9 hal yang perlu dimiliki Blog Anda. GET ON IT!



Semakin banyak blog yang bermunculan setiap hari, tetapi ada 9 hal yang penting dimana bahwa setiap blog harus memilikinya.


1. BLOG HEADER YANG EYE-CATCHY
Jika Anda menemukan sebuah blog, header adalah hal paling pertama yang kamu lihat dalam sebuah blog dan membantu kamu mengambil keputusan : apakah tetap blog walking di Blog tersebut, atau menutup halaman dan melanjutkan mencari blog/ artikel yang lain.

Pikirkanlah sebaik mungkin. Ini kesempatan untuk mengeluarkan kemampuan kreatifitas kamu.
Beberapa blogger yang memiliki header blog benar-benar keren diantaranya : Emily Henderson's blog (Emily adalah seorang desainer interior yang menciptakan header simple nan cantik), Carrie Loves (dia selalu rajin mengganti header-nya dalam waktu-waktu tertentu mengikuti mood-nya. Tapi semua header yang ia rancang selalu terlihat elegan), Joanna Goddard (blog A Cup Of Jo miliknya tidak pernah berubah. Tapi lingkaran dalam huruf 'O'-nya menggambarkan kesan yang vintage dan berbeda).



2. HALAMAN ‘ABOUT ME’ MENGGAMBARKAN KEPRIBADIAN ANDA
Bagaimana perasaan kamu jika kamu sengaja menemukan sebuah artikel ‘About Me’ yang mengatakan ini, "Hai, aku Susan. Saya berusia 28 tahun dan saya menulis blog ini." dan diteruskan dengan kisah cerita singkat tentang kehidupannya yang menarik.

Dipastikan kamu akan meneruskan membaca untuk lebih mengenal kepribadian sang Blogger kan. Kolom halaman ‘About Me merupakan gambaran kepribadianmu.
Saya pribadi menyukai hal-hal visual sehingga saya membuat halaman ‘About Me’ menjadi grafis yang dapat kamu baca dengan cepat.


3. LINK KE MEDIA SOSIAL ANDA
Biarkan pembaca blog kamu tahu di mana lagi mereka dapat menemukan kamu dengan mudah. Di bagian atas blog pasanglah widget link ke Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest atau sosial media platform lainnya yang kamu gunakan saat ini.


4. PHOTO PROFIL DAN KALIMAT SINGKAT TENTANG ANDA
Ya, foto KAMU! Orang ingin tahu siapa orang dibalik artikel yang sedang mereka baca. Carilah foto kamu yang paling menarik, cantik, simple dan ceria dan jadikan foto profil kamu.
Jangan lupa, tambahkan beberapa kata di bawahnya. Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan mengatakan: Hai, nama saya X. Saya ingin X, X dan saya tidak suka X.


5. DESAIN YANG TIDAK MEMBUAT MATA ANDA PANAS (USER FRIENDLY)
Kegiatan yang tak kalah menyenangkan adalah saat men-desain Blog milik sendiri. Kita mengeluarkan segala kemampuan untuk mempercantikan tampilan blog kita, terutama latar belakang, memajang foto-foto cantik untuk menunjang keseluruhan tampilan blog. Tapi jangan terlalu over yaKamu tidak ingin kan membuat para pembaca blog kamu kesulitan untuk membacanya. Jadi pastikan untuk pilihan warna-warna neons yang elemen warnanya super keluar lebih baik diminimalisir-kanTambahkan elemen gambar orang, alam, intinya tanamkan ‘aura’ tenang dalam desain Anda. Biarkan beberapa ruang untuk terlihat putih.

Jika kamu tidak terlalu minat dan pandai men-desain, kamu bisa meminta bantuan (dan saya tentu bisa membantu kamu mendesain Blog kesayangan kamu sesuai karakter diri kamu).

Dan 1 hal lainnya yang tidak kalah penting perihal desain blog, dimana harus user friendly dan mobile friendly. Kenapa? Karena kebanyakan para pembaca online article jaman sekarang lebih senang untuk mencari artikel ataupun info dengan cara langsung searching via google (googling), 
Untuk mengecek apakah blog Anda adalah user friendly, kamu bisa masukan alamat web kamu di Mobile-Friendly Test keluaran google.


6. Sebuah HALAMAN KONTAK (OR EMAIL ME BUTTON)
Saya pernah melakukan blog walking ke sebuah blog yang menurut saya sangat-sangatlah menarik. Saat saya ingin mengontak penulisnya (pemilik blog), mereka tidak memiliki satu cara pun untuk membiarkan saya sebagai pembacanya menghubungi sang pemilik Blog.
Sedangkan elemen KONTAK sangatlah penting untuk kamu pajanng di blog kamu. Karena siapa tahu dari sekian banyak pembaca blog, terdapat tawaran kesempatan (peluang) untuk berkolaborasi, bisa itu secara bisnis, sponsor yang tentu saja tidak jarang bisa memberikan kamu pemasukan tambahan loh!
Pastikan Anda memiliki halaman kontak.


7. TEMPATKAN POPULAR POST ANDA
Dari sekian postingan artikel yang kamu tulis, pasti ada beberapa post yang sangat disukai oleh pembaca blog kamu. pasanglah widget ‘Popular Post’ millikmu. Ini akan menjadi seperti snap shot singkat bagi para pembaca yang mampir ingin membaca lebih jauh tulisanmmu. Bagikan sekitar sepuluh judul posting milikmu, dengan link ke post (artikel) tersebut.


8. CARA UNTUK MENCARI SEMUA POSTINGAN LAMA ANDA
Pastikan kamu menyertakan widget di halaman blog kamu. Hal ini akan memungkinkan pembaca untuk membaca semua artikel yang kamu tulis dari bulan-bulan sebelumnya bahkan tahun sebelumnya.


9. KOLOM KOMENTAR
Pastikan pembaca blog kamu dapat meninggalkan komentar di artikel yang kamu tulis.  Biarkan mereka menjadi bagian dari percakapan. Tapi pastikan fitur captcha yang harus diisi sebelum mennulis komentar, disembunyikan saja. Karena biasanya sebagian pembaca blog cukup malas menulis komentar bila terdapat captcha. 


Protected by Copyscape

55 Comments

  1. cek lg ah blog saya udah punya ini smua ga yah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...hayo, udah punya n lengkap-kah blog-nya? C'mon di cek n ricek lg :)

      Delete
  2. Hmmm ... jadi terpikir ngecek kecantikan bligku lagi. Apa sudah sesuai sama poin poin di atas ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah sesuai kah sekarang blog kesayangannya? Kalau bagi saya, blog utk ibarat Rumah kedua. Kl desain eksteriornya cantik, insya Allah tamu akan senang 'bersilaturahmi' ke Rumah (blog) kita :)

      Delete
  3. apa ya yang belum ada....hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa nih yang belum kumplit di eksterior blog-nya Mbak Avi :D

      Delete
  4. wahh membantu banget sis. salam kenal ya :)

    http://anggarini.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allhamdulilah kl bisa saling sharing ilmu bermanfaat:)
      Salam kenal kembali Mbak Wuri.
      Saya meluncur yaa ke blognya

      Delete
  5. Lumayan terpenuhi sih meski belum se-expert blogger kelas kakap, hehe xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehhe....iya nih, pelan2 dilengkapi aja :)

      Delete
  6. Iya saya juga sering males BW ke blog yang fontnya kecil2, rapat dan tata letaknya gak asik. Bikin sepet mata. Makanya bela belain kutak katik templates blog sendiri supaya orang lain juga gak sepet matanya kalo BW ke blog aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi...iya bener banget. Dan keuntungan jadi blogger itu, rasa kepo-nya mengalahkan rasa malu2. BW ngeliat blog2 di dunia luaran sana yg udah kece tampilannya, jadi bikin blogger belajar otodidak sendiri editing html code.
      Oiya, blognya Vita kece badai, seru isinya. Salam kenal ya :)

      Delete
  7. done semua ada hehhehehe kayaknya sekarang juga wajib laman disclaimer/disclosure takut tiba2 mbah google jahat apus blog kita huhuuhuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoooo...mari makin mempercantik blog. Jangan lupa safety first juga diperlukan untuk blog kesayangan kita..hehehehe... :D
      Selamat utak-atik blog-nya..

      Delete
  8. Mbak Lana, makasih lho ini tulisannya bagus :) Saya setuju banget sama semua komponennya dan dari blog saya, tinggal link media sosial di header yang saya gak tau gimana cara munculinnya (dan template design blog saya download gratis hehehe). Ada saran untuk blog saya justinlarissa.com? Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Morning Mbak Larissa (saya panggil Rissa boleh kan??) :)
      Mungkin bisa saya bantu untuk sedikit otak-atik html code-nya Mbak, tapi yaa nanti saya minta izin dulu utk bisa login ke email dan password Mbak Rissa tapinya. Nanti coba saya bantu munculkan.
      Atau mungkin mau ganti template untuk ganti suasana.

      Btw, mau dong giveaway postcard-nya hehehe... Salam kenal ya :)

      Delete
  9. Sebenernya panggilannya Justin hehehe (nama asli lho itu). Oh iya bener, bisa di kode html-nya. Untuk jasa otak atik kode html-nya, boleh tau price listnya mba? Kita by email aja ya ke hellohappydarlings@gmail.com ehehehe.

    Ayok mbak ikut giveawaynya. Aku tunggu ya

    ReplyDelete
  10. halaman kontak itu penting banget, saya banyak dapet tawaran sponsored blog post n iklan dari situ hehe

    ReplyDelete
  11. Tulisan yang sangat bermanfaat untuk blogger pemula seperti saya. Makasih sharingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Alhamdulillah kalo bermanfaat artikelnya 😉

      Delete
  12. Sangat sangat sangat betmanfaat..
    Saya senang sekali bisa mendapat info sebaik ini..
    Terima kasih banyak ya mbak..
    Tadi saya langsung cek blog saya ke mobile-friendly test, dan hasilnya sudah user friendly :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Semoga bisa bikin blog kesayangan kita makin cantik dan user friendly bagi pembaca setianya :)

      Delete
  13. Ah, dari sekian banyak point, header malah yang selalu disepelekan huhuhuu

    ReplyDelete
  14. Yeay semuanya adaaa. :D

    Oya mbak kalo laman disclosure kira-kira begitu penting nggak untuk dicantumin di blog?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya kalo Di bilang penting sih tengah2 ya.
      Kalau blog kita Sudah berkualitas isinya Dan banyak dapat sponsored post, tawaran iklan dll.... Disclosure berguna banget untuk Jadi "batasan" blog kita sendiri.

      Istilah nya seperti menginfokan, Bahwa blog kita itu bisa berafiliasi (kerjasama) dgn perusahaan/ produk/ brand dengan karakter Yang seperti apa.

      Delete
  15. halo kak salam kenal :)
    wah informasinya menarik dan bermanfaat banget. aku langsung cek blog aku apa udah menuhin syarat yang kakak sebutin di atas hehe :D

    lindadevip.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali Linda :)
      Syukurlah kalo artikelnya bermanfaat.

      Ayo, mulài Di cek-cek lagi blog-nya, agar lebih cantik

      Delete
  16. Selama ini kalau buat blog pasrah... haahahaha jadi merasa bersalah.
    rencana mau bikin blog lagi dengan format yang bener deh ga asal asalan lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelan2 lebih konsisten lagi nge-blog. Lumàyan mengasah bakat terpendam ngedesain blog sendiri..

      Delete
  17. Salam kenal Kak Lana!
    Bersyukur bisa menemukan blognya Kak Lana, desainnya menarik, bikin aku percaya bahwa isinya juga menarik, dan ternyata emang benar. Makasih ya Kak atas tips-tips yang udah di bagikan, sangat membantu aku yang masih pemula.
    Barusan cek mobile user friendly, alhamdulillah punya ku user friendly. Jadi seneng.
    Sukses terus Kak Lana, doakan aku ya Kak semoga bisa konsisten menulis seperti Kak Lana.

    Salam semangat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Rasyidah ;)
      Alhamdulillah kalo tulisan2 saya Ada sisi manfaatnya Dan berbagi info yg baik. Alhamdulillah.

      Sama2, sukses juga ya. Nanti saya mampir ke blog-nya ya ;)

      Delete
  18. Terimakasih postingannyam, no 7 dan 8 sepertinya belum ada di blogku, dan belum paham betul
    tapi InsyaAllah akan kupelajari dan aku pasang ananti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa diutak-atik lagi widget tools-nya.
      Tapi Saran saya sih, juga jangan terlalu Banyak bertumpuk widget Di sidebar, Karena Jadi terkesan penuh banget.

      Delete
  19. ini pencerahan banget.. makin semangat buat mempercantik blog. makasih banget karena udah sharing info ini :D

    adenadonia.blogspot.co.id/?m=1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, alhamdulillah kalo Banyak postingan yg cukup berguna utk temen2 sesama bloggers :)

      Delete
  20. Bermanfaat banget lana. I really love your blog too hihi.

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you Inez. Blog-nya Inez juga awesome ^_^

      Delete
  21. sepertinya blog saya belum memenuhi 9 hal seperti yg ditulis, hehe... makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama.
      Ayooo kalo Ada Waktu senggang, mulài Di tata Dan Di percantik :)

      Delete
  22. Helllooo sistaa keren..baru nyadar blog saya ga mobile friendly he he..thanks bgt artikel membantu..
    kalo mau customized mobile friendly, gimana caranya yaa Sist??

    ReplyDelete
  23. Halo sis. Alhamdulillah kalau artikelnya bermanfaat :)
    Oiya, mungkin bisa saya bantu untuk dibuatkan desain / bisa coba Cari template gratis..Banyak pilihannya :)

    ReplyDelete
  24. Suka banget sama blog ini, terutama berbagai tips dan triknya.
    thank you Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami-sami Mbak. Alhamdulillah kalo bermanfaat artikelnya :)

      Delete
  25. Wowww...bermanfaat sekali untuk saya yang baru new comer di dunia blogging...
    Thank ya mbaaaak...
    Langsung cek blog sendiri habis comment hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip. Sami-sami mbak.
      Yukk mulai di cek-cek blognya biar lebih lengkap hehe...

      Delete
  26. wah thanks for sharing mbak, jadi bisa tau 'about' yg baik yg seperti apa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Alhamdulillah kalau artikelnya bermanfaat :)

      Delete
  27. Alhamdulilah. Ternyata blog saya
    https://apriliasantoso.wordpress.com/ mobile friendly, baru tahu link ngeceknya... Belum sempurna sampai no. 9 sih blog saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibikin santai aja cek-nya.
      Nanti pelan-pelan juga komplit.hehe..

      Delete
  28. saya masih bingung sendiri dengan tampilan headernya nih,..pengen minimalis tp pengen ada warna warninya, hehe, banyak maunya emang. salam kenal mba Lana tika.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gina.
      Salam kenal juga.
      Wahh lagi bingung header-nya ya?
      Sini-sini bisa saya bikinin (kalau berminat).

      Nanti bisa email aja dulu ke lannatika@gmail.com. Biar bisa discuss dulu, header-nya mau desain kauak gimana, mau warna apa dll.

      Delete
  29. Replies
    1. Terimakasih. Mudah2an menginspirasi juga isi tulisannya.

      Delete
  30. I wanted to thank you for this great read!! I definitely enjoying every little bit of it I have you bookmarked to check out new stuff you post. Ozzun Website design and development company

    ReplyDelete

Hi there, thanks so much for taking the time to comment.
If you have a question, I will respond as soon as I can.

Dont be afraid to shoot me an email! If you have a blog, I will pop on by :)