Top Social

Tips Traveller amatir : Liburan ke Pulau Gili, Lombok

Wednesday, 8 June 2016
Holaaaa Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air


Side effect ngeliat kumpulan foto dari postingan blog sebelumnya (When Honey meets Moon - honeymoon) saat honeymoon tahun kemarin, jadi ingin lagi jalan-jalan ke pantai.
Terus terang sampai sekarang pun masih belum puas liburan ke Lombok, Masih banyak hutang 'tujuan' yang belum saya jelajahi, belum puas untuk berkeliling di Sengigi, ngeborong mutiara, jalan-jalan naik motor menikmati cerahnya awan perak kesukaan dan tentunya masiih sangat betah tingga di Cottage yang dipilih oleh suami saya.

So, kali ini akan saya bagikan tips, transportasi, info yang bermanfaat buat kamu yang baru pertama kali (akan) mengunjungi Lombok. Tepatnya berlibur ke Pulau Gili.

TRANSPORTASI MENUJU LOMBOK
Cara termudah dan tercepat untuk menuju Pulau Gili adalah dengan naik pesawat ke Bandara Internasional Lombok (BIL). Dari BIL, kamu bisa naik bus Damri bandara ke Pantai Senggigi dengan tarif Rp30.000,00 atau Rp20.000,00 jika hanya ingin sampai ke Mataram.

Perjalanan ke Pantai Sengigi sekitar 1,5 – 2 jam. Jadi siapkan cemilan kamu. Hanya saja hati-hati dan tetap dijaga ya barang bawaan atau tas kamu, karena seringnya penumpang yang turun-naik dan berhenti di tengah perjalanan, bikin tas kamu nanti akan tumpuk-tumpukan dengan tas penumpang lain. Daripada ambil resiko tertukar tas, lebih baik tas-nya dipegang, atau kalau cukup besar, carilah tempat duduk depan tempat penyimpanan tas, agar kamu bias setiap saat melihat tas milik kamu.


TRANSPORTASI MENUJU GILI
Ada dua akses utama menuju Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, yaitu dari Pelabuhan Bangsal (publik) atau dari Teluk Kodek (private). Dari area Senggigi atau Mataram, kamu bisa naik angkutan umum (Rp15.000,00; 2 jam perjalanan), ojeg (Rp50.000,00; 1 jam perjalanan), atau taksi (Rp100.000,00; 45 menit perjalanan).
Kalo bagi saya sesuai pengalaman perjalanan ke Lombok, setelah saya turun di Sengigi, Di bis saya sempat berkenalan dengan 2wanita muda yang juga tujuannya sama akan ke Pelabuhan Bangsal. Jadi karena kami berempat sharing 1 taksi, per-orang lebih hemat kan dana taksinya yang harus dikeluarkan. Lumayan 1 taksi bayar 100.000 hingga sampai Pelabuhan Bangsal.
Kalau kamu menggunakan angkutan umum, atau biasa disebut engkel, kamu bisa naik dari Cabang 4 Pasar Rembiga, sekitar 200 m dari bekas Bandara Selaparang, lalu turun di pertigaan Pelabuhan Bangsal. Dari pertigaan ini, kalian bisa jalan kaki sekitar 200 m untuk mencapai pelabuhannya atau bisa juga naik Cidomo (semacam andhong) dengan ongkos sekitar Rp5.000,00-Rp10.000,00 (tergantung negosiasi).


PELABUHAN BANGSAL, LOMBOK UTARA
Pelabuhan Bangsal


Setibanya di pelabuhan Bangsal, kamu tinggal membeli tiket kapal dengan harga tiket penyeberangan ke :
- Gili Air (Rp10.000,00), 
- Gili Meno (Rp12.000,00), 
- dan Gili Trawangan (Rp13.000,00). 

Waktu tempuh ke masing-masing pulau berbeda-beda, namun untuk ke Gili Trawangan (yang paling jauh) itu membutuhkan waktu sekitar 45 menit penyeberangan.
Yang perlu diingat, kapal publik dari Pelabuhan Bangsal ini baru akan berangkat bila sudah penuh (kapasitas sekitar 20 orang), jadi kamu perlu pertimbangkan waktu menunggu kapalnya. Pastikan sebelum pukul 16.00 WITA kalian sudah sampai di Pelabuhan Bangsal karena kapal hanya beroperasi maksimal pukul 17.00 WITA.

Tapi jika kamu menuju Lombok dan berangkat dari Bali, ada beberapa alternatif lain untuk menuju ke 3 gili tanpa harus ke Bandara Internasional Lombok, yaitu dengan naik fast boat dari Bali (Tanjung Benoa / Sanur) langsung ke Gili Trawangan. Namun demikian, cara ini jarang sekali ditempuh karena ongkos yang dibutuhkan terkesan cukup mahal, meskipun sebenarnya jauh lebih cepat dan efektif.
Jika kamu berminat menempuh cara tersebut, kalian bisa datang langsung ke Sanur / Tanjung Benoa untuk memesan tiket kapalnya. Harga yang ditawarkan variatif, tergantung tipe kapal dan fasilitas lainnya, namun rata-rata operator mematok tarif sekitar Rp350.000,00 - Rp500.000,00 sekali jalan.
Selain Gili Trawangan, di Lombok, fast boat tersebut juga bisa mengantarkan kamu ke Teluk Kodek dan dilanjutkan ke Senggigi dengan bus (biasanya sudah include).

So, enjoy your trip! Jangan lupa tetap berdoa selama perjalanan agar selamat, sehat sampai tujuan dan kembali lagi.

Protected by Copyscape
2 comments on "Tips Traveller amatir : Liburan ke Pulau Gili, Lombok"
  1. Serunya nyebrang dari bangsal ke gili tuh kadang kita bisa satu perahu sama penduduk yg bawa sayur, ayam, ada jg yg bawa sepeda ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi..iya Mbak. Jadi nambah cerita lagi saat menjumpai berbagai ragam profesi orang lokal. Seneng liatnya :)

      Delete

Hi there, thanks so much for taking the time to comment.
If you have a question, I will respond as soon as I can.

Don't be afraid to shoot me an email! If you have a blog, I will pop on by :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature