Top Social

VISITING ESPLANADE THEATRES ON THE BAY, SINGAPORE

Wednesday, 26 September 2018

Long Vacation Part 3

Esplanade Theatres on the Bay yang juga dikenal dengan Teater Esplanade terletak di tepi pantai. Tidak jauh dari sana terlihat patung Merlion yang menjadi icon Negara Singapura.

The Esplanade sendiri merupakan pusat pertunjukan seni lintas budaya dan genre. Kita bisa menonton konser bertaraf Internasional terbaik dari barat seperti Vienna Philarmonic Orchestra hingga pertunjukan musik Festival yang selalu rutin diadakan setiap tahunnya disana. Esplanade sendiri terdiri dari ruang konser yang super besar dan dapat menampung pengunjung (penonton) konser sekitar 1.600 orang dan ruang teater dengan kapasitas sekitar 2.000 untuk pertunjukan seni.

Selain itu, keistimewaan lainnya dari The Esplanade ini adalah bentuk bangunannya yang dimana gaya arsitekturnya yang menyerupai buah durian. Untuk menjelajah Esplanade yang megah kita bisa mencoba dimulai dari masuk stasiun MRT, dan di bawah tanah terdapat jembatan yang akan menghubungi area bawah tanah MRT dengan Esplanade.

• Esplanade - Theatres on the Bay
    1 Esplanade DriveSingapura 038981
    Lihat di peta
  • Jam Operasional
    Jam Buka Loket tiket
    Setiap hari pukul 12.00-20.30

Loket tiket The Esplanade akan dibuka 1 jam sebelum pertunjukan jam 12 siang dan untuk pertunjukan yang dimulai setelah pukul 20.30, loket akan tetap buka selama setengah jam.

• Pertama kali saya jalan-jalan di area Esplanade berawal dari ketidak-sengajaan saya saat mengunjungi patung Merlion. Tidak jauh dari sana saya berjalan, akan ada jembatan yang menghubungkan kawasan Merlion Park dengan Esplanade Park. Di depan Esplanade akan terdapat beberapa patung sculpture berseni tinggi. Di sekelilingnya di tanam pohon-pohon hijau yang terkesan mengelilingi 'bangunan durian raksasa'. Untuk masuk kesana tidak dipungut biaya (kecuali masuk ke event pertunjukan seni/teater). Di pintu depan Esplanade kita bisa melihat sebuah ballroom cukup luas, beberapa anak tangga yang kita naiki, dan setelah itu kita akan bertemu dengan sebuah area pertunjukan. Biasanya di hari weekdays bila kita beruntung, kita bisa melihat kumpulan remaja berlatih menyanyi paduan suara disana.

Dan kita bisa pula berkeliling menjelajah lagi setiap sudut The Esplanade. Cukup banyak terdapat di dalamnya ruangan-ruangan yang terbagi menjadi beberapa fungsi ruang pertunjukan. Tidak melulu menjadi ruang pertunjukan seni, tapi terkadang di beberapa sudut ruang Esplanade juga difungsikan sebagai ruang pameran lukisan & barang-barang seni yang diadakan secara berkala oleh pihak Esplanade. Ada beberapa pameran seperti foto, lukisan abstrak, patung sculpture, yang bisa kita kunjungi dengan gratis, maupun berbayar.

Beberapa kali saya berkunjung ke Singapura, terkadang selalu disamakan dengan jadwal Jazz Music Festival yang selalu rutin setiap tahunnya diadakan di area luar Esplanade, dekat dengan Marina bay. Awal saya datang kesana, acara Musif Jazz fest diadakan setiap bulan Maret. Tetapi sudah 2-3 tahun terakhir ini, pertunjukan Jazz fest dirubah menjadi akhir tahun sekitar bulan November setiap tahunnya.

Setiap kali pagelaran Jazz festival diadakan, saya amat sangat super excited! Sampai-sampai suami bersedia menemani istrinya nonton Jazz dengan pemandangan Marina bay di balik panggung musiknya. Dari mulai band musik Jazz sekelas Incognito, band indie Jazz hingga Diana Krall sudah tampil di salah satu event Jazz terbesar se-Asia tenggara ini. Terkadang saya & suami sengaja mengatur waktu untuk berkeliling menjelajah Singapore selama setengah hari, dan pada sore harinya kami akan langsung ke stasiun MRT kembali untuk menuju ke Esplanade.

Sambil menikmati sepoian angin sore, ditambah dengan seluas mata memandang saya bisa melihat jelas kemegahan Marina bay sands, ditemani alunan lagu-lagu Jazz kesukaan, sudah membuat liburan sore saya cukup sempurna. Apalagi mengdekati jam 7 malam, suami akan mengajak saya untuk dinner dan rileks sejenak sambil menikmati kuliner paling wajib yang harus kami nikmati setiap kali berkunjung kesana. Siapa lagi kalau bukan ke Food court yang tidak jauh dari area Esplanade, yaitu Makansutra Gluttons Bay. Sebuah Foodcourt bernuansa outdoor yang menyajikan beragam masakan asia dan minumannya yang segar untuk dinikmati sambil mendengarkan konser Jazz. Menu kuliner yang super wajib saya & suami santap tidak lain adalah kepiting saos singapore (untuk review-nya, sudah saya tulis di Artikel "Singapore Trip Day 1").

Tidak jauh dari Esplanade, juga terdapat Artscience Museum. Artscience Museum ini buka pada pukul 10.00 pagi - 7.00 malam. Cukup banyak pula event-event pameran museum yang menampilkan ilmu Science dalam setiap pagelarannya. Bahkan dalam bulan ini terdapat pameran ukiran Superhero Marvels yang terbuat dari tanah yang dipahat oleh beberapa pemahat unggul dunia, dan hasilnya pahatannya akan dipajang di Art science tersebut.
    Adapula pameran Future World yang memamerkan kecanggihan teknologi, The black waves, selain itu juga ada area Lightball yang berisikan bola-bola raksasa berwarna-warni, Town and Space sebagai ruangan menggambar dan mewarnai, Aquarium projector yang interaktif, serta Crystal Universe yang berisikan lampu-lampu cahaya gantung yang berkilauan, serta terdapat instalasi lampu kristal yang super banyak, dijamin membuat kita akan serasa berada di dunia lain. Lampu ini canggih bisa koreografi sinkron seperti bintang-bintang di Luar angkasa. Sangat Rumit karena terdiri dari 170.000 lampu led, yang diciptakan dengan teknologi interaktive 4Dimensi dari team lab. Dan tentu saja spot-spot di Artscience museum sangat cantik untuk jadi spot foto instagramable

Harga tiket masuk Artscience Museum sebesar 17$ Singapore / orangnya. Bisa juga dengan kita membuat kartu member card Marina secara gratis sebelum membeli tiketnya.