Top Social

Media Kits 101 : bikin Blog (Brand) kamu berkualitas!

Wednesday, 15 June 2016
Pertanyaan: apakah Anda memiliki media kit untuk blog Anda? Apakah Anda pikir memiliki media kit untuk blog Anda adalah penting?

Percaya atau tidak, memiliki media kit up-to-date adalah benar-benar kunci emas Anda jika Anda tertarik untuk bekerja sama dengan sebuah merek (brand). Tidak hanya media kit snapshot dari blog Anda, itu menunjukkan Anda adalah seorang profesional, dan bahwa Anda membawa brand blog Anda serius.

Jadi, ayo pikirkan dengan matang kit media resume blog Anda, dimana berguna untuk menunjukkan sisi terbaik blog Anda.



Melalui media kit, blog Anda tidak harus benar-benar terlihat berkelas, tetapi ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan meliputi:


SEBUAH PERKENALAN
Berikan sedikit info tentang blog Anda, ceritakan diri Anda, Blog Anda menceritakan hal apa, mungkin sedikit banyak menceritakan tentang alasan kenapa Anda nge-Blog dan berapa lama Anda sudah menggunakan Blog. Ambil kesempatan ini untuk menampilkan hal positif dalam Blog Anda.

INFO
Sertakan URL Anda, alamat email Anda, dan social media milik Anda.

STATISTIK
Mereka ingin tahu apa pengaruh yang Anda miliki dan ukuran audiens Anda.

BRAND / SPONSOR YANG TELAH BEKERJASAMA
Tampilkanlah merek / sponsor yang telah bekerja sama dengan Blog Anda. Pastikan untuk menyertakan info ini. Apakah Anda pernah mengulas produk makeup? Apakah Anda pernah menulis artikel yang disponsori dan ditampilkan di Blog AndaApakah Anda mengambil bagian dalam kampanye media sosial merek tertentu untuk mempromosikan lini produk baru? Mungkin Anda host giveaway dengan merek tertentu serta diposting di blog mereka / mengambil alih akun Instagram mereka, atau duduk di panel blogger untuk acara media sosial. Sebutkan hal-hal ini!

Tidak apa-apa jika Anda belum memiliki pengalaman dengan sebuah brand / sponsor. Dengan niat belajar dan ketekunan, lambat-laun Blog Anda akan mendapat peluang cantik itu!

MEDALI
Apakah resep Anda pernah ditampilkan di website utama sebuah produk / majalah? Apakah Anda diwawancarai untuk sebuah artikel tentang keahlian Anda karena blog Anda? Sertakan ini sebagai bagian dari media kit Anda. Medali menunjukkan Anda adalah seorang ahli dalam bidang Anda, dan merek ingin bekerja dengan para ahli.

APA YANG ANDA TAWARKAN
Apakah anda pernah menerima tawaran untuk mengerjakan sebuah ulasan merek / produk, hadiah, posting yang disponsori, iklan di blog Anda, dll.

Berikan cukup detail sehingga para agency / pengiklan baru yang mengenal Blog Anda mengetahui, jasa apa yang tersedia dan bisa Anda kerjakan (termasuk yang tidak dapat Anda ambil tawarannya) untuk lakukan. Tetapi selalu terbukalah untuk diskusi dan melakukan percakapan lebih lanjut dengan para agency / sponsor untuk melakukan brainstorming ide-ide tentang bagaimana untuk bekerja sama dengan baik.


Semoga tips Media Kit 101 ini membantu Blog (Brand) kamu untuk lebih produktif dan dikenal.
Selamat mencoba!
16 comments on "Media Kits 101 : bikin Blog (Brand) kamu berkualitas!"
  1. Sebetulnya ini sih emang pnting buat yg serius sama blognya, entah knp ya saya kok belum pede justru :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelan-pelan aja prosesnya. Blog itu ibarat kita punya lahan/ rumah tapi masih kosong. Gimana caranya agar kita seneng saat masuk ke blog (rumah) kita sendiri. Pelan2 kita cat (beri warna favorite), kita dekor, beri sentuhan interior cantik, perkenalkan rumah kita ke keluarga... Nanti lama-kelamaan PeDe jg :)

      Delete
  2. Semoga bisa pede bikin beginian nanti, huaaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus bisa. pede demi blog Rumah kedua tercinta hehehe...

      Delete
  3. Saya udah bikin, tp br 1 orang yg minta :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah lumayan, ayo tetep semangat nge-Blog-nya :D

      Delete
  4. Aku pengen bikin mba. Tapi selalu maju mundur cantik. Masih ngerasa bukan apa2 dan ga ada yang pernah nanyain juga sih. wkwk
    Makasih sudah share ya mba.. Bermanfaat banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami-sami Mbak. Semuanya butuh proses dan hanya masalah mau dan yakin aja untuk konsisten meningkatkan kualitas blog.hehehe...
      Terimakasih kembali & salam kenal :)

      Delete
  5. ini nngebantu bangetttt, makasih yaaah :)

    ReplyDelete
  6. Media kit emang bagian dari branding banget ya. Saya sudah bikin sih, tapi belom ada yang minta hahaha. Sedih ya? Doakan saya optimis ya kak hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep konsisten menulis artikel Yang berkualitas.
      Pelan2 nanti Insya Allah Ada Yang melirik blog kita :)

      Delete
  7. Udah lama nih pengin bikin media kit, udah baca dari beragam sumber juga, salah satunya dr blog ini. Tapi masih belum yakin aja. Beberapa kali ada yang nanya, baru deh ngeh kalo perlu bikin. Tapi trus lupa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Belum bikin media kit Karena Ribet, Yang penting Konsistensi menulisnya saja dulu makin diasah.
      Nanti seiring Waktu, Pas Ada waktu kosong...tergerak juga kok bikin media kit...

      Delete
  8. Media kit yang di maksud dalam tulisan kakak lebih untuk menjaring kerjasama dengan sebuah brand ya kak? ,kalau untuk yang menggunakan blog sebagai media jualan online bagaimana Kak? apakah ada perbedaanya?

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, ini untuk menjaring kerjasama dengan sebuah brand.

      Kalau untuk media online...bisa lebih kita ke-depankan : penampilan Foto produk, informasi produk yg lengkap, variatif, Dan menu2 Yang mengarah ke produk2 Yang kita jual termasuk user friendly :)

      Delete

Hi there, thanks so much for taking the time to comment.
If you have a question, I will respond as soon as I can.

Don't be afraid to shoot me an email! If you have a blog, I will pop on by :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature