WEJANGAN HIDUP UNTUK LIFE AT 30's (PART 1)

Halo! Anak-anak muda awal 30-an yang belum menikah, akan menikah, dan baru saja menikah. Kali ini aku mau ngasih / spill sedikit wejangan buat kalian para anak-anak muda gen Millenial akhir & gen Z.

Semoga bisa diterima di hati dan terutama bisa bermanfaat buat kamu mengarungi "ombaknya rumah tangga" dengan berbagai drama-nya hahaha...

So, ini dia 12 wejangannya ya (Part 1) :

  1. Please jangannnn pernah berani menikah kalau kamu masih ada yg belum beres di masa lalu lukanya (misalkan orang tua dulu suka mukul, kita mental kita masih nyimpen luka; wajib sembuhin dulu!!).
  2. Kalo udah nikah, plissss ajak istri dari Day 1 buat keluar dr rumah orgtuanya & mertua. Nge-kost kek, nyewa rumah kek. Pokoknya jangan se-atap ya sama ortu/ mertua!. Pusingggggg tau se-atap sama orangtua sendiri/ mertua apalagi. Bakalan susah buat diri sendiri, Oke-lah awal-nya sih biasa-biasa aja, ujung-ujungnya haqul yaqin kamu bakalan lelah fisik iya, lelah hati ya, makan ati alias nge-batin juga. Udah paling tentrem yahh minimal cari kosan suami-istri dulu. Sambil menata keuangan, misal nanti di tahun ke-2 pernikahan punya target bareng pasangan pokoknya harus ngontrak rumah biar belajar nyatuin 2 kepala jadi satu sembari latihan jadi warga taat lingkungan, kayak bayar iuran IPL warga, ngurusin keuangan dengan bayar listrik, air, jadi kalian bisa belajar tentang mengelola keuangan rumah tangga sambil pelan-pelan survey rumah masa depan + ngumpulin DP rumah serta biaya BPHTB & AJB dan biaya provisi Bank.
  3. Jangan yaa biarkan yang namanya Ibu mertua ikut campur nge-intervensi rumah tangga sekecilllll apapun. Jaga, jaga lindungi istri dari modelan ibu mertua yg suka ikut campur (termasuk ibunya cowoknya).
  4. Siapin mental ya kalo-kalo nanti lama punya momongan. Jangan pernah ikutin saran org lain walau itu ibu sendiri / ibu mertua sendiri / tante sendiri / tetangga sendiri terutama (biasanya ibu mertua hobi intervensi rumah tangga menantu Perempuan yg belom kunjung hamil). Ikutin saja yang emang hati nurani diri sendiri mau jalanin/ mau lakonin. Terutama aku bener-bener wanti-wanti please JANGAN PERNAH IKUTIN SARAN MERTUA BUAT PIJAT URUT RAHIM kalo kamu nggak mau rusak rahimnya dan nggak bisa hamil seumur hidup bahkan lebih bahaya-nya kamu yang belum pernah ngerasain hamil, tapi rahimmu malah diangkat gara-gara ke-egoisan suami/ mertua/ orang-orang tua yang jaman sekarang masih lebih percaya urut-urut rahim dibanding Dokter Obygn yang jelas-jelas mereka BELAJAR ANATOMI tubuh manusia. Jangan me-Normalisasi untuk urusan "rahim" dengan tindakan-tindakan bodohnya. Inget, banyak kasus wanita-wanita yang sehat rahimnya, sebenernya bisa hamil, tapi justru setelah di pijat urut rahim, malah terjadi perlengketan di tuba fallopi-nya (kanan-kiri bahkan kedua tuba). Kalau sudah terjadi perlengketan tuba, mau sperma segede tronton juga kagak bisa nembus sel telur. Apalagi kalo sampe akibat pijat urut rahim, bikin rahimmu pendarahan hebat dan jadinya bukannya bisa promil malah rahim kamu harus diangkat. naudzubillahi'mindzalik. (banyak kasus kejadian gini).
  5. Kalo udah menikah, please jangan jadi suami / istri yang masih diketek emak. Dikit-dikit ngadu. Pretttttt..... Belajar dewasa. Grow up! buat nyelesain masalah rumah tangga kalian. Jangan dikit-dikit kayak bocah tukang ngadu.
  6. Wahai para Laki-laki yang di didik Patriarki sama Ibunya. Belajar-lah ngurusin rumah juga woy, bantu istri beberes, bebersih rumah. Jangan jadikan istri rasa babu. Ingat!! Iya memang Doa ibu lebih mujarab, lebih sakti mandraguna , lebih qobul. Tapi ingat, Kamu sebagai suami juga kagak akan masuk surga, boro-boro nginjek keset surga, kalo kamu masih bikin istri nangis, karena kunci pintu surganya ada di istri. Kalau kamu para suami malah memperlakukan istri kayak babu, siap-siap susah rejeki lu!.
  7. Dari awal menikah... biasakan tiap tanggal Wedding anniversary mulai beli Logam Mulia Antam minimal 1 gram ya adik-adik. Simpen di brankas miliki bersama dengan pasangan. Ngebantu banget itu nanti buat DP beli rumah masa depan. Bagus lg kalau nambah Logam Mulia lagi pas tiap ulang tahun (bisa buat hadiah ulang tahun istri/ hadiah ulang tahun suami/ sama-sama keduannya. Nggak susah. Tiap bulan sisihin aja uang 150.000-200.000. Nanti tiap Bulan ulang tahun niscaya kalian bisa beli Logam Mulia ANTAM. beli-nya resmi di ANTAM ya...kagak usah yang online-online atau cuman iming-iming lebih murah 50.000. Inget, masih banyak Logam mulia palsu beredar. Gih, baca-baca berita tahun kemarin, yang jutaan LM palsu di indonesia di perjual-belikan. udah ke tangkap 6 orang. Dan bisa-bisanya si komplotan penipu sampe pake cap perusahaan Antam. Saranku langsung sung datang beli ke kantor BUTIK EMAS ANTAM. Tersebar kok di banyak kota. Kalau masih bingung lokasinya dimana, googling aja / follow Akun Instagram "Antam Logam Mulia". Follow yak IG-nya, karena mereka suka buka booth resmi di Mall-Mall gitu secara berkala. Jadi bisa di kepoin Mall mana yang bisa kamu jangkau.
  8. Terbuka yaa sama keuangan dengan pasangan sendiri. Kalian itu udah suami-istri, bukan HRD sama Divisi Finance. Dan jangan taroh keuangan rumah tangga di 1 pos Rekening yaa, bikin juga Rekening lain Pos Dana Darurat yang nga pernah bisa diambil kecuali kalau perlu buat moment PENGELUARAN besar misal buat DP rumah/ operasi dll.
  9. Biasakan mencatat keuangan rumah tangga tangga bersama-sama (banyak aplikasi di google play store) biar tahu nanti tipe PENGELUARAN Rumah Tangga kalian boros di pos apa aja. Pelajari, revisi pengeluaran, atur pemasukan, belanja-kan dengan bijak! Voila! Di usia pernikahan awal bisa jadi kalian malah bisa cepat DP rumah kan. Karena kalian pintar menabung untuk DP rumah.
  10. Biasain buat sering me-muji istri cantik, ucapin terimakasih, minta tolong, & bantu istri ngurus rumah. Mau dia lagi segendut apapun istri, kurang menarik, pokoknya pujiiii. Sebaliknya pula, sering-lah ucapkan terima kasih atas bantuan suami, saat suami pulang kerja kek bilang terimakasih sudah mencarikan nafkah yang baik dan halal, terima kasih ke suami karena sudah bantu nyapu usai makan malam, terimakasih ke suami karena membantu kamu nyiram tanaman saat kamu kerepotan nyuci baju bayi. Just normalisasi-kan 4 Kata SAKTI "Sayang, Maaf, Tolong, dan Terimakasih".
  11. Biasain dari day 1 setelah menikah....wajib pillow talk ya. Mau ngomongin yg receh soal kamu ke pasar tadi siang kek, nemu jajan favorit kamu di masa kecil kek, ngobrolin tetangga yang baru beli tanaman dan muji bagus tanamananya kek, ngobrolin satpam yang kadang-kadang kamu kasih gorengan, atau ngobrol receh apapun gapapa. Suami juga....se-cape-capenya pulang kerja, gih ajak istri ngobrol tentang kaos kaki kamu yang udah bolong dan minta dibeliin kaos kaki baru ntar, atau ngobrol sama istri minta dibikinin pisang goreng kek weekend pagi ntar, atau sharing ngobrlin temen kantor yang baru aja resign dan pindah kera. Inget menikah itu nomer 1 nya "ngobrol seumur hidup". Cinta bisa pudar setelah diatas 8 tahun menikah. So, perbanyaklah MENGOBROL. BAHKAN YANG NGGAK PENTING, OBROLIN AJA!!
  12. Cari yang punya minimal 1 hobi/ kegiatan yang bisa dilakukan bersama dan sama-sama kalian minat yaa. Karena saat cinta udah pudar, penolongnya adalah kegiatan yg dijalanin bersama-sama. Contohnya kayak, waktu kalian masih pacaran, suka banget baca komik ke Gramedia. Nah.....gih tetep kalian agenda-in ke toko buku gramedia seumur hidup. Minimal misal sebulan sekali / se-sempetnya kalian yang wajib di sempat-kan loh ya!. Atau misal kalian waktu pacaran ketemunya pas di  acara perkemahan, kalian tuh suka kemping-kemping gitu. Nah, gih pas nikah usahain misal setahun sekali kemping berdua gih kemana gitu. Yaa kalo misal susah, minimal kemping di taman belakang rumah orang tua hahaha... Pokoknya itu semua demi "menyalakan terus' api asmara kalian yang bisa makin tahun bisa makin redup kalo nggak dirawat, nggak dijaga.

So, segini dulu aja ya. Masih banyakkkk lagi sih. Tapi cape nulisnya.
Nanti kalo nggak males, aku tulis lagi ya lanjutannya. 
.
Semangattttt ya cari jodohnya. Cari yg Se-kufu! Wajib! Jangan jomplang. Kalo gamau bubar di tengah jalan 

0 Comments

Hi there, thanks so much for taking the time to comment.
If you have a question, I will respond as soon as I can.

Dont be afraid to shoot me an email! If you have a blog, I will pop on by :)