Program Hamil Bulan ke-8 : Saatnya Promil mandiri

Teruntuk bagi Anda-anda yang punya pengalaman setelah menikah langsung diberikan kehamilan, saya harap tidak berburuk sangka (apalagi yang nyinyir). Bacalah kalimat dibawah ini dengan hati :
Saya tidak mengidap suatu penyakit. Saya & begitu banyak teman-teman seperjuangan hanya diberi ujian oleh Tuhan melebihi kadar ujian bagi wanita kebanyakan. Kami diberi ujian mengalami PCOS syndrome. Sebuah syndrome dimana memiliki sel telur yang banyak dan kecil-kecil (sedangkan wanita normal kebanyakan hanya dianugerahi satu sel telur matang setiap bulannya)
Maka dari itu, saya harus esktra berjuang, karena dengan sel telur saya yang banyak bahkan saya bisa memiliki sampai 13 sel telur, saya berpeluang besar memiliki kehamilan kembar tripletta bahkan kembar 5. Dan saya harus memastikan sel-sel telur saya sehat, ukurannya ideal untuk dapat dibuahi oleh sperma, bisa matang dan siap untuk menjadi bakal calon janin.
Alhamdulillah, akhirnya sampai juga di kunjungan terakhir saya mengikuti Penelitian PCOS di Klinik Aster. Walau rasanya saya sedih saja, karena sudah tidak akan rutin berkunjung ke Aster & tidak lagi sering bertemu dengan Dokter Mulya dan Dokter Ade. Tidak ada lagi cerita perjuangan Promil saya dengan konsumsi obat segambreng. Entahlah, rasanya sedikit sedih saja seperti sebuah rutinitas dan harapan yang biasanya dilakukan setiap bulan untuk mengunjungi Dokter Kandungan, kemungkinan besar akan terhenti sejenak dikarenakan jarak.

Tapi di sisi lain, saya amat berterimakasih sekali dengan mengikuti Penelitian kali ini. Banyak sekali keuntungan dan sisi positif serta pengalaman yang sangat berkesan, yang saya temui selama kurang leih 8 bulan terakhir ini saya jalankan (bolak-balik Jakarta-Bandung) demi Program hamil.

Sisi positif yang banyak saya dapatkan selama mengikuti Program penelitian PCOS ini diantaranya :
  1. Saya beruntung bisa kenal dan bisa mendapatkan Dokter Obygn yang handal dan ke-Bapakan serta cekatan seperti Dr.Mulya A.Ritonga SPOG (K.Fer). Serta istrinya Dokter Ade.
  2. Semangat saya berjuang untuk mulai menghargai hidup saya dengan cara melakukan pola makan sehat, berpikiran pola hidup sehat, rutin menjalankan DIET GM, lebih pasrah dan mendekatkan diri pada Allah, menjadi goals saya dan sudah menjadi sebuah kebiasaan yang saya jalankan semenjak mengikuti penelitian ini.
  3. Kunjungan ke Dokter. Rutin sebulan sekali / sebulan 2x ada saja jadwal saya untuk melakukan konsul ke Aster. Dari mulai saat Januari saya masih tinggal di Bandung,lalu Februari hingga Juni saya pindah ke Jakarta (sehingga saat jadwal konsul, saya akan p.p. Jkt-Bdg), lalu mulai Juli saya pindah kota lagi (dan saya tempuh lagi p.p. kota yang lebih jauh). Semua itu saya jalankan dengan sabar dan banyak doa sudah saya ucapkan di perjalanan. Dimana yang lain masih tertidur lelap usai shalat shubuh, sedangkan saya sudah melakukan perjalanan ke Bandung dengan menggunakan travel demi bertemu Pak Dokter.
  4. Cek laboratorium. Menjalankan pemeriksaan Laboratorium berkaitan dengan Hormon-hormon pendukung fertilitas, yang amat bernilai bagi saya. Dalam penelitian yang dijalankan 8 bulan ini, saya sudah melakukan pemeriksaan lab selama 3x. Itupun pemeriksaan dengan cara pengambilan spesimen darah + cek EKG. Cukup banyak hormon-hormon dalam tubuh saya yang diperiksa. Kalau di total-total, 1x pemeriksaan saja sudah bisa menghabiskan dana lebih dari Rp.3.500.000,- (dalam 1x cek Lab). Sedangkan saya melakukan pemeriksaan Lab sebanyak 3x. Dan itu semua GRATIS. 
  5. Obat-obatan. Selama 7 bulan saya selalu diberi obat-obatan. Dalam sehari saya mengkonsumsi 3 butir obat. Maka bayangkan berapa ratus obat sudah saya konsumsi selama hampir 8 bulan terakhir ini (3 obat x 30 hari) x 7 bulan = lebih dari 630 butir obat saya konsumsi.
  6. Persahabatan. Ya, Dengan saya mengikuti penelitian, perjuangan  promil saya tidak sendirian. Justru saya bertemu dengan banyak sekali ibu-ibu muda yang sedang berjuang Promil dan mencoba bersahabat dengan PCOS. Sudah puluhan ilmu yang saya dapat dari grup PCOS Fighter Bandung. Dari mulai ilmu menu makanan yang sehat dan baik untuk PCOS, tips-tips olahraga, ilmu tentang kesehatan, pengertian dan manfaat pemeriksaan segala macam hormon (yang mungkin waktu saya kuliah, pasti hanya hapal selewat), menguasai berbagai nilai normal hasil Lab, mengetahui kisah-kisah perjuangan Promil para ibu di grup yang sudah 2,3,5,7, bahkan 9 tahun perjuangan menanti momongan, ilmu tentang make up, tentang suka-duka pernikahan, pertemanan tanpa mengenal jarak (walau kami para ibu-ibu beda kota, tetapi selalu ada 1 sama lain dan saling menguatkan), tentang drama menantu-mertua (yang cerita ini tidak akan pernah ada habisnya ahahaha...), pengetahuan tentang macam-macam pemeriksaan sperma, IVF, program bayi tabung, bahkan doa-doa serta kalimat-kalimat penenang hati untuk selalu tawakal dan percaya dengan ketetapan yang sedang Allah beri pada hidup saya. Semua itu amat-sangat bernilai tak terhingga.
Kalau dipikir-pikir, semua hal tersebut sudah sebuah rezeki bagi saya & suami. Nggak kebayang kalau saya bayar sendiri untuk cek Lab seluruh hormon + biaya konsul ke Dokter berkali-kali (termasuk biaya transportasi saya), berapa belas juta total yang harus suami saya gelontorkan hanya untuk Promil saja. Ditambah lagi, selama 8 bulan memiliki banyak sahabat baru pejuang PCOS serta ilmu-ilmu baru yang saya dapatkan tanpa harus duduk di bangku perkuliahan kembali. Alhamdulillah, Barakallah.
Kembali ke perjalanan Promil saya di bulan ke-8 ini. Jadwal konsul saya ke Klinik Aster adalah hari Rabu kemarin (16 Agustus 2017). Entah kenapa, tapi saya melihat Aster hari itu seperti super-sibuk. Bahkan banyak pasien dan Dokter lalu-lalang. Hingga saatnya Nama saya dipanggil untuk masuk ke ruangan Dokter Mulya. 

Konsul hari itu sebenarnya saya sudah telat haid hari ke-5. Tapi kali itu saya tidak diperiksa USG transvaginal. Saya hanya konsul sejenak dan mengobrol dengan Dokter Mulya. Dokter juga memberikan hasil Lab kunjungan ke-10 (bulan Juli lalu), dan membandingkan progress yang saya dapat selama mengikuti Penelitian PCOS ini. Dokter membandingkan hasil Lab saat awal screening mulai mengikuti penelitian, dan hasil terbaru.

Alhamdulillah, cukup banyak perkembangannya. Dari mulai Homa IR saya turun drastis, hormon progesteron saya bagus, hormon LH & FSH saya yang baik, dan banyak lagi kemajuan yang sudah saya jalankan selama program ini (dibantu dengan obat-obatan yang saya konsumsi, pola makan & pola hidup sehat yang saya jalankan). Tapi sangat disayangkan saja 1 hal, saya belum mendapat kehamilan selama promil ini. Padahal sudah sangat besar harapan saya dan suami, dengan hasil pemeriksaaan hormon saya sudah stabil serta Homa IR yang sudah sangat baik nilainya (nilai HOMA IR-ku : 1).

Dan saya juga diberikan resep obat Merformin dosis 500mg yang di konsumsi sehari 2x (pagi & malam) setelah makan.

Berikut hasil Lab terakhir saya (Kunjungan ke-10 ; Juli 2017) dibawah ini :




Alhamdulillah dan Bismillah.
Alhamdulillah, selesai juga saya mengikuti penelitian PCOS dengan Dokter Mulya, dan alhamdulillah-nya pogram kehamilan saya lancar.


Bismillah, saya mulai lagi Promil mandiri & tetap menjaga pola makan dan pola hidup sehat yang sudah saya jalankan sejak awal. Semoga saya bisa istiqomah menjalankannya.
Dan Insya Allah, Allah ijabah doa-doa saya dan suami serta ibu-ibu pejuang PCOS. Semoga kami semua diberikan kehamilan yang sehat dan lancar, serta kelak anak-anak kami lahir dengan selamat, sehat jasmani-rohani dan terutama akan menambah rasa syukur kami kepada Allah SWT.amin.
Semangat berjuang PCOS Fighter. Tiada hasil yang mengkhianati Usaha.
Tetap semangat, berdoa, dan tawakal. 


OPEN PO BUKU MERINDU
Buku yang mengisahkan tentang perjuangan PCOS fighter dalam menanti buah hati
Bagi yang ingin memesan Buku ini silahkan email ke : lannatika@gmail.com

29 Comments

  1. Lana... I hope the best for you Sissy♥ you are strong fighter! May Allah always send you and hubby a lot of happiness, until the babies come.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin ya Allah, ya Rabal'alamin. Terimakasih atas doanya Dira.
      Semoga tahun ini doa saya Dan ibu2 yang lain...diijabah Allah SWT.amin.

      Soalnya kadang udah mau nyerah aja, naik-turun semangatnya, apalagi kalo udah dapat nyinyiran, hikss...

      Makasih atas semangatnya ya dear 😘 Mohon doanya ikhtiar saya berbuah yg manis.

      Delete
  2. Enter your comment...Bismillah
    hai mbak Lana,,, baca ceritanya sya jd ada sedikit semangat buat promil lagi...sy pco sejak remaja...skrg kondisinya lg berasa ky mau nyerah di 6 thn penantian...makasih sharingnya ya mbak,,,,salam kenal dari bangka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Maleeka. Salam kenal kembali :)

      Ayo Mbak.. semangat lagi promilnya. Saya juga sampai sekarang Masih nga berhenti ikhtiar. Walau utk ke Dokternya saya skip dulu sudah 3 bulan nga kontrol,tapi ikhtiar Pola makan dijaga, gerak badan dan nga stress, Masih dijalanin rutin sambil memantau siklus haid juga dicatat tanggalnya setiap Bulan.

      Jangan menyerah ya Mbak promilnya. Kita saling mendoakan.

      Delete
  3. Assalamualaikum mbak lana, salam kenal saya nisa dari bandung. Kebetulan nemu blog nya saat lagi searching2 dokter obgyn. Mbak saya terharu sekali baca ceritanya mbak lana, saya cuma bisa kasih semangat dan doa untuk mba. Tidak ada yang tdk mungkin bagi Allah, saya sangat percaya akan ke-Maha Besaran Nya. Saya yakin suatu saat nanti mbak Lana akan diamanahi Nya diwaktu yang tepat. Semangat ya mbak. Percaya atau tidak, saudara saya akhirnya diamanahi anak saat usia 40thn, bahkan skrg diamanahi lagi anak kedua. Dan teman kantor saya jg akhirnya diamanahi anak setelah 3 thn penantian. Itu artinya Setiap orang mgkn punya waktu yang tepat untuk masing2. Tetep semangat ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam Mbak Nisa, salam kenal juga :)

      Amin Amin ya Allah ya Rabal'alamin 😇
      Saya juga sangat-sangat menanti momongan Mbak. Kadang Rasa lelah dan sedih dengan penantian jg bikin semangat jadi hilang. Makasih ya Mbak, semoga harapan & doa jg dari Mbak Nisa - teman2 untuk saya..bisa diijabah Allah.amin.

      Mba Nisa jg, semoga apapun yg sedang diinginkan, diijabah oleh Allah SWT.
      Kita saling mendoakan, semoga semua doa Kita diberi kemudahan, dan disegerakan.
      Semangat jg Mbak :)

      Delete
  4. Halo Mbak Lana, salam kenal. Senang banget ketemu blog ini. Sekali lihat tampilannya langsung merasa nyaman, simple dan maniiiis sekali. Perkenalkan, nama saya Vera, saya juga PCOS. Takjub mbak sudah terbebas dari PCOS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak, Salam kenal juga :)

      Saya ini juga walau pcos-nya sudah sembuh, tapi belum hamil Mbak....masih ikhtiar.
      Dan sekarang udah stop minum obat-obatan, jadi lebih ke jaga pola hidup sehat & pola makan sehat aja.
      Sambil tetep berdoa dan meminta pada Allah.

      Delete
  5. Halo salam kenal mba Lana. Saya juga sama PCOS udah 6 tahun berjuang untuk hamil tapi belum di kasih juga. Mba saya tertarik dengan penelitian dengan dokter Mulya. Boleh saya minta email mba lana atau whatsapp nya kl ada. Makasih mba sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas :)
      Monggo bisa email ke lannatika@gmail.com.
      Kita saling berbagi ilmu promil.

      Delete
  6. Halo Mbak Lana..
    Semangatt terus ya Mbakk.. aku jg sdh 3 tahun penantian dan hingga kini msh berjuang. Aku jd makin semangat progmilnya baca tulisan Mbak..

    Semoga kita para pejuang hamil segera dikaruniai keturunan ya Mbak.. aamiin yaa Rabb..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnnn ya rabal'alamin.
      Iya Mbak, Kita sama2 selalu semangatttt.
      Sambil tetap doa, ikhtiar, tawakal.

      Kita saling mendoakan juga Mbak, Kita nga Tau doa dari mana, dari siapa yg diijabah Allah. Yg penting Kita tetep ber-husnudzan sama Allah 😊

      Salam kenal dan Salam hangat dari Saya..
      Semangat terus pantang menyerah, semoga ramadhan ini Kita dikaruniai kehamilan yg sehat walafiat.aminn ya rabal'alamin..

      Delete
  7. Assalamu'alaykum mbak lana💚
    Qadarullah malam malam ketemu blog yang nyaman banget.
    Aku dini dari bandung dan Alhamdulillah akupun pcos. Siklusku haidku berantakan. Malem ini dari mulai tarawih, tadarrus rasanya berkaca2 rindu kepingin punya baby kayak ibuk2 yg lain. Sempat promil dr tono di limijati, terapi metformin dan inclacyn tapi ngga kuat krn mual dan lemas. Sampai akhirnya cuma bertahan 1bln (dan ga kontrol lg). Nemu blog ini jd punya semangat baru buat ke dokter lg😊 Allah has perfect timing, right😊 terimakasih udah nyiptain blog ini. Semoga Allah lekas memantaskan kita untk dpt amanah baby dr Allah SWT ya mba. Aamiin Allahumma Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam.halo Mbak.
      Salam kenal juga ya ☺️

      Alhamdulillah kalau artikel ini Bermanfaat walau tidak seberapa.

      Semoga ikhtiar2 & ribuan doa kita disegerakan di ijabah Allah SWT di waktu yg indah.amin.

      Jangan pantang menyerah Mbak. Memang sih metformin bikin mual. Makanya tips dari Dokter saya, bagi yg tubuhnya nga tahan minum metformin (berefek : mual2, muntah eneg, keringet dingin), maka tips-nya adalah obat metformin-nya diminum di tengah2 makan. Lalu Setelah diminum, lanjut selesaikan makan beratnya.

      Insya Allah ampuh. Saya juga awal2 gitu, ditengah2 makan Nasi + lauk, Saya minum metformin. Baru setelah selesai makan, bisa minum folavit & vitamin santa-e 😊

      Oiya biar siklusnya lancar/ teratur lg, bisa coba ikhtiar beberapa pilihan :
      - minum air kelapa hijau murni (baru dibuka dari batok kenapa-nya).
      - minum rebusan kayu manis + jahe +sereh (serai). Direbus pake air 2 gelas, menjadi 1 gelas.

      Semoga kita disegerakan diberi momongan yg sehat, sholeh-sholehah.amin ya rabal'alamin 😊

      Delete
  8. Assalamualaikum mba lana, terharu bgt bacanya. Saya saya suami juga bener" rindu baby. Udah rencana mau promil alhamdulillah nemu cerita mba. Kalo boleh tanya, apa penelitian di klinik aster masih ada? Atau ada syarat dan ketentuan khusus klo mau jd pesertanya? Jujur kami memang ingin promil, tp kondisi keuangan kami pun bukan yg berlebih. Jika memang bisa jd peserta penelitian di klinik, itu sangat membantu do'a kami. Terima kasih mba lana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam Mbak. Salam kenal. Saya ikut penelitian PCOS di RS Hasan sadikin-bandung pas tahun 2016.

      Nah sekarang Saya udah pindah ke Jkt dari 2017. Jadi saya ndak tahu persis nih Mbak, apa masih ada penelitiannya yg diadakan tiap tahun.

      Kalo saranku...coba Mba kapan2 jalan2 Aja ke Klinik Aster-RSHS.
      Kesana sambil tanya2 ke susternya. Siapa tau dapet info.
      Oiya kalo mau ke Aster, kalo bisa datangnya pagi ya Mbak. Klinik buka Dr jam 8, dan tutup jam 14.00 siang (kalo saya tidak salah inget).

      Atau bisa coba telpon dulu. Nomer Klinik Asternya bisa googling. Semoga membantu.
      Tetep semangatttt ya Mbak. Kita saling mendoakan semoga kita disegerakan diberi kehamilan yg sehat di bulan syawal ini.aminnn ya Rabb.

      Delete
  9. Assalamualaikum mba Lana heehe saya juga pcos dan program hamil anak kedua..dan saya baca2 blog ketemu blog mba semoga kita disegerakan ya saya selain pcos hiperretro juga oiya dl hamil anak pertama isinya STLH ga promil saya rutin aerobik eh malah isi skrg SDH rutin aerobik to blm isi jg mgkn msh diary banyak ikhtiar ..kangen hamil lagi anak saya sudah SD kelas 1 dan sepertinya butuh teman karena sering blg sepi dirumah hahaha okay mba pokonya semangat ya dengan keistimewaan kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam Mbak :)
      Halo...Salam kenal.


      Terimakasih udah mau baca postingan saya ini, hehehe...
      Dan makasih juga Mbak, jadi berbagi pengalaman juga. Iya bener temen2 sesama pejuang buah hati yg PCOS banyak yg berhasil hamil Setelah rutin olahraga juga Dan pola hidup sehat.

      Mudah2an Saya bisa disegerakan dikasih momongan yg sehat walafiat sama Allah. Amin. Soalnya Saya juga udah kesepian rasanya kalo di rumah,udah pengen ada suara anak kecil.hehehe..
      Sama-sama, semangatttt juga ya promilnya. Kita saling menguatkan, saling mendoakan.

      Delete
  10. Salam kenal mba lana, alhamdulillah saya menemukan blog mba lana ini disaat saya mulai gusar dengan pertanyaan kapan hamil dr orang sekitar hehe, berkat blog mba lana saya makin semangat untuk program hamil .. Awalnya saya bingung prosedur program hamil seperti apa? Eh qodarullah nemu blog ini jd tercerahkan.. Makasih mba lana

    ReplyDelete
  11. Hallo juga, salam kenal kembali.
    Alhamdulillah kalau tulisan saya ada manfaatnya. Semoga bisa menjadi secuil semangat ya Mbak untuk tetep ber-husnudzon sama Allah (berbaik sangka).
    Insya Allah semua ikhtiar kita, ribuan doa kita selalu di dengar Allah & dikabulkan di waktu yang indah dan disegerakan.amin.

    Tetep jaga olahraga rutin + pola makan sehatnya yah.

    ReplyDelete
  12. Assalaamu'alaykum mbak Lana, saya juga PCOS Fighter. Mau sharing, dulu pernah diberi resep pil KB kah mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam Mbak Sarah.
      Saya belum pernah dikasih pil KB sama Dokter mba.
      Selain karena memang saya nggak menunda kehamilan, saya juga memang siklus haidnya normal 27-31 hari. Jadi nggak perlu pemancing obat KB.

      Paling hanya dulu saat promil diberikan obat inlacin pernah, metformin pernah, dan folavit.

      Delete
  13. Mba lana,salam kenal...
    Boleh minta kontak wa nya mba..
    Utk sekedar tanya2 seputar promil.
    Tks

    ReplyDelete
  14. Assalamualaikum, mbak Lana Masya Allah salam kenal gina dari Bandung, mbak gina membaca tulisan mbak satu per satu, gina seakan2 ikut perjuangan mbak, setiap kali mbak mengingat Allah di situ juga gina berdoa kepada Allah, mbak kita sama2 berdoa semoga Allah memberikan kepercayaan agar kita bisa memiliki momongan, Aamiin yaa rabballamin ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gina :)
      Salam kenal.
      Insya Allah pasti, apa yang kelak jadi milik kita, pasti Allah kasih. Walau waktunya ada Hak Veto Allah kapan mau ngasih.
      Sambil menunggu datangnya waktu spesial itu, kita sama2 yuk bareng lebih mendekatkan diri lg sama Allah...biar pas dikasih, rasa syukur Kita jadi ladang pahala 🤗 🤗.
      Semangatttt untuk kita pcos fighter 💪🏻

      Delete
  15. mbak lana maaf apkah mbak sudah berhasil hamil? saya kmren juga hbis usg transv dn ktnya telurnya kecil"...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. keguguran sepertinya mba. jadi hingga saat ini belum hamil lagi.

      Delete
  16. Replies
    1. Baik2 saja. Sedang nggak promil apapun karena kendala covid.

      Delete

Hi there, thanks so much for taking the time to comment.
If you have a question, I will respond as soon as I can.

Dont be afraid to shoot me an email! If you have a blog, I will pop on by :)