TIPS MEMBELI RUMAH PERTAMA UNTUK DIHUNI

Monday, 30 March 2020

Alhamdulillah, akhirnya setelah 3,5 bulan keliling keluar-masuk komplek untuk pencarian rumah masa depan, finally alhamdulillah ketemu juga rumah yang sesuai kriteria masa depan. Cerita perjalanan bisa dapat rumah masa depan ini di dapat dengan perjuangan. Di mulai dari awal November 2019 & berujung di Januari 2020. 

November 2019 : Usai beres urusan tahlilan, aku bersama suami hampir tiap weekend agendanya muterin Bintaro dengan bekal boncengan motor keluar masuk cluster lama maupun baru. 
Keluar-masuk komplek. Sampe hobinya ngumpulin brosur perumahan beserta gambar denah & price list. Dari yang mulai kepanasan-kehujanan-keringetan-pantat tepos-sampe ketawa-ketawa.

12 Januari 2020 : Belum pada mandi hehe…. Minggu pagi kami iseng main ke Marketing Gallery Bintaro Jaya. Setelah ngobrol A-Z tentang rumah yang available, masih aja belum nemu yang sreg. 
Eh cuman selang 5 hari berikutnya, tiba-tiba diinfoin oleh marketingnya Jaya Property, bahwa mereka akan membangun Cluster baru + harganya sesuai budget kami. 
Auto langsung grecep beli 1 unit rumah dengan harga masih Pre-sale!. 

So, dari pengalaman singkat tapi berkesan itu...kali ini saya akan menguraikan beberapa Tips dalam membeli rumah pertama yang bisa jadi panduan kita terutama bagi yang baru saja menikah 1-3 tahun terakhir ini dan berencana membeli sebuah rumah pertama.

TIPS MEMBELI RUMAH PERTAMA :

  1. Belilah rumah pertama-mu bersama pasangan melalui Developer terpercaya & sudah kompeten dalam bidangnya. Kenapa? karena Developer yang sudah terpercaya dan reputasinya baik, selain mereka menjamin lahannya sudah ter-tata dengan baik, pembangunan jaringan listrik juga sudah dijamin disediakan dengan baik, terutama kamu tidak akan kena tipu dengan pengembang abal-abal (toh karena mereka menjaga nama baik perusahaan mereka, jadi akan membangun sebuah kawasan hunian tidak main-main). Banyak kan tuh sekarang pengembang yang membawa uang calon buyer dan tidak dibangun-bangun lahannya. Adapula pengembang kecil yang memang pasti membangun cluster-nya, hanya saja sistim pembayarannya tidak bisa KPR, melainkan cash keras dengan sistem bayar 2 atau 3x. Kebayang kan hanya dalam 6 bulan kita harus menyediakan uang cash ratusan juta sendiri tanpa sistim KPR. Pengembang seperti ini bisa dibilang belum kuat dalam hal keuangannya, sehingga mereka belum berani mengambil resiko besar bertransaksi dengan Bank perihal KPR.
  2. Pastikan pihak Developer sudah menjalin kerjasama dengan pihak Bank terpercaya dan menyediakan fasilitas KPR dalam proses pembayarannya. Karena dengan kerjasama dengan Bank, legalitas mereka dalam membangun sebuah hunian juga bisa kita percaya. 
  3. Amat sangat penting faktor Legalitas dan Sertifikat Tanah yang diterbitkan BPN atas lahan yang dijual oleh Developer sudah selesai (Sertifikat sudah dipecah) jadi kita pemilik resmi hunian yang akan kita beli (Dalam bentuk : SHM ; Sertifikat Hak Milik, IMB dan lingkungan). Bukan HGB (Hak Guna Bangun). 
  4. Developer yang sudah punya nama dan terpercaya, mereka akan memakai material-material yang bagus dan kuat untuk digunakan untuk membangun. Tidak asal-asalan membangun yang penting laku terjual. Yang pada akhirnya 3-5-10 tahun ke depan, kita akan justru memngeluarkan banyak biaya untuk memperbaiki pondasi rumah, banyak keretakan bangunan, dan sebagainya. 
  5. Dengan membeli rumah dari pihak Developer yang terjamin, maka kita akan memiliki kawasan yang tertata apik dengan landscape and fasilitas pendukung yang memadai. 
  6. Dengan pembelian rumah pertama yang dipastikan kita akan menghuninya. Sehingga developer yang baik dan sudah terpercaya, mereka juga akan memastikan kondisi air tanah maupun instalasi PDAM terbangun dengan baik. 
  7. Keamanan lingkungan meliputi security dan keamanan sekeliling komplek/ cluster yang kita huni terjamin. 
  8. Dan terakhir, dengan kita memastikan membeli rumah pertama dari tangan Developer terpercaya, maka terjamin pula legalitas rumah bila ke depannya kelak rumah tersebut akan kita jual. Calon pembeli baru sudah akan tenang untuk membeli rumah kita karena surat-surat dokumen Legal rumah lengkap. 
Kriteria diatas tersebut bisa menjadi point-point penting kita dalam membeli rumah pertama yang dipastikan akan di huni. 



Dan di bawah ini akan saya jabarkan lebih lanjut, alasan-alasan detail mengapa kita harus membeli rumah dari Developer yang sudah memiliki nama yang baik di kalangan masyarakat. Diantaranya : 
  • Membeli rumah melalui Developer memudahkan dan menghemat waktu serta energi. Kamu tidak perlu repot mencari tanah, dan tidak harus membangun dari nol. Rumah sudah jamin dibangun oleh developer.
  • Developer yang baik, ia tidak hanya membangun dan menjual hunian, tetapi mereka juga akan menata desain Fasad rumah agar indah dilihat, mentata konsep perumahan yang baik seperti lingkungan, saluran pembuangan air dan jalur listrik. 
  • Sebuah Developer yang sudah di dukung dengan pihak Bank, maka dapat di kategorikan berstatus perusahaan pengembang yang baik reputasinya & menjamin kepastian bahwa rumah akan terbangun semua. 
  • Legalitas seperti SHM dan IMB adalah hal yang paling krusial. Pastikan kita akan mendapatkan kedua dokumen tersebut sebelum transaksi. Banyak kita bisa jumpai diluaran sana sudah tinggal di rumah tersebut bertahun-tahun (bahkan 10 tahun lamanya) tetapi Sertifikat tanah belum di dapatkan warga. 
  • Rumah akan berdiri dalam waktu 10 s/d 20 tahun ke depan. Maka pemilihan Material yang digunakan untuk membangun hunian adalah hal amat penting,. Material baik maka akan bertahan lebih lama dan sedikit kerusakan, artinya biaya akan lebih sedikit untuk perawatan. Tidak hanya harga tanah namun harga material setiap tahun juga akan naik⁣. 
  • Pekerjaan rumah pun juga harus baik, mulai dari struktur sampai finishing dengan kesesuaian keteknikan, berdampak besar apabila dalam pembangunan ada salah perhitungan, dari amblas nya fondasi sampai retak mayor⁣. 
  • Air adalah sumber kehidupan, dan akan selalu di gunakan. Berpikirlah matang matang untuk hal ini, filter system cukup mahal dan ada kalanya rusak⁣. 
  • Pastikan developer anda memiliki hubungan yang baik dengan warga sekitarnya dan keamanan dapat terwujud. 
Hal-hal diatas harus kita pastikan dilakukan dan dikerjakan oleh pihak Developer agar ke depannya kita memiliki hunian yang baik, kokoh, aman dan terjaga lingkungannya.
Post Comment
Post a comment

Hi there, thanks so much for taking the time to comment.
If you have a question, I will respond as soon as I can.

Dont be afraid to shoot me an email! If you have a blog, I will pop on by :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature