Solo Travelling? Why Not


Siapa sih yang tidak suka liburan? Pasti kita semua suka, apalagi dengan hectic-nya pekerjaan yang kita lakukan dan menjadi rutinitas sehari-hari, dipastikan liburan itu akan menjadi waktu yang paling kita nanti-nanti.

Untuk liburan pun bisa kita lakukan bersama dengan teman-teman, sahabat tersayang, pasanganmu bahkan bisa kamu lakukan sendiri. Ya! Liburan sendiri atau sering disebut dengan solo traveler. Melakukan perjalanan seorang diri juga bisa menjadi ajang diri kita merasakan rasanya keluar dari zona nyaman, merasakan pengalaman baru, keseruan baru yang kita rasakan saat berlibur dan sepulang dari liburan, siapa tahu akan melahirkan diri kita yang baru.

Nah, kali ini saya akan membagikan beberapa tips buat kamu-kamu yang akan melakukan solo travel, alias buat kamu-kamu yang berencana liburan sendiri.

1. Persiapkan Fisik dan Mental kamu
  Hal paling utama yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan persiapan liburan adalah persiapkan kondisi fisik kamu dan mental. Karena selama perjalanan kita akan menemui segala kemungkinan, penglaman baru yang bisa saja menyita fisik dan mental kamu, semisal berjalan jauh dikarenakan bus yang kamu naiki ban-nya bocor sedangkan kamu mengejar waktu untuk segera tiba ditujuan sebelum malam tibs, dan tentu saja membuat mental kamu harus siap menghadapi hal-hal baru yang akan kamu temui nanti.

2. Bawa dan lengkapi identitas diri
   KTP, passport adalah sekian barang wajib yang harus kamu persiapkan dan ditaruh di tasyang mudah dijangkau. Persiapkan pula selain dokumen asli, juga fotocopy-nya. Tak lupa untuk identitas diri lainnya bisa kamu simpan juga dalam bentuk softcopy dan kau simpan dalam folder email. Kenapa? Untuk jaga-jaga bila saja kemungkinan terburuk terjadi (tas kamu hilang), dan softcopy dokumen yang kamu simpan dalam email bisa menjadi penolong pertama kamu untuk bisa membantu kamu saat di bandara nanti.

3. Rencanakan Perjalanan kamu
    Melakukan solo travel bukan berarti membuatmu pergi ke kota / negara tujuan yang akan kamu kunjungi tanpa persiapan. Segala sesuatunya harus kamu persiapkan dengan matang. Dari mulai transportasi yang akan kamu gunakan, akomodasi/penginapan selama berlibur, konsumsi selama perjalanan, obat-obatan darurat, tujuan liburan kamu kemana saja, dan juga perhitungan budget selama liburan disana. Semua hal ini sangat penting kita persiapkan, agar saat liburan kita nanti, kita sudah tidak bingung sendiri harus kemana dan naik transportasi apa.


4. Persiapkan budget liburan dengan terencana
   Tidak dipungkiri budget / dana untuk liburan itu wajib kita persiapkan dengan cukup matang. Dari mulai pengeluaran untuk transportasi, penginapan, tujuan wisata kamu hingga beli souvenir atau barang-barang lucu disana yang membuat kamu jatuh cinta sejak pertama lihat dan ingin membelinya sebagai kenang-kenangan liburan kamu nanti. Maka, bisa kamu persiapkan seluruh dana tersebut dengan menabung dari jauh-jauh bulan, mencari promo tiket penerbangan, melakukan perbandingan prmo harga penginapan dan sebagainya. Sehingga saat kamu pulang liburan, uangmu tidak akan kosong-melompong di tabungan dan kamu masih bisa melanjutkan aktivitas sehari-hari kamu sepulang liburan tanpa harus berhutang / membayar hutang kartu kredit yang lumayan menyita gaji kamu.

5. Tidak perlu membawa banyak bawaan
    Karena kamu melakukan liburan sendiri, saya sarankan untuk membawa 1 tas backpack untuk kamu bawa dan 1 tas serbaguna yang mudah kamu slempangkan di bahu kamu (untuk membawa passport, dompet, uang). Kenapa? Dengan 1 tas backpack yang kamu pergunakan, akan memudahkan mobilisasi kamu saat melakukan perjalanan. Dan bila saat liburan kamu akan usai dan kamu membeli oleh-oleh yang cukup banyak, kamu bisa membeli tas dadakan saja, sehingga bawaan yang kamu bawa saat berangkat liburan tidak membuat kamu kerepotan sendiri tentunya.

6. Siapkan gadget dan informasi penting
    Kita tidak tahu sama sekali akan bertemu dengan kejadian/ pengalaman apa selama perjalanan liburan nanti. Jadi tidak ada salahnya untuk kita persiapkan informasi tambahan yang kita save di gadget kita, semisal nomer darurat yang mudah untuk dihubungi, nomer teman/saudara/kerabat yang kebetulan tinggal di kota yang kita kunjungi tersebut (bila siapa tahu kita dalam keadaan darurat), nomer RS dan kantor polisi yang terdapat di kota tersebut, dan tak lupa catatan kecil yang sengaja kita tulis dan simpan di dalam tas (ber-isi-kan informasi : nama lengkap, alamat tempat tinggal, nomer darurat yang mudah untuk dihubungi).

So, itulah tips-tips penting yang bisa kamu jadikan panduan untuk kamu mempersiapkan solo travel kamu. Dan tentu saja jangan lupa juga, berdoa sebelum berangkat dan selama di perjalanan hingga tiba di tempat tujuan, agar dimanapun kita berada, selalu dalam lindungan Allah SWT.amin.

Happy holiday gals! 



Protected by Copyscape

* * *
[ Tulisan Asli pengalaman milik sendiri Bukan Content Placement / Sponsored Post ]

0 Comments

Hi there, thanks so much for taking the time to comment.
If you have a question, I will respond as soon as I can.

Dont be afraid to shoot me an email! If you have a blog, I will pop on by :)