STEP BY STEP PROSES KPR RUMAH PERTAMA

Assalamualaikum,
Kali ini aku mau sharing tentang pengalaman pribadi menjalani proses Tahap demi Tahap pembelian rumah pertama kami sekaligus rumah masa depan. Dan niatnya selain untuk catatan pribadi juga untuk berbagi pengalaman yang mudah2an bisa bermanfaat bagi teman-teman (Insya Allah).
Sama sekali tidak ada niatan riya. Dengan diawali nawaitu bismillah.... niat aku & suami adalah untuk sharing ilmu & pengalaman. Semoga berkenan & bermanfaat ya 🙂🙏🏻

Kamis, 06 Agustus 2020
Pkl. 08.30 wib
📍 Wisma BCA BSD City

#barakallahfiikum 
Akhirnya pagi ini sampai juga ke Tahap Penandatanganan Akad KPR diawali dari proses pencarian hunian hingga sampai juga ke Tahap proses kepemilikan rumah yang kami (saya & suami) jalankan sejak Januari 2020 hingga akhirnya selesai per Agustus 2020 hari ini.
Proses Akad Rumah ini adalah pengalaman pertama kalinya kami. Dimulai dari :
  • Januari 2020      : pencarian rumah
  • February 2020   : bayar booking fee unit ke Developer
  • Maret 2020        : ditunda, karena pandemik corona
  • April 2020         : dapat discount harga unit hingga 100jt-an
  • April 2020         : tanda tangan Dokumen SPP & PPJB
  • Mei 2020           : pembayaran DP 1
  • Juni 2020           : pembayaran DP 2
  • Juli 2020            : pembayaran DP 3
  • Juli 2020            : pembayaran biaya Notaris
  • Juli 2020            : pembayaran biaya cek Sertifikat ke BPN
  • Juli 2020            : pembayaran biaya BPHTB & AJB 100% 
  • Agustus 2020     : proses Akad ke Bank
*Proses Akad KPR disaksikan :
  1. Pihak Bank BCA 
  2. Pihak Notaris : Bpk. Aloysius M. Jasin. SH. & team.
  3. Pihak Developer PT. Jaya Property (Bintaro Jaya).
So, kali ini aku mau mengupas satu-persatu yaa tahap dan alasan saya & suami memilih pihak-pihak diatas. Diantaranya :

A. BANK BCA
Kenapa kami memilih Bank BCA padahal banyak bertebaran promo KPR dari bank swasta lainnya yang tentunya biasanya lebih menggiurkan? Jawabannya karena :
  1. Tiap tahun, dalam rangka HUT (Ultah) BCA, mereka always ngadain bunga fix rate yang rendah dan berlaku hingga 5 tahun (60 bulan). BCA tuh birthday kalau tidak salah ingat di bulan Maret, jadi biasanya bakal ada promo bunga KPR yang berlangsung hingga 3 bulan ke depan. Tapi kenapa kami Akad di bulan Agustus tapi  kok masih dapat promo? Lagi-lagi karena berkah pandemi bikin BCA memanjangkan promonya hingga akhir Agustus, Alhamdulillah, kami jadinya  masih bisa ngejar promo.
  2. BCA tuh ajaib. Karena kami ikut promo HUT BCA ini, jadi selama 60 bulan (5 tahun), cicilannya fixed rate alias tetap nominalnya nggak fluktuatif. Sisi positifnya lagi, saat (misal) di kisaran jangka waktu 1-60 bulan itu & kelak kami akan menge-Boom (alias melunaskan seluruhnya), maka kami hanya akan kena penalti 2% dari nilai nominal pelunasan. Misal di tahun kedua mau boom bayar 100 juta, maka hanya kena penalti 2% dari 100 juta tersebut.
  3. Bank BCA juga adalah salah satu Bank swasta yang udah credible. Dan kami benar-benar mencari Bank yang aman.

B. NOTARIS
Kenapa kami memilih Notaris Pak Aloysius ? Jawabannya simple :
  1. Beliau adalah salah satu Notaris yang di rekomendasikan oleh Developer & pihak Bank yang sudah berpengalaman lebih dari 25 tahun.
  2. Tek-tok-an dengan Tim notaris amat sangat cepat, fokus, tidak belibet dan profesional.
  3. Dan berhubung nanti sooner or later kami akan cabut KTP domisili kota asal dan pindah jadi warganegara South Tang, otomatis sangat terbantu bila punya minimal 1 Notaris yang menguasai wilayah yang kami juga kelak tempati seumur hidup.
  4. Jarak rumah kami kelak dengan kantor Notaris akan cukup dekat dan tidak sulit dijangkau karena masih 1 kota yang sama (alhamdulillah).

C. DEVELOPER PT. JAYA PROPERTY
Kenapa kami memilih beli rumah di Developer PT. Jaya Property? Nah ini jawabannya saling berkaitan.
  1. Bintaro. Ini adalah kota hijrah kedua kami setelah keluar Bandung dan sempat tinggal 5 bulanan di Jakarta.
  2. Awal kami tinggal di Bintaro, amat sangat jatuh cinta pada pandangan pertama saat pertama kali berjumpa #eeaaaa....
  3. Jaya Property. Yang bikin kota Bintaro Jaya dan Taman Impian Jaya Ancol. Nggak mau asal-asalan beli rumah pertama dari Developer nggak jelas, karena kayak kasus kemarin-kemarin yang tayang di berita, dimana banyak Developer pailit imbasnya pembeli unit juga yang akhirnya kebakaran jenggot karena rumah ditarik oleh Pihak Bank (kayak case Developer PT.Cowel development. Googling deh beritanya).
  4. Walau Bintaro kota maju, tapi warganya 11-12 dengan Bandung. Masih rasa semi-tradisional, terutama disini 80% mayoritas dihuni warga Muslim. Hal ini faktor utama kami mencari lingkungan tempat tinggal untuk masa depan, yaitu bertebaran masjid!.
  5. Di setiap sudut kotanya tersebar Masjid Raya nan indah.
  6. Tanpa direncanakan, ternyata kota Bintaro ini jangkauannya tidak akan jauh dengan tempat tinggal Kedua Kakak tercinta.
Setelah aku jabarkan diatas step by step serta pihak-pihak yang kami pilih, berikutnya aku akan jabarkan tips n trik hal yang walau sepele tapi bermanfaat banget bagi para pasangan "newly weds"  yang mau mencari hunian rumah pertama kalinya.

Ulasan tersebut akan aku tulis dan bahas lengkap di Postingan selanjutnya ya!.

0 Comments

Hi there, thanks so much for taking the time to comment.
If you have a question, I will respond as soon as I can.

Dont be afraid to shoot me an email! If you have a blog, I will pop on by :)