Top Social

9 hal yang perlu dimiliki Blog Anda. GET ON IT!

Wednesday, 29 June 2016


Semakin banyak blog yang bermunculan setiap hari, tetapi ada 9 hal yang penting dimana bahwa setiap blog harus memilikinya.


1. BLOG HEADER YANG EYE-CATCHY
Jika Anda menemukan sebuah blog, header adalah hal paling pertama yang kamu lihat dalam sebuah blog dan membantu kamu mengambil keputusan : apakah tetap blog walking di Blog tersebut, atau menutup halaman dan melanjutkan mencari blog/ artikel yang lain.

Pikirkanlah sebaik mungkin. Ini kesempatan untuk mengeluarkan kemampuan kreatifitas kamu.
Beberapa blogger yang memiliki header blog benar-benar keren diantaranya : Emily Henderson's blog (Emily adalah seorang desainer interior yang menciptakan header simple nan cantik), Carrie Loves (dia selalu rajin mengganti header-nya dalam waktu-waktu tertentu mengikuti mood-nya. Tapi semua header yang ia rancang selalu terlihat elegan), Joanna Goddard (blog A Cup Of Jo miliknya tidak pernah berubah. Tapi lingkaran dalam huruf 'O'-nya menggambarkan kesan yang vintage dan berbeda).


2. HALAMAN ‘ABOUT ME’ MENGGAMBARKAN KEPRIBADIAN ANDA
Bagaimana perasaan kamu jika kamu sengaja menemukan sebuah artikel ‘About Me’ yang mengatakan ini, "Hai, aku Susan. Saya berusia 28 tahun dan saya menulis blog ini." dan diteruskan dengan kisah cerita singkat tentang kehidupannya yang menarik.

Dipastikan kamu akan meneruskan membaca untuk lebih mengenal kepribadian sang Blogger kan. Kolom halaman ‘About Me merupakan gambaran kepribadianmu.
Saya pribadi menyukai hal-hal visual sehingga saya membuat halaman ‘About Me’ menjadi grafis yang dapat kamu baca dengan cepat.


3. LINK KE MEDIA SOSIAL ANDA
Biarkan pembaca blog kamu tahu di mana lagi mereka dapat menemukan kamu dengan mudah. Di bagian atas blog pasanglah widget link ke Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest atau sosial media platform lainnya yang kamu gunakan saat ini.


4. PHOTO PROFIL DAN KALIMAT SINGKAT TENTANG ANDA
Ya, foto KAMU! Orang ingin tahu siapa orang dibalik artikel yang sedang mereka baca. Carilah foto kamu yang paling menarik, cantik, simple dan ceria dan jadikan foto profil kamu.
Jangan lupa, tambahkan beberapa kata di bawahnya. Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan mengatakan: Hai, nama saya X. Saya ingin X, X dan saya tidak suka X.


5. DESAIN YANG TIDAK MEMBUAT MATA ANDA PANAS (USER FRIENDLY)
Kegiatan yang tak kalah menyenangkan adalah saat men-desain Blog milik sendiri. Kita mengeluarkan segala kemampuan untuk mempercantikan tampilan blog kita, terutama latar belakang, memajang foto-foto cantik untuk menunjang keseluruhan tampilan blog. Tapi jangan terlalu over yaKamu tidak ingin kan membuat para pembaca blog kamu kesulitan untuk membacanya. Jadi pastikan untuk pilihan warna-warna neons yang elemen warnanya super keluar lebih baik diminimalisir-kanTambahkan elemen gambar orang, alam, intinya tanamkan ‘aura’ tenang dalam desain Anda. Biarkan beberapa ruang untuk terlihat putih.

Jika kamu tidak terlalu minat dan pandai men-desain, kamu bisa meminta bantuan (dan saya tentu bisa membantu kamu mendesain Blog kesayangan kamu sesuai karakter diri kamu).

Dan 1 hal lainnya yang tidak kalah penting perihal desain blog, dimana harus user friendly dan mobile friendly. Kenapa? Karena kebanyakan para pembaca online article jaman sekarang lebih senang untuk mencari artikel ataupun info dengan cara langsung searching via google (googling), 
Untuk mengecek apakah blog Anda adalah user friendly, kamu bisa masukan alamat web kamu di Mobile-Friendly Test keluaran google.


6. Sebuah HALAMAN KONTAK (OR EMAIL ME BUTTON)
Saya pernah melakukan blog walking ke sebuah blog yang menurut saya sangat-sangatlah menarik. Saat saya ingin mengontak penulisnya (pemilik blog), mereka tidak memiliki satu cara pun untuk membiarkan saya sebagai pembacanya menghubungi sang pemilik Blog.
Sedangkan elemen KONTAK sangatlah penting untuk kamu pajanng di blog kamu. Karena siapa tahu dari sekian banyak pembaca blog, terdapat tawaran kesempatan (peluang) untuk berkolaborasi, bisa itu secara bisnis, sponsor yang tentu saja tidak jarang bisa memberikan kamu pemasukan tambahan loh!
Pastikan Anda memiliki halaman kontak.


7. TEMPATKAN POPULAR POST ANDA
Dari sekian postingan artikel yang kamu tulis, pasti ada beberapa post yang sangat disukai oleh pembaca blog kamu. pasanglah widget ‘Popular Post’ millikmu. Ini akan menjadi seperti snap shot singkat bagi para pembaca yang mampir ingin membaca lebih jauh tulisanmmu. Bagikan sekitar sepuluh judul posting milikmu, dengan link ke post (artikel) tersebut.


8. CARA UNTUK MENCARI SEMUA POSTINGAN LAMA ANDA
Pastikan kamu menyertakan widget di halaman blog kamu. Hal ini akan memungkinkan pembaca untuk membaca semua artikel yang kamu tulis dari bulan-bulan sebelumnya bahkan tahun sebelumnya.


9. KOLOM KOMENTAR
Pastikan pembaca blog kamu dapat meninggalkan komentar di artikel yang kamu tulis.  Biarkan mereka menjadi bagian dari percakapan. Tapi pastikan fitur captcha yang harus diisi sebelum mennulis komentar, disembunyikan saja. Karena biasanya sebagian pembaca blog cukup malas menulis komentar bila terdapat captcha. 


Protected by Copyscape
21 comments on "9 hal yang perlu dimiliki Blog Anda. GET ON IT!"
  1. cek lg ah blog saya udah punya ini smua ga yah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...hayo, udah punya n lengkap-kah blog-nya? C'mon di cek n ricek lg :)

      Delete
  2. Hmmm ... jadi terpikir ngecek kecantikan bligku lagi. Apa sudah sesuai sama poin poin di atas ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah sesuai kah sekarang blog kesayangannya? Kalau bagi saya, blog utk ibarat Rumah kedua. Kl desain eksteriornya cantik, insya Allah tamu akan senang 'bersilaturahmi' ke Rumah (blog) kita :)

      Delete
  3. apa ya yang belum ada....hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa nih yang belum kumplit di eksterior blog-nya Mbak Avi :D

      Delete
  4. wahh membantu banget sis. salam kenal ya :)

    http://anggarini.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allhamdulilah kl bisa saling sharing ilmu bermanfaat:)
      Salam kenal kembali Mbak Wuri.
      Saya meluncur yaa ke blognya

      Delete
  5. Lumayan terpenuhi sih meski belum se-expert blogger kelas kakap, hehe xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehhe....iya nih, pelan2 dilengkapi aja :)

      Delete
  6. Iya saya juga sering males BW ke blog yang fontnya kecil2, rapat dan tata letaknya gak asik. Bikin sepet mata. Makanya bela belain kutak katik templates blog sendiri supaya orang lain juga gak sepet matanya kalo BW ke blog aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi...iya bener banget. Dan keuntungan jadi blogger itu, rasa kepo-nya mengalahkan rasa malu2. BW ngeliat blog2 di dunia luaran sana yg udah kece tampilannya, jadi bikin blogger belajar otodidak sendiri editing html code.
      Oiya, blognya Vita kece badai, seru isinya. Salam kenal ya :)

      Delete
  7. done semua ada hehhehehe kayaknya sekarang juga wajib laman disclaimer/disclosure takut tiba2 mbah google jahat apus blog kita huhuuhuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoooo...mari makin mempercantik blog. Jangan lupa safety first juga diperlukan untuk blog kesayangan kita..hehehehe... :D
      Selamat utak-atik blog-nya..

      Delete
  8. Mbak Lana, makasih lho ini tulisannya bagus :) Saya setuju banget sama semua komponennya dan dari blog saya, tinggal link media sosial di header yang saya gak tau gimana cara munculinnya (dan template design blog saya download gratis hehehe). Ada saran untuk blog saya justinlarissa.com? Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Morning Mbak Larissa (saya panggil Rissa boleh kan??) :)
      Mungkin bisa saya bantu untuk sedikit otak-atik html code-nya Mbak, tapi yaa nanti saya minta izin dulu utk bisa login ke email dan password Mbak Rissa tapinya. Nanti coba saya bantu munculkan.
      Atau mungkin mau ganti template untuk ganti suasana.

      Btw, mau dong giveaway postcard-nya hehehe... Salam kenal ya :)

      Delete
  9. Sebenernya panggilannya Justin hehehe (nama asli lho itu). Oh iya bener, bisa di kode html-nya. Untuk jasa otak atik kode html-nya, boleh tau price listnya mba? Kita by email aja ya ke hellohappydarlings@gmail.com ehehehe.

    Ayok mbak ikut giveawaynya. Aku tunggu ya

    ReplyDelete
  10. halaman kontak itu penting banget, saya banyak dapet tawaran sponsored blog post n iklan dari situ hehe

    ReplyDelete
  11. Tulisan yang sangat bermanfaat untuk blogger pemula seperti saya. Makasih sharingnya :)

    ReplyDelete
  12. Sangat sangat sangat betmanfaat..
    Saya senang sekali bisa mendapat info sebaik ini..
    Terima kasih banyak ya mbak..
    Tadi saya langsung cek blog saya ke mobile-friendly test, dan hasilnya sudah user friendly :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Semoga bisa bikin blog kesayangan kita makin cantik dan user friendly pagi pembaca setianya :)

      Delete

Hi there, thanks so much for taking the time to comment.
If you have a question, I will respond as soon as I can.

Don't be afraid to shoot me an email! If you have a blog, I will pop on by :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature