Top Social

Pola hidup sehat untuk PCOS (ala Lana)

Tuesday, 25 July 2017

Selamat siang buat yang sedang jalan-jalan dan melipir ke postingan ini hihihi....
Sebenernya udah cukup lama saya ingin posting tentang Pola makan sehat yang cocok untuk PCOS ala Lana ya. Soalnya dari mulai di group whatsapp, whatsapp pribadi, di email blog, di grup FB sampe nge-DM pribadi, banyak yang nanya tentang pola makan yang saya jalankan hingga PCOS saya sembuh (alhamdulillah).

Nah untuk itu, saya kasih garis besarnya saja ya bu-ibu. Tapi ini nggak saklek, untuk menu sehatnya bisa kita modifikasi sesuai sayuran / buah-buahan yang sedang tersedia di kulkas tentunya.
Selamat belanja sehat ala Memsye Lana :)

POLA MAKAN & HIDUP SEHAT :

1). Nasi merah
Saya mulai tidak makan Nasi putih sejak start bln Januari 2017 hingga sekarang (eh tapi pernah bolong makan nasi saat di rumah mertua). Nasi putih saya ganti dengan nasi merah. Nah untuk porsi makannya, semisal kita biasanya ambil nasi putih 1 sendok nasi, untuk nasi merah saya ambil jadi setengah sendok nasi. Dan pelan-pelan (bertahap) pada akhirnya saya sudah berhasil saat setiap makan malam, saya hanya akan ambil 4 sendok makan nasi merah.

2). Jalan santai / olahraga ringan
Pagi / sore hari, usahakan jalan kaki santai minimal 30 menit. Yahh anggap jalan-jalan ke minimarket, belanja, atau menikmati angin sore yang adem.

3). Menu makan (kaya serat rendah lemak)
Menu sarapan ala Memsye Lana biasanya di modifikasi sesuai stok bahan masakan di kulkas / sesuai budget dan tanggal sisa uang belanja bulanan dari suami.hehehe....
  • Pagi : rumusnya adalah kaya serat rendah lemak. Seperti sarapan buah-buahan seperti apel merah/ semangka/pir/kiwi + teh tawar hangat ; oatmeal ; telur rebus.
  • Siang : telur rebus/ pecel sayuran/lotek + daging ayam ; baso tahu kukus. 
  • Malam : salad sayur/ salad buah/ pecel + nasi merah ; sayur sop, sayur bayam, dan ikan-ikanan yang dimasak sendiri. Kadang kalau kelaperan ya sate padang + lontong. hahahhaa....
  • Weekend : saatnya cheating day!. Yah jangan ditiru ya, eh tapi ditiru juga boleh soalnya makan enak. Karena saya dan suami hobinya Wisata Kuliner, ya jadi kadang di akhir pekan bisa makan enak mulai dari Bubur ayam di sabtu pagi sambil makan di kasur belum mandi hehehe...., makan siang padang, makan malam steak dulu sebelum nonton ke bioskop. #cieee...pacaran halal nih.

4). Disiplin minum obat
Dan saran saya obat apapun (untu PCOS) yang diberikan oleh Dokter, agar kita ajeg mengkonsumsinya. Bila pagi obat di konsusmi setelah sarapan (misal: pukul 8 pagi) maka hari-hari berikutnya jam 8 pagi lagi. Begitupula saat malam hari usai makan malam. Kenapa? Agar penyerapan obatnya optimal.

5). Minuman air kayu manis
Terkadang saya mengkonsumsi air kayu manis (untuk resep / cara membuat olahan air kayu manisnya, saya tulis di bawah ya).

6). No pati 
Maksudnya disini jangan (atau) kalau masih nggak bisa berpisah dengan roti-rotian, setidaknya mari kita kurang konsumsi makanan yang berbahan dasar pati / tepung.
Contohnya seprti roti-rotian, siomay, gorengan. Nah loh, itu ya gorengan tolong dikasih cuti dulu ya buat main ke meja makan kita.hihihi...

7). Obat inlacin (dengan Resep Dokter)
Untuk obat yang 1 ini, wajib dengan resep Dokter ya. Saya konsumsi ini sudah sesuai dengan diagnosa PCOS saya yang disebabkan karena Resisten Insulin. Terlihat dari hasil Laboratorium HOMA-IR saya.
Untuk lebih jelasnya, kenapa saya diresepkan inlacin dengan dosis 400 mg, bisa anda baca di kisah Program hamil saya di postingan sebelumnya ya Moms.

8). Konsumsi Asam Folat 
Untuk pemenuhan asam folat kita bisa mengkonsumsi dari sumber buah-buahan atau kita bisa mengkonsumsi vitamin folavit 400. Folavit bisa dibeli bebas di apotik. Di minum sehari 1x setelah makan. Folavit mengandung asam folat yang berguna untuk pembentukan sel otak janin kita. Kenapa kita harus konsumsi Asam folat padahal belum hamil? Lah kan nanti kalau kita hamil, awal-awal pasti belum 'ngeh/ tahu'. Itu makanya, asam folat kita konsumsi agar pembentukan sel otak janin kita di Trimester awal terjamin dan terjaga dengan baik. 

9). Jangan stress
Tahu nggak ibu-ibu, PCOS alias si sel telur kecil dan bantet tidak indah itu, juga ikut disebabkan karena stress kita. Bikin hormon jadi berantakan. So, kalau lagi pengen ngambek, marah, emosi jiwa, kita banyak-banyakin aja istigfar/ nonton kartun/ dengerin lagu jazz aja, biar hati adem-ayem kembali.

10). Sedekah
Disini sebenarnya saya tidak berniat menggurui. Hanya untuk ikhtiar saya pribadi saja. Dari mulai rutinkan sedekah (sedekah tidak perlu berbentuk uang saja kok, bisa dengan membantu saudara, memenuhi keperluan dapur orangtua, memberi ke saudara/ anak yatim bisa berupa uang/ pakaian masih layak pakai, memberi makan kucing, dan sebagainya.

11). Ibadah
Kalau saya pribadi menjalankan shalat dhuha & saat bulan puasa kemarin, saya jalankan Rukiyah Mandiri. Untuk cara & langkah Rukiyah mandiri ini, sudah saya tulis di postingan saya sebelumnya ya, bisa di intip di artikel Program Hamil bulan ke-6

12). Tawakal / Berserah diri pada Allah
Usaha terakhir saya adalah berserah diri pada Allah SWT, dan menerima segala yang ditetapkan oleh-Nya. Saya percaya, bahwa saya belum diberi momongan karena Allah memiliki rencana yang lebih indah dan sedang disiapkan untuk saya dan suami. Amin.


Catatan tambahan :

Cara membuat seduhan air kayu manis

Bahan :
- Kayu Manis sepanjang jari telunjuk (4 batang)
- air putih 5 gelas / sesuai selera (kita kira-kira sesuai kebutuhan).
- cengkeh 2-3 butir kecil (kalo nggak ada juga tidak apa-apa. Hanya untuk sedikit tambahan rasa).
- serai (sereh) : 1 batang telunjuk.
- sedikit potongan jahe.
- gula jawa sedikittt (utk rasa-rasa saja, agar air kayu manisnya nanti tidak terlalu sepet di lidah).

Cara membuat :
1). Semua bahan masukan ke dalam panci.
2). Rebus dengan air putih tadi hingga 3 gelas.
3). Rebus sampai mendidih.
4). Dinginkan di suhu ruangan.
5). Lalu setelah dingin, bisa dimasukkan ke Tupperware minuman.
6). Bisa dimasukkan ke dalam kulkas bagian bawah.
7). Diminum pagi / siang hari (segerrr) / sebelum akan tidur malam.

Note :
  • Terkadang saya suka bikin cukup banyak, buat dimasukin ke botol kaca bekas sirup.
  • Untuk komposisi diatas hanya tahan disimpan di dalam kulkas sekitar 1 minggu Kalau lebih dari seminggu, air kayu manisnya masih kita minum, rasanya jadi aneh, terlalu nyirung tajam.
  • Saran saya Diminum 15-20 menit setelah makan nasi ya, agar perut kuat.
  • Jangan diminum sebelum/ setelah kita selesai makan & minum obat dari Dokter.
  • Tips : minum obat : baiknya pakai air putih hangat.
  • Suami saya jg kadang Pas selesai makan Malam, saya kasih air putih hangat. Baru 15-20 menit kemudian...minum air kayu manis.
  • Kalau pagi usai bangun tidur, saya & suami biasanya minum air putih hangat 1 gelas. Atau terkadang diseling ganti minum teh hijau tawar hangat 1 gelas (saat baru bangun & belum makan apapun) 😄

Semoga berkenan dan bermanfaat ya 😃
Post Comment
Post a Comment

Hi there, thanks so much for taking the time to comment.
If you have a question, I will respond as soon as I can.

Don't be afraid to shoot me an email! If you have a blog, I will pop on by :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature