TATA CARA SHALAT TASBIH

Thursday, 3 January 2019


YANG DIBACA  PADA SHOLAT SUNAT TASBIH  2 RAKAAT


Tulisan ini sebenarnya saya dapat dari files yang ada di dalam komputer Papa. Cukup banyak tulisan-tulisan karya Papa yang masih berada dalam komputer dan sangat sarat manfaat. Entah itu cara bersosialisasi dengan tetangga, resep-resep masakan khas Jawa yang sudah Papa praktekan masak sendiri, surat-surat terjemahan agama, makna doa-doa dalam Islam, ringkasan ceramah yang sudah Papa ikuti dan Papa pelajari lebih dalam, riwayat keluarga hingga garis besar keturunan, dan masih banyak lagi macamnya.

Jadi, malam ini, sembari saya menunggu suami pulang kerja, masak makan malam sudah selesai, saya putuskan untuk membuka laptop dan mata langsung memandang sebuah folder yang berisikan semua tulisan-tulisan Papa. Dan ada sebuah judul yang membuat saya ingin membagikan kepada teman-teman pembaca blog disini. Semoga bisa menjadi manfaat ya.

Oh iya, alhamdulillah Shalat Tasbih ini sudah mulai saya pelajari dan jalankan sejak kelas 1 SMP. Sama sekali tidak ada yang mengajarkan, bahkan Papa tidak pernah memberi perintah. Hanya saya kala itu, ada sebuah buku Panduan Shalat berwarna sampul hijau, dan saya baca. Alhamdulillah, hati ini tergerak untuk mempraktekannya. Hingga sekarang, alhamdulillah masih berusaha saya jalankan walau sudah tidak rajin.hehehe...

Yang saya ingat anjuran dari Shalat Tasbih ini adalah, Nabi Muhammad SAW bersabda agar kita melakukannya tiap hari sekali.


Jika tak mampu, maka sepekan sekali, sebulan sekali, setahun sekali atau jika tak mampu juga setahun sekali, maka lakukanlah sekali dalam seumur hidup.
Sesuai dengan namanya yaitu salat tasbih, maka tata caranya sedikit berbeda dengan salat pada umumnya, yaitu dipenuhi kalimat-kalimat tasbih subhanallah walhamdulillah wa laa ilaah illallah wallaahu akbar.


Berikut Tata Cara Shalat Tasbih :

  1. Niat salat sunah tasbih: usholli sunnatat tasbih arba’a roka’atin lillahi ta’ala (sengaja aku salat sunah tasbih empat rakaat karena Allah Ta’ala).
  2. Takbir
  3. Doa Iftitah
  4. Baca surat Al-Fatihah
  5. Lanjut baca 1 surat pendek
  6. Sehabis Suratan pendek rakaat pertama (sebelum ruku), baca kalimat TASBIH 15x (subhanallah walhamdulillah wa laa ilaaha illallah wallaahu akbar).
  7. Saat ruku’ rakaat pertama (sebelum bangun), lanjut bacakan kalimat  TASBIH 10x
  8. I'tidal
  9. Pada saat i’tidal sebelum turun untuk sujud, terlebih dahulu membaca TASBIH 10x, baru kemudian sujud.
  10. Sehabis sujud pertama, sebelum bangun duduk baca kalimat TASBIH 10x
  11. Duduk antara 2 sujud, bacakan kembali kalimat TASBIH 10x. Lalu sujud kembali.
  12. Sehabis sujud kedua, sebelum bangun, baca kalimat TASBIH 10x
  13. Setelah sujud yang kedua tidak langsung bangun untuk berdiri memulai rakaat yang kedua, namun terlebih dahulu duduk & membaca kembali TASBIH 10x. Setelah itu barulah bangun untuk berdiri kembali memulai rakaat yang kedua.
  14. Lakukan seperti ini juga untuk rakaat kedua, ketiga, dan keempat.

( Total tasbih : 75x dikali 4 rakaat = 300 tasbih )

 Hal yang sama dikerjakan pada rakaat kedua , maka total tasbih 2 rakaat 150  x.

Untuk rakaat yang kedua tata cara pelaksanaan shalat dan jumlah bacaan tasbihnya sama dengan rakaat pertama, hanya saja pada rakaat kedua setelah membaca tasyahud sebelum salam terlebih dahulu membaca tasbih sebanyak 10 kali, baru kemudian membaca salam sebagaimana biasa sebagai penutup shalat. 



Lakukan sholat tasbih dengan ikhlas baik siang atau di sepertiga malam terakhir. Diteruskan dengan berdoa  misal istigfar 9  sampai 12 ulangan  jadi lebih dari 100 x. Doa umum akhiri dengan Al-fatihah.

Post Comment
Post a Comment

Hi there, thanks so much for taking the time to comment.
If you have a question, I will respond as soon as I can.

Dont be afraid to shoot me an email! If you have a blog, I will pop on by :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature