberapa waktu sebelumnya saya dan suami memang sudah mulai penasaran dengan 'aplikasi Jenius' yang sedang nge-trend di kalangan anak muda milenial. Jadi tanpa pikir panjang, kami pun melipir ke booth ini. Dari sinilah semua perombakan pos bank yang dimiliki dirubah. Diantaranya :

1). BANK CIMB NIAGA :
Akun tabungan di Bank Niaga masih tetap dibuka, karena untuk bayar iuran IPL bulanan milik pengembang tempat tinggal.

2). BANK BTPN :
Akhirnya aku buka juga akun Jenius. Dan di akun Jenius ini, sengaja aku bikin (pecah) beberapa pos.

Pos apa saja yang aku buka di Akun Jenius-BTPN?

Jenius, aku pakai untuk :

   (a). Kartu Debit Utama :
Diperuntukan untuk belanja sehari-hari. Setelah suami gajian, sekian persen uangnya langsung  ditransfer ke Jenius-ku dan nanti aku pecah-pecah.

   (b). Kartu Debit Tambahan :


Di Jenius kita bisa minta hingga 3  kartu debit tambahan. Dan kali  ini aku coba  dahulu untuk minta 1 kartu debit tambahan. Kartu debit tambahan ini (kartu ATM tambahan) saya pakai untuk akun menyimpan uang pribadi. Dengan kata lain, digunakan sebagai gantinya akun BCA. Jadi BCA aku tutup selama2nya, soalnya admin Bank BCA per bulannya nyesek cyin ðŸĪŠ.

   (c). Pakai Fitur Flexi Saver :
Fitur Flexi saver dalam aplikasi Jenius ini diperuntukan buat Tabungan pribadi.
Selain itu, dana untuk keperluan bayar Tagihan air + listrik rumah Papa, aku juga ambil dari pos ini tiap bulannya.
Simpan uang di flexi saver gunanya biar uang milik pribadi nggak semuanya tersimpan di kartu ATM tambahan...malah bikin boros.
Jadi sebagian aku masukin ke Flexi saver. Ya anggap saja kayak uang Kita disimpan di 2 kantong berbeda. Jadi nggak cepat habis.


   (d). Pakai Fitur Maxi Saver :
Alias deposito. Kita gausah ke bank buat bikin deposito. Langsung   bisa  apply buka deposito di HP sambil leyeh-leyeh di kasur.
Di menu 'Maxi Saver' ini, aku peruntukan untuk simpan uang Tabungan Wajib Rumah Tangga. Bebas bisa Kita setting sendiri mau buka depositonya berapa bulan.

Nah persentase pemasukan yang di dapat, dipecah jadi gimana sih?
Itu semua pembagiannya bisa kamu baca lengkap ulasan serta penjelasannya secara di detail di artikel blog sebelumnya (Financial Journey Part #3).

So, semoga bermanfaat ya sharing tentang financial kali ini ☺️.

FINANCIAL JOURNEY #3 : ASAM GARAM PUNYA 4 AKUN BANK

Tuesday, 23 July 2019

Bismillahi'rahmanirahim

Siang-siang gini tanggal tua mendekati gajian, jadi kepengen sharing cantik tentang 'FINANCIAL PLANNING' ah.
Terinspirasi karena siang ini ngobrol seru ngalor-ngidul sama sahabat nun disana tentang pengaturan keuangan ☺️
Nah, yuk Kita mulai sharing-nya.

FINANCIAL PLANNING PART #1.
*ceritaku.

Jadi ceritanya ada beberapa temen yang nanya tentang update gimana aku ngatur keuangan sekarang.
Nah berhubung pengaturan keuangan aku di tahun 2019 sudah ada perubahan, biar pembaca blog nggak bingung..., aku ceritain dulu ya pengaturan keuangan aku di awal-awal berumah tangga 😚.

Awal-awal menikah, saldo di tabunganku hanya tinggal Rp.400.000 dan semuanya aku sedekahin.
Jadi per Hari pertama jadi Wife, aku dan suami mengandalkan gaji bulanan. Dimulai dari 0 ceritanya, kayak prinsip pom bensin.hehe....

Dari awal menikah, aku punya 4 Rekening Bank. Terdiri dari :

(1). BANK MANDIRI :

Sejak pindah bekerja ke anak Perusahaan BUMN di kota Bandung, bikin keuangan aku mulai kocar-kacir. Yang sebelumnya bisa ngasih uang buat Papa dalam jumlah lumayan, tapi semenjak dipaksa calon Ibu mertua untuk resign, efek sampingnya jadi bikin nominal gaji aku menciut super drastis. Selain berkurang banyak nominal gaji yang diterima, aku nggak bisa lagi ngasih Papa uang, ditambah pula aku empot-empotan untuk nabung buat persiapan nikah.

Tapi apa daya, karena satu dan lain hal dimana aku terpaksa pindah ke perusahaan lain, akhirnya bikin aku juga harus buka Rekening baru di sebuah bank yang ditunjuk oleh Perusahaan sebagai bank yang mengurus payroll-ku tiap bulan.

Kala itu aku gajian setiap tanggal 25. Dan seketika saat gaji kerja sudah masuk Rekening, seluruh saldonya aku transfer semua ke BCA dan BRI.
Kenapa sih nga disimpen di mandiri aja, Lan?
Because I really really Hate Bank Mandiri so much 😒.

(2). BANK BCA

BCA ini sebenernya satu-satunya Bank kesayanganku. Karena aku bikin akun di Bank BCA semenjak kuliah (2004). Betapa senengnya saat itu saat jadi anak kuliahan dan punya kartu ATM bank BCA.hahaha....

Dari mulai awal kuliah, Lulus kuliah, masuk kerja, resmi jadi karyawan ibukota, sampai menikah pun, Bank BCA bener-bener setia nemenin dompet aku. Nomer Rekeningnya nggak pernah berubah.
Bahkan  saat uang gajian sudah masuk di Rekening Bank Mandiri pun, semua uang  pribadiku dipindah ke akun Bank BCA ini, termasuk untuk menabung uang milik sendiri + hasil jualan kecil-kecilan.

(3). BANK CIMB NIAGA :

Nah, membahas bank  1  ini, dibaliknya ada cerita menarik. Ini adalah akun Bank yang saya buka saat pertama Kali hijrah ke Lippo Karawaci. Bikin akun di bank ini ya tidak lain karena memang Perusahaan menggunakan jasa payroll memakai Bank Niaga ini. 
Dan emang keputusan tepat, bahwa tempat kerjaku dulu pakai Niaga, soalnya aku pribadi seneng banget pake akun Niaga.
Kenapa?
Karena fitur internet banking & mobile banking-nya super duper user friendly. Nyenengin deh buat pakainya. Nggak perlu remote token juga buat dibawa kemana-mana kayak Bank Mandiri dan BCA yang pake token. Repot cuy! Hahaha...

So, after menikah dan udah nggak gajian lagi melalui bank ini, makanya akun Niaga 1 ini diisi dengan saldo untuk nafkah bulanan (alias untuk belanja kebutuhan harian ; belanja bulanan rumah tangga, jajan berdua, uang travel Bdg-Jkt, disimpen disini.

(4). BANK BRI :

Sebenernya dulu dari jaman aku masih jadi anak TK imut-imut, Papa udah bukain aku Rekening di BRI. Sampai akhirnya ketutup sendiri.
Nah sejak kerja di ibukota, aku coba untuk buka Rekening BRI lagi, karena kebetulan Papa pakenya bank BRI. Makanya sengaja aku buka akun ini untuk nransfer kebutuhan Papa lainnya (belanja, isi kulkas, dll) walau nggak seberapa.
Yaaa jadi akun Bank BRI ini isinya nggak begitu banyak. Saldo uang lebih banyak aku simpan di BCA.

Selepas akhirnya Resign, finally akun bank Mandiri aku tutup selama2nya.
Dan officially akhirnya hanya punya 3 akun Rekening :

(a). Bank BCA : untuk kebutuhan pribadi.
(b). Bank BRI : untuk rutin tetep ngirim ke Papa.
(c). Bank CIMB NIAGA : untuk belanja harian & bulanan + tabungan Wajib rumah Tangga.

Setelah Papaku meninggal dan bersamaan dengan nemu 1 Bank dengan kecanggihan fiturnya, akhirnya saya rombak lagi Akun perbankan yg dimiliki 😅.

Apa aja sih yang dirubah untuk pengaturan keuangan saya baru-baru ini?

Jawabannya, akan aku tulis di postingan blog berikutnya ya :)

HUBUNGAN ANTARA PCOS, METFORMIN DAN RESISTENSI INSULIN

Sunday, 23 June 2019

Metformin adalah anti-diabetes oral yang termasuk pada kelas biguanid. Metformin merupakan obat pilihan pertama untuk penderita diabetes tipe 2, khususnya untuk orang-orang dengan kelebihan berat badan dan gemuk serta orang-orang dengan fungsi ginjal yang normal.

Kembali subur dengan mengkonsumsi obat metformin bisa dialami oleh perempuan dengan keluhan ketidak-seimbangan hormon dalam tubuhnya. Ketidak-seimbangan hormon ini disebabkan oleh sindrom ovarium polikistik (SOPK) atau lebih dikenal dengan istilah PCOS.

Sebagian perempuan yang menderita PCOS ternyata juga mengalami gangguan metabolik yang dikaitkan dengan siklus menstruasi tidak teratur, ketidakseimbangan hormon, masalah resistensi insulin, pra-diabetes, hingga diabetes. Alhasil  obat ini bisa diresepkan buat mereka juga.
Lalu apa kaitan metformin dengan kesuburan? Untuk menjawab hal tersebut, ketahui dulu apa itu Resistensi Insulin.

Resistensi insulin yaitu kondisi dimana sel tubuh Anda berhenti bereaksi pada kadar insulin normal. Kemudian mereka menjadi kurang sensitif, hasilnya tubuh akan ‘berpikir’ bahwa tidak ada kadar insulin yang cukup pada sistem dan memicu produksi insulin yang lebih banyak dari dibutuhkan. Dan kondisi ini banyak ditemukan pada  perempuan yang menderita SOPK (PCOS).

Insulin juga memiliki koneksi yang erat dengan hormon reproduksi. Sebab peningkatan kadar insulin akan memicu kenaikan kadar androgen, atau disebut hormon pria. Dan tingginya kadar hormon androgen akan menyebabkan pula timbulnya masalah ketidak-seimbangan hormon (SOPK/PCOS) dan masalah ovulasi. Jika hal ini terjadi, maka kesempatan hamil pada perempuan dengan PCOS menjadi semakin sulit.

Although metformin can cause weight loss, it’s still important to eat healthy and exercise regularly to keep weight you’ve lost off.

Sebenarnya “senjata” paling jitu untuk mengatasi PCOS adalah dengan olahraga dan menjalankan pola makan sehat. Anda bisa meningkatkan kadar kesuburan dengan menjaga kesehatan diri sendiri dan menjalankan gaya hidup yang baik. Apabila pola makan sehat dan olahraga tidak membantu, barulah dokter akan memberikan metformin.
Sebelum kita memutuskan untuk mengkonsumsi obat metformin, Dokter akan menguji toleransi glukosa Anda  terlebih dulu untuk melihat bagaimana tubuh memproses gula. Tak hanya itu, dokter juga akan memeriksa enzim hati dan tes darah untuk memastikan Anda tidak anemia dan tubuh bisa menerima pengobatan ini.

Ada beberapa alasan mengapa para Dokter dalam bidang obstetri dan gynecology memberikan obat metformin, yang notabene merupakan obat diabetes yang bisa kembalikan kesuburan, salah satunya karena obat ini bekerja dengan cara menyeimbangkan hormon.

Pertama seperti yang sudah dijelaskan di atas. Resistensi insulin banyak ditemukan pada perempuan dengan SOPK / PCOS. Oleh karena itu metformin digunakan untuk mengatasi resistensi insulin tersebut dengan mengatur hormon reproduksi dan serta mengembalikan proses ovulasi. 

Keduametformin membantu terjadinya ovulasi. Beberapa studi menunjukan penggunaan metformin bisa membuat siklus menstruasi menjadi lebih teratur dan proses ovulasi kembali, tanpa perlu menggunakan obat kesuburan lain (dalam hal ini jika si calon ibu mengalami resistensi insulin, sebab ternyata tidak semua penderita SOPK memiliki resistensi insulin).

Ketigametformin bisa menurunkan risiko keguguran yang biasa terjadi pada perempuan dengan PCOS.

Keempat, karena PCOS sering dikaitkan dengan obesitas (berat badan berlebih), maka penggunaan metformin dipercaya mampu menurunkan bobot tubuh si pemakai. Penurunan berat badan bisa mengembalikan proses ovulasi dan meningkatkan kesempatan hamil. Selain memberikan metformin dokter juga akan meminta Anda untuk menjalankan pola makan sehat dan olahraga agar peningkatan fertilitas lebih maksimal.

Efek samping paling umum yang ditimbulkan oleh metformin ini adalah masalah pencernaan, seperti perut kembung dan sakit perut. Konsumsi metformin di tengah-tengah waktu santap membantu mengurangi efek samping yang ditimbulkan.
Biasanya, perempuan yang menggunakan obat metformin akan mengonsumsinya sepanjang hidup, kecuali mereka mengubah gaya hidup, pola makan, dan menurunkan bobot tubuh mereka. Namun demikian, upaya kembali subur dengan obat diabetes metformin bisa dipertimbangkan di bawah pengawasan dokter agar produksi hormon kembali seimbang dan kehamilan pun datang. 

Maka dari itu, inti terpenting terkait obat metformin, yaitu periksakanlah dulu terlebih dahulu diri anda dengan melakukan cek laboratorium (cek darah) terkait pengecekan hormon-hormon yang berpengaruh dengan fertilitas.

Dari hasil nilai sample darah tersebut nanti, maka akan ketahuan, apa pemicu (penyebab dasar) kita PCOS. Sehingga saat kita akan promil, maka Dokter Obygn tidak akan asal memberikan obat. 
Kita dan Dokter jadi akan tahu jelas masing-masing, pengobatan serta pemulihan yang TEPAT sesuai dengan penyebab PCOS-nya.

10 THINGS I LEARNED AFTER LOSING MY PARENTS

Monday, 17 June 2019

When I was 9 y.o. I lost my Mom unexpectedly. It’s been twenty four years++ now (yes. 24 years and more ; counting). And last year I lost my Dad, and the pain is still very real.
Over the course of those years I have come to realize many things that I feel need to be shared with others.

I know there are many other young women who are in my shoes. To our friends, these are the things we want you to know.

1. WE'RE SORRY.

We are sorry for being quiet every time you talk about your Mom (and also about your Dad) to us. We don’t mean to sound uninterested or make you feel that your happiness is unimportant to us. It’s just that when you talk about moments with your Mom and or your Dad, it takes us back to moments with ours. Moments we wish we could relive and share with you, too. We don’t get quiet on purpose; it kind of just happens. It’s our mind’s way of protecting us from bursting out in tears.

2. ASK ABOUT OUR MOM & DAD.

We want to share her and him with the world and when you ask about her/him, it fills our heart with so much joy to know that someone is actually interested in knowing her/ him like we did. You’ll just have to excuse us as we talk through the tears.



3. PLEASE  DON'T TRY TO UNDERSTAND OUR HEARTACHE.

We appreciate the effort, we really do. But the truth is, unless you’ve lost a parent, you TRULY CAN'T UNDERSTAND !

4. LISTEN.

That’s the best thing you can do for us. When we have a bad day and need to talk to someone, be that someone. You don’t even have to say much, just reassure us every once in a while that you are still hearing us.

5. Please, please, please DON'T TAKE YOUR MOM / DAD FOR GRANTED.

We love you and we don’t want you to feel our pain someday. Please don’t just assume she/ he will be there for you.

6. MAKE MEMORIES.

Don’t have time? Bullshit!. You always have time for the ones you love.

7. ALWAYS tell her and him you love them.

I don’t care if you two just got in a screaming fight and you feel in that moment you hate her/ him. You don’t. I promise in a few hours you’ll realize how ridiculous it was to even think of the H word. Before you walk out that door or hang up that phone, say it.

8. FORGIVE US. WE ARE BROKEN.

Sometimes that shows a little more than usual. When my Mom's and dad’s left this earth, they took pieces of our heart and soul with them. On occasion those pieces feel as though they are slowly being glued back together. But then there are the times when they feel like they are being ripped apart in shreds. This may bring out a side of us we aren’t used to. If there are times when we may not seem like our normal selves, please understand we are grieving immensely. Losing someone of such importance changes a person. We are being molded into a new place in our lives. It’s a slow process and a fragile one. Please, forgive us.

9. WE ARE HERE FOR YOU, TOO MY FRIEND.

When that unfortunate day comes about when you lose one of your parents, we are here. Day or night. Rain or shine. Just call us and we’ll be there. We know all too well the pain you are enduring and we will do everything in our power to comfort you.

10. WE ARE (SO) JEALOUS OF YOU.

I’m willing to admit it, and I’m sure others are, too. We are so jealous that you still have your mom and dad in your life that we have to put the brakes on the eye rolls that are ferociously trying to take over. We don’t mean to feel this way. It seems so selfish, and in a way, it is. You have to understand, we are experiencing feelings we’ve never felt before and trying to find ways to cope.



50 BLOG POST IDEAS FOR THE LIFESTYLE BLOGGER

Saturday, 11 May 2019


Biasanya bisa dibilang juga tidak terlalu mudah ya untuk menemukan ide postingan blog. Apalagi bila tidak ada kejadian-kejadian atau pengalaman menarik dalam hari-hari terakhir yang kita alami.
Dari alasan tersebut maka saya selalu mencoba browsing di internet untuk mencari inspirasi tema tulisan.

So, untuk kali ini saya coba bikin dafta 50 ide post gaya hidup yang bisa membuat kamu kreatif. 
Semoga bisa bermanfaat dan bisa bikin blog kamu ramai dengan tulisan-tulisan karyamu. Enjoy :)

50 BLOG POST IDEAS FOR THE LIFESTYLE BLOGGER
  1. Apa saja item yang ada dalam tas kamu/ makeup bag
  2. Product review
  3. Mingguan atau bulanan tujuan dirimu sendiri
  4. Seasonal bucket list
  5. Ada apa di mejamu
  6. How you stay organized
  7. DIY project
  8. Tulis surat terbuka untuk seseorang yang menginspirasimu
  9. Bikin daftar ide kencan impianmu
  10. Ceritakan happy lazy day versi kamu
  11. Share your everyday makeup routine
  12. Narsis day, sharing foto narsis kamu hari ini
  13. Produk kecantikan favorit
  14. Sharing barang koleksi kamu
  15. Fashion style impian
  16. Monthly subscription box review
  17. Tips home spa di rumah
  18. Tour of your hometown
  19. Tips tetap positif saat kamu lagi down
  20. Foto-foto wekend kamu
  21. Ceritakan binatang peliharaan kesayangmu
  22. Berbagi resep masakan favorit
  23. Bikin list hadiah (kado) yang kau inginkan
  24. Create color-themed photo post
  25. Ceritakan shopping wish-list kamu
  26. Apa saja film favorit kamu
  27. Karakter rumah impian masa depan
  28. Tulis bukcet-list liburan impian
  29. Tulis review buku
  30. Berbagi playlist lagu-lagu favorit
  31. Rutinitas pagi hari
  32. Skincare rutin andalan
  33. Hal yang paling tidak disukai kamu terhadap orang lain
  34. Host a giveaway
  35. A “day in the life” 
  36. Pelajaran dan manfaat yang kamu dapat dari blogging
  37. Bagaimana caranya blog mengubah hidupmu
  38. Hari olahraga
  39. Sharing aplikasi gadget favorit kamu
  40. Belanja bulanan
  41. 5 artis/aktor impian yang ingin kamu kencani and why
  42. Tips kencan pertama
  43. Cara bikin rencana trip seru liburan
  44. Tulis pengalaman saat sedang sakit
  45. Pesta favorit / prom night
  46. Favorit toko suvenir
  47. 5 produk yang selalu rutin kamu beli setiap bulan
  48. Share your favorite shows on Netflix
  49. Tulis 3 bloggers favorit kamu
  50. Share 5 things that made you happy this week
I hope you likes these ideas! Feel free to use them any time you need a little inspiration 😊

SELUK-BELUK AGEN RAHASIA AMERIKA

Tuesday, 16 April 2019

Bismillahi'rahmanirahim.
Dari kecil tepatnya SMP saya sudah menyukai sama yang namanya Agenda rahasia. Entah itu FBI, CIA, MI6, Mossad, BND, hingga GRU milik Rusia.

Kalau ditanya, kenapa anak sekecil itu sudah suka dengan agenda rahasia. Jawabannya simple, "saya suka melihat Pria/ wanita yang berpakaian super rapih dengan tatapannya yang dingin. Entahlah terpengaruh dengan film atau apa. Tapi yang pasti, menjadi Agen rahasia merupakan salah satu cita-cita terbesar saya. Tapi sayangnya, saya tidak bisa mengejar impian itu, tidak bisa masuk BIN (Badan Intelijen Nasional) milik Indonesia, karena sudah diperintah orangtua untuk masuk ke bidang kesehatan.

Walau hingga saat ini, bila tiba-tiba ada keajaiban datang dan saya diberi kesempatan menjadi seorang Secret Agent dan melepas semua identitas diri pasti kesempatan itu langsung saya iya-kan.hehe.... Secara, kapan lagi bisa jadi Agenda rahasia, salah satu cita-cita terbesar sepanjang hidup.

Nah, kali inia walau bisanya hanya berandai-andai, biar bahagia sedikit, saya review tentang seluk-beluk Secret Agent di America. Siapa tau ada beberapa WNI yang berminat pindah kewarganegaraan kelak dan menjadi Agen rahasia di Negara adidaya tsb.


United States Secret Service atau lebih dikenal dengan istilah Agen Rahasia Amerika (U.S.S.S.) 

Layanan Rahasia A.S. telah berkembang dari sebuah biro kecil yang dikelola oleh beberapa agen pada tahun 1865, menjadi organisasi penegakan hukum dengan hampir 7.000 karyawan di seluruh dunia. Hari ini, Dinas Rahasia AS memerangi kejahatan dalam skala global melalui kantor lapangannya yang berlokasi di Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Amerika Selatan, Eropa, Afrika, dan Asia. Badan ini bekerja erat dengan organisasi penegak hukum lokal, negara bagian dan federal. Entitas-entitas ini adalah mitra yang dihargai dari Secret Service, dan mereka merupakan bagian integral dari upaya investigasi dan perlindungan agensi.
Divisi Perlindungan Kepresidenan :

4 critical team (disebutnya "Bubble") :
  1. Protective Operations 
  2. Protective Inteligence
  3. Uniformed Division
  4. Investigations

Karir yang terdapat dalam U.S.Secret Service sendiri, terdiri dari 4 jenis :

SA - SPECIAL AGENTS

Pekerjaan agen khusus menawarkan pria dan wanita yang berkualifikasi karir yang menantang dan memuaskan. Dinas Rahasia AS merekrut personel kaliber tertinggi untuk melaksanakan misi investigasi dan perlindungannya yang terintegrasi. Sementara misi perlindungan eksekutif dikenal di seluruh dunia, misi investigasi Dinas Rahasia AS terus tumbuh karena perkembangan teknologi. Agen khusus menyelidiki pelanggaran hukum yang berkaitan dengan kejahatan keuangan seperti kartu kredit dan penipuan akses perangkat, serta serangan berbasis komputer pada perbankan dan telekomunikasi negara. Di bidang perlindungan Agen Rahasia agen khusus mengembangkan dan menerapkan strategi inovatif untuk mengurangi ancaman terhadap para pemimpin bangsa kita

UD - UNIFORMED DIVISION OFFICERS

Misi Uniformed Division adalah untuk melindungi fasilitas dan tempat-tempat yang diamankan untuk orang-orang yang dilindungi oleh Secret Service AS Sepanjang sejarahnya, Divisi Seragam telah menyelesaikan misi ini melalui tradisi kehormatan, integritas, dan komitmen terhadap keunggulan.

Hari ini, Divisi Berseragam telah tumbuh baik dalam ukuran dan ruang lingkup tanggung jawab dan diamanatkan oleh hukum untuk memberikan keamanan fisik untuk Kompleks Gedung Putih dan tempat tinggal Wakil Presiden di Naval Observatory. Ini juga menyediakan keamanan untuk gedung Departemen Keuangan dan misi diplomatik asing di Washington, D.C. Secret Service AS mencari pria dan wanita yang cakap yang dapat memenuhi tantangan misi ini dan membantu meneruskan tradisi kebanggaannya

APT - ADMINISTRATIVE, PROFESSIONAL, AND TECHNICAL

Didedikasikan. Didorong oleh Misi. Berkomitmen pada Keunggulan.

Jika kata-kata ini menggambarkan Anda, kami mengundang Anda untuk melihat lebih dekat peluang kerja yang ditawarkan di United States Secret Service. Kami mencari individu yang berbakat dan beragam dari semua segmen masyarakat Amerika untuk melayani dalam jajaran pekerjaan administrasi, profesional, dan teknis (APT) kami. Karyawan APT agensi kami memainkan peran penting dalam memastikan keberhasilan keseluruhan misi perlindungan dan investigasi kami.


SO - SPECIAL OFFICERS

Petugas Khusus
Petugas khusus melakukan berbagai fungsi keamanan dan penugasan pendukung sebagai bagian dari misi perlindungan untuk Dinas Rahasia. Tugas mungkin termasuk memelihara pos-pos keamanan pelindung yang ditunjuk; memeriksa semua peralatan operasional, keselamatan, darurat, dan kenyamanan kendaraan pelindung untuk memastikan kondisi operasi puncak; mengendarai kendaraan pelindung atau tindak lanjut; mengendalikan perpindahan orang ke dan di sekitar beberapa fasilitas Layanan Rahasia dan area terkait; memantau dan mengoperasikan berbagai peralatan komunikasi dan menggunakan berbagai teknologi skrining x-ray canggih untuk mendeteksi dan mengidentifikasi barang-barang berisiko tinggi. Petugas khusus berwenang untuk melakukan penangkapan sehubungan dengan tugas resmi mereka.


REST AREA KM 72A TERBESAR DI INDONESIA

Wednesday, 20 March 2019

Bismillahi'rahmanirahim.

Jadi, kurang lebih sudah sekitar 5 bulanan saya tidak menggunakan moda transportasi travel xtrans tiap kali menuju Bandung maupun kembali ke Jakarta.
Dari sejak September 2018 sudah kepincut naik kereta api dari Gambir bersama suami. 

Dan sampailah 5 bulan kemudian, tepatnya hari ini, saya pulang ke Bandung lagi karena ada yang perlu diurus. Jadilah saya menggunakan moda transportasi travel yang berangkat pukul 11.30 wib.

Dan kini, jam sudah menunjukkan pukul 16.20, baru saja sampai di rest area KM 72A (arah Bandung) di area Tol Purbaleunyi, dengan tipe A, dan luasnya 14,5 Ha. Sangat luas bukan.
Kalau sebaliknya, ada pula Rest Area KM 72B yang ke arah Jakarta.

Walau rest area ini sudah dibangun sejak lama, baru mali ini saya mampir kesini, karena biasanya mobil travel selalu istirahat di KM 88.

Dan pertama kalinya menginjakan kakinya di Rest area terbesar dan terlengkap dj Indonesia ini, sudah membuat saya berdecak kagum.
Kagum lainnya lagi adalah, ada musola yang cukup bersih, cukup luas. Bikin saya takjub dan bisa shalat serta rebahan kaki sejenak sambil merasakan bersihnya mushala. Walaupun ada juga berdiri kokoh mesjid di belakang rest area yang tidak jauh untuk ditempuh dari area parkir Mobil & foodcourt.






Berikut fasilitas-fasilitas yang ada di Rest area terbesar ini :

  1. Pom bensin yang banyak berjejer.
  2. Mesjid.
  3. Mushala yang cukup luas, bersih, adem. Beserta tempat wudhunya yang dijaga kebersihannya.
  4. Toilet umum (wanita & Pria) terpisah. Yang dijaga kebersihannya.
  5. Tempat foodcourt umum dengan menu Indonesia.
  6. Cafe starbucks, ayam CFC.
  7. Rumah makan Hj. ciganea.
  8. Area parkir Mobil yang luas dan menampung moda transportasi apapun.
  9. Gerai ATM berbagai bank.
  10. Dan terutama suasanannya sejuk, adem.

Mushala yang bersih dan dingin




Dengan hadirnya rest area 72 ini sangat menolong para Traveller bulanan yang rutin Jakarta-Bandung dan jabodetabek bisa meregangkang kaki dan tangan dan beristirahat sejenak.

Jangan lupa, tetap jaga kebersihan ya. Buang sampah pada tempatnya, karena kebersihan sebagian dari Iman.

DITINGGAL MAMA

Friday, 25 January 2019



BERDOA DI MASJID

Berikut sepenggal tulisan Papa semasa hidupnya yang Papa simpan rapih di sudut ruangan penuh cerita.
Dan tulisan Papa ini, baru saya temukan 3 hari setelah Papa meninggal.
Papa seperti meninggalkan pula 'berbagai jejak petunjuk' agar kelak salah-satu anaknya menemukan banyak tulisan pesan-pesan, petuah, amanah Beliau untuk membimbing hidup ketiga anaknya kelak disaat Papa nanti sudah menyusul Mama ke surga.

Beberapa artikel tulisan Papa ada di blog pribadinya : kemuning.

(Ditulis oleh Papa : 7 Januari 2018)

Tahun 1995 adalah tahun yang penuh dengan ujian dan keprihatinan. Betapa tidak di bulan Februari  1995 tepat bulan Shaum pukul 03.00 WIB pagi, Allah memberi ujian hidup yang sangat berat bagi kami berempat. Betapa tidak selagi anak-anak masih kecil, Mama sudah dipanggil,  sudah  selesai tugas di dunia.

Seperti tidak percaya mengapa begini. Boro-boro sempat mendekati tataran anak-anak kuliah dan berumah tangga. Saya dan ketiga anak pasti harus hidup dengan bergerilya lahir dan batin. Siapa yang mau demikian kalau bukan karena Allah yang mempunyai jadwal bagi keluarga kami harus demikian. Pikiran itu hanya sedetik saja sebab telah disibukkan dengan urusan dimana harus dimakamkan, bagaimana harus mengurus keperluan ini dan itu, siapa yang membantu. Siapa yang mengabari sanak famili yang  ada di Jawa tengah ketika istri saya meninggal dunia dan meninggalkan suami serta anak-anaknya yang masih pada kecil-kecil. Yang tengah anak laki-laki kebanggaan kami yang masih memerlukan sosok didikan ibunya, terutama si bungsu yang masih sangat kecil, belum mengerti bahwa ia sudah ditinggal oleh Mamanya selama-lamanya.

Ternyata hanya Allah yang mempunyai kekuatan tak terhingga.

Teman-teman TNI-AU yang ada di STM Widya dan STM Angkasa  mengartur semuanya.Teman yang Dislitbang AU sampai lupa siapa saja. Semua menangis laki maupun perempuan. Berdatangan pula teman almarhumah dari Departmen perindustrian Jakarta yang semua berlinang air mata. Teman-teman dan rekan kerja dari DPRD kota Bogor sampai dengan Staf Kabupaten Bogor dan TNI-AU Atang Senjaya-Bogor datang memberi dorongan moril seakan mereka bilang dan berdoa pasti aku bisa melewati hari depanku.

Semuanya terjadi karena Allah telah membimbingku berbaik hati, berlaku baik, bekerja baik , bergaul baik selaku guru, kepala sekolah, selaku dosen, selaku anggota TNI selaku anggota DPR yang berjalan menurut garis yang IKHLAS.

 Mungkin itu kuncinya. Seakan Allah mempersiapkan saya seorang diri sehingga suatu saat Allah menopang kesulitan seseorang. Maka itu salah satu wasiat hidup. Berbuatlah amal yang baik dan ikhlas, biarkan Allah yang berkehendak.

Kalau bukan karena takdir rasanya berat sekali hidup ini. Namun semua harus berjalan.
Allah telah mempersiapkan biaya untuk anak-anak bisa bersekolah. Sejak  bulan Oktober 2001 sudah  diberi bekal tambahan selain gaji di TNI-AU saya dikaryakan di DPRD Kab. Bogor. Puji syukur ya Allah.

Berselang 2 bulan sepeninggal isteri, maka pada bulan April 1995, Allah membekali kami (saya) kesempatan ibadah haji bersama Ibu dan Adik. Penguatan mental dengan bekal mengisi tauhid  dengan berhaji.

Ujian nyata berjalan karena aku ditugaskan di Bogor sementara anak-anak dipertimbangkan nyaman  tetap berada di Bandung bersekolah. Pasti dan pasti ada kekurangan pengawasan dan pembimbingan. Hanya berbekal yakin akan diatur baik oleh Allah kepadaku. Aku percaya anak-anak berjalan semampu-mampunya dengan permohonan dan tekad selamat-selamat-selamat.
Hanya sekali dalam seminggu bisa berkumpul bersama. Semua bisa kami (saya dan anak-anak) lalui  dan terpaksa, dengan kekuatan yang ada yang wajib disyukuri. Ternyata kondisi seperti ini telah dipersiapkan oleh Allah SWT jauh sebelumnya

Kebiasaan memilih warna dan merancang baju anak-anak sendiri, saya yang memilih motifnya, warnanya coraknya dan mengantar anak-anak ke penjahit langganan, kebiasaan mematut rambut anak-anak sampai jenjang SMA (saya potong rambut anak-anak hingga mereka duduk di SMA), rupanya salah satu yang ikut mentremtamkan anak-anak mempunyai  orang tua yang memegang, mengelus, menyisiri, meancang baju mereka malah warna potongan baju Mamanya kala masih hidup. Hanya Allah yang Maha Tahu mempersiapkan diri seseorang.

Custom Post Signature

Custom Post  Signature